Rabu, 19 Agustus 2015

RENUNGAN SAT CIT ANANDA



1. Tuhan berada didalam setiap hati dan dia adalah penyuci dari yang suci. Jadi untuk menjadi suci, apa yang kalian lakukan adalah menyelami sanubari kalian, hubungi Tuhan disana dan menjadilah suci. Mengapa kalian harus pergi keluar mencari kesucian ?.
2. Kaca yang kotor tidak memberikan refleksi pada sinar matahari.Demikian pula halnya dengan bathin yang kotor oleh sifat sifat maya tidak akan dapat memperlihatkan ke Agungan,Pengasih penyayang dan. Ke Adilan dari Tuhan, karena itu untuk dapat melihat Tuhan sucikan hatimu dan pikiranmu dan jadilah orang suci..
3. Banyak orang dalam kehidupan ini hanya asal ada,tetapi tidak hidup,itu sebabnya orang-orang yang tidak memperhatikan nilai-nilai dari pada keberadaannya,penderitaan yang dirasakannya.
4. Hendaknya orang tidak makan untuk kesenangan,melainkan ia makan untuk menjaga kelangsungan badan jasmaninya,
5. Kesehatan tubuh melulu bukanlah tujuan hidup manusia.
6. Apabila kesehatan badan semata yang menjadi tujuannya,maka kita ini tidak bedanya dengan binatang,.
7. Binatang binatang umumnya jarang yang sakit.Tetapi pengetahuanlah tujuan hidup setiap manusia,Jangan kita melupakan kenyataan bahwa kesehatan itu hanya satu langkah untuk mencapai tujuan.
8. Seorang yang hanya makan dan minum,tidur,omong-omong saja,yang pikirannya tidak digunakan untuk mencapai kesadaran jiwa ia adalah orang jahanam.
9. Pusatkan Tuhan sebagai tujuan hidup saudara.
10. Saudara hidup di dunia ini bukan bertujuan untuk menimbun harta benda,pangkat,maupun kedudukan itu barang barang yang tak mempunyai harga di mata Tuhan,Kejujuran adalah barang yang di minta Tuhan dari saudara,
11. Orang-orang yang telah pergi lebih dahulu,lihatlah mereka telah meninggalkan se antero kekayaannya,kehormatannya,sahabat dan keluarganya.Mereka tak menginginkan sesuatu apapun dari dunia ini,mereka tak dapat mengambilnya untuk kehidupan selanjutnya,Sungguh amat menyakitkan untuk melayani tubuh ini sekalipun guna kebutuhan kebutuhan hidup saja.
12. Semua orang di dunia ini mencari kebahagiaan .Dan hanya ada satu jalan yang tepat menuju kesana, yakni dengan menguasai dan mengatur pikiran-pikiran anda. Kebahagiaan anda tidak tergantung pada lingkungan dan ke adaan,melainkan semata-mata tergantung berdasarkan kepada perasaan-perasaan batin anda, kebahagiaan tak ada sangkut pautnya dengan harta benda milik anda,dengan kedudukan anda,pekerjaan anda dan tempat dimana anda berada atau dengan apa yang anda warisi .Kebahagiaan anda hanya tergantung kepada apa yang anda pikirkan.Kebanyakan orang menjadi bahagia atau tidak sesuai dengan kemauan mereka.
13. Oleh karena itu berusahalah sedapat mungkin sedari kecil untuk melaksanakan ajaran Darma,.Sebab hidup ini tidak kekal adanya dan siapakah kiranya dapat mengetahui saat datangnya maut atau siapa pula yang dapat memberitahukan datangnya kematian.
14. Yuk kita menjadi pribadi yang ber iman,yang sehat,yang bening hatinya,jernih pikirannya,dan indah prilakunya,
15. Barang siapa melaksanakan kebenaran,maka dia akan mendapatkan ketenangan,Dan bila pengetahuan telah dihayati maka orang akan menjadi bijaksana,
16. Bila kebahagiaan telah dirasakan maka cinta kasih akan memancar dari dirinya.Itulah tanda orang yang telah menghayati Sat Cit Ananda..
17. Wantah " Tirta Pawitra " Sane presida ngelebur " Mala " sane wenten ring angga. Prade mala ring angga sampun kelebur ,wahu presida ngerasayang sane kinucap " Satyam, Siwam , Sundaram " Yaitu Kebenaran, Kebahagiaan,dan Keindahan "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar