Senin, 24 Agustus 2015

Yoga Bekerja Mengatasi Stress






Nyoman Suryadhi bersama Gus TU
31 Maret
Bagaimana Yoga Bekerja Mengatasi Stress ?
.
Dalam hidup sehari-hari; otak, sistem saraf dan organ pengindra yang bisa jadi telah di bombardir secara terus menerus oleh aneka media, sampah audio-visual, entertaiment, pekerjaan yang menumpuk, target-target, rapat, polusi, kemacetan, sampah visual & berita, kebisingan, mengurus anak / orang lain dan posisi tubuh yang tidak ergonomis, dll ( terlebih lagi jika memiliki ganguan kesehatan, masalah ekonomi, keluarga, dll ). Dimana kesemua ini dapat sangat menguras waktu, potensi, emosi dan energi - menimbulkan ketegangan ( stress ) dan tekanan akan dialami oleh fisik, fisiologi maupun mental - emosional... Kekuatanya tergantung tingkat intensitasnya, jangka-lama dan saluran pelepasanya ( "knalpot" ).
.
Ketegangan atau stress yang berlebihan..berlama-lama dan tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan baik fisik, mental, sosial, ekonomi dan spiritual. Mulai dari depresi, kejenuhan, perasaan hidup hampa, emosi negatif yang meningkat dan dapat menggangu keharmonisan hubungan dengan orang lain - rumah tangga, bahkan hingga menghilangnya minat hidup.
.
Stres, bagaimanapun itu merupakan bagian penting dan alami dalam kehidupan. Beberapa hal stress adalah baik untuk kita; itu menjadikan kita harus mengambil tindakan dan terkadang dapat menyelamatkan hidup ( ular berbisa, laba-laba beracun, ketingian, dll ). Respons stress ini secara medis dikenal sebagi mekanisme ‘melawan atau menghindar’. Adrenalin dipompakan kedalam system peredaran darah, jantung, pernafasan dan metabolisme tubuh mendadak meningkat, dan agen anti-cedera yang disebut cortisol menyerbu keluar kelenjar. System yang "kurang penting" dalam hal ini seperti imunitas dan pencernaan diturunkan aktifitasnya ( oleh sebab itu rentan "terkena" flu, masalah pencernaan sembelit - maag, ganguan immun, dll ).
.
Hormone stres yang tetap berada ditubuh menggangu system pencernaan dan daya tahan tubuh dan menguras banyak energi. Efek dalam jangka panjang hal ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental dan dapat menjadi masalah yang serius. Stress yang berkepanjangan dapat memicu penyakit fisik dan mental yang serius seperti depresi, melankolia, kanker, hipertensi, osteoporosis, gangguan tidur, dll ( selain dapat mengangu / merugikan orang lain siapapun disekitanya - menimbulkan stress pada orang lain ). Terlalu banyak kerugian jika hal ini dibiarkan terus-menerus dan tidak segera ditangani dengan baik dan berkelanjutan melalui manajemen waktu & stress.
.
Stres dan hidup tidak dapat saling dipisahkan, Stres hanya bisa di atasi / dikendalikan.. artinya stress akan selalu muncul kembali dalam berbagai bentuk, media dan ukuran. Stress juga berarti tegang, baik dalam artian fisik maupun mental. Ketegangan timbul karena suatu keadaan yang nyata ( harfiah ) atupun tidak nyata ( halusinasi atau hanya pikiran saja-khawatir ). Kebalikan dari keadaan tegang atau stress adalah rileks, dimana keadaan tubuh maupun mental dalam status damai, tentram, nyaman, bebas dari rasa takut dan khawatir. Melalui latihan dan teknologi yang terdapat dalam yoga ( meditasi, asanas, relaksasi, yama-niyama dan teknik pernafasan, dll ) tubuh, pikiran dan kebiasaan diri di kondisikan sedemikian rupa agar berkebalikan dari keadaan stress - dalam keadaan rileks, nyaman-tentram dan fit. Yoga adalah knalpotnya Stress kehidupan - yoga ada agar hidup seimbang.
.
Siapkan dengan tulus tempat, waktu, tubuh dan pikiran anda hanya untuk pemulihan ( yoga ). Misalnya, jika pikiran anda melantur, loncat-loncat dan berbicara ( ngobrol ) sendiri tak terkendali harus di halau dan di giring fokus kembali pada latihan ( ini penting, selain melatih konsentrasi dan relaksasi hal ini jika tidak dilakukan akan membuat latihan anda tampak membosankan dan tidak berhasil maksimum ). Bernafas mendalam dan perlahan mengiatkan saraf-saraf anti stres; Pose-pose dengan peregangan yang statis, dinamis nan lembut pada otot-otot yang hiperaktif meloingarkan kekakuan, ketegangan dan kurang lancarnya sirkulasi darah. Didalam yoga, asanas merupakan salah satu 'knalpot' u/ mengeluarkan asap buangan ( stress ) yang paling efektif, efisien, aman dan simpel. Begitupun dengan Kiirtan, Dhyan, Pranayama, Yama-Niyama, dan lain sebagainya.
.
Mari kita berlatih yoga bersama, Yoga untuk kesehatan & peningkatkan daya-guna diri.. silahkan jelaskan dan ajak juga keluarga, saudara dan tetangga.. semoga bermanfaat bagi kita semua.


- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar