Kamis, 27 Agustus 2015

PANCA GAVYA.







Panca gavya adlh lima be.nda yg di keluarkan atau di hasilkan dari sapi. Kelima hal ini di pandang suci dalam pradaban weda. Semua di jelaskan dlm catur weda dan penjelasan tentang ke agungang sapi. Panca gavya dalam pustaka leluhur hindu kita bangsa indonesia seperti tertulis dam lontar2. Dalam sloka2 yg indah ini,,
OM MITRA PURIKSAKAM VAPI
KSIRAN DADHI GHRITAN CA
GOBHYA EVA SAMUTPADHAM
PANCA GAVYASYA LAKSANAM
dia,, air kencing sapi, kotoran sapi, susu sapi, susu asam dan ghee,, semua ini di hasilkan dari sapi di sebut panca gavya.
Dalam mantra2 catur weda sapi kotoran sapi bahkan sampai bulu bahkan samapai kukunya pun di agungkan. Ternyata di bali dahulu kala para leluhur kita pun meyakini hal ini. Ini adlh bukti yg jelas bahwa lleluhur kita menyakiti dan memakan daging sapi.. sapi di muluakan dalm berbagai lontar di bali. Seperti di lontar gria anyar sibang dan lontar gria tabanan , blayu.
Tetapi kayaknya jaman sekarang dimana2 kita lihat terdapat orang tua .muda .anak2 ada pemandangan yg berbeda,, yaitu mereka mulai menyukai daging sapi. Kenapa bisa terjadi seperti itu,,,,! apa sebabnya???
Karna walau kita mengetahui tradesi leluhur kita memuliakan sapi dan tidak membunuh sapi, namun tatwa nya yg mengaburkan di buat oleh yg belum matang dalam keagamaan hindu sehingga menimbulkan pemahaman yg tidak jelas.. tanpa mengetahuia filsafatnya dengan baik, walaupun secara umum kita mendengar bahwa orang hindu tidak boleh makan daging sapi .. sradha/iman kita tidak akan kuat jika filsafat nya yg tidak jelas, orang2 tua sudah milai menyukai daging sapi . Ahirnya tidak adayg bisa disalahkan dengan hal ini.. jika anak2 cucu2 kita juga akan terus memakan daging sapi tanpa keraguan dan penyesalal sedikit pun tindakan seperti ini hanya sengaja bunuh diri..!!!!
Sebenarnya dengan membunuh dan memakan daging sapi, tanpa sadar umat hindu telah menebang akar pohon weda. Dengan menebang akar pohon weda . Hanya menunggu semuanya jadi layu..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar