Senin, 07 September 2015

Sri Krishna Janmashtami

Dagang Banten Bali





Hasibuan Santosa
5 September pukul 11:21 ·

Selamat merayakan Hari Suci Sri Krishna Janmashtami / Perayaaan Hari Kelahiran Sri Krishna bagi para sahabatku yang menjalankan Tradisi Sanatana Dharma, dan yang ikut merayakan. _/|\_
Dalam sistem kalender Tradisi Sanatana Dharma di India, Hari Suci Sri Krishna Janmashtami dirayakan pada setiap hari kedelapan dari periode Krishna Paksha (dua minggu setelah Bulan Purnama menuju Bulan Baru) di Bulan Bhadrapada (Agustus - September), dan, pada tahun 2015 ini, perayaan Hari Suci Sri Krishna Janmashtami tersebut terjadi pada hari ini, Sabtu, 5 September 2015.
satya-vrataṁ satya-paraṁ tri-satyaṁ
satyasya yoniṁ nihitaṁ ca satye
satyasya satyam ṛta-satya-netraṁ
satyātmakaṁ tvāṁ śaraṇaṁ prapannāḥ
"Para dewata berdoa: "Wahai Kepribadian Utama dari Tuhan Yang Maha Esa, Anda senantiasa menepati janji Anda, yang senantiasa sempurna, sebab, apapun juga yang Anda tentukan adalah kebenaran nan sempurna dan tidak dapat dihentikan oleh siapapun juga. Dengan hadir pada tiga fase manifestasi pergerakan kosmos, Penciptaan, Pemeliharaan dan Perusakan, Anda adalah Kebenaran Tertinggi. Sungguh, jika para manusia tidak selaras dengan kebenaran, mereka tidak akan mendapatkan berkah Anda, yang oleh karena itu tidak akan sanggup didapatkan oleh para manusia yang bersikap munafik. Anda adalah prinsip aktif, kebenaran yang sejati, dalam setiap aspek penciptaan, dan oleh karena itu, Anda dikenal sebagai antaryami, kekuatan esensial yang mengatur seluruh pergerakan semesta. Anda senantiasa adil kepada setiap makhluk, dan perintah Anda senantiasa dilaksanakan oleh setiap makhluk. Anda adalah permulaan dari semua kebenaran. Oleh karena itu, kami berpasrah kepada Anda. Berkahilah kami dengan perlindungan Anda.""
(Doa dari para dewata kepada Sri Vishnu, menjelang kelahiran Sri Krishna, seperti yang dinyatakan dalam Kitab Srimad Bhagavatam 10.2.26)
kaler doṣa-nidhe rājann
asti hy eko mahān guṇaḥ
kīrtanād eva kṛṣṇasya
mukta-saṅgaḥ paraṁ vrajet
"Wahai Raja Mulia, meskipun pada Jaman Kali Yuga ini penuh dengan perbuatan dosa, akan tetapi, Jaman Kali Yuga ini masih membawa satu keberuntungan besar, yaitu, hanya dengan mengumandangkan nama-nama suci Sri Krishna, para manusia dapat terbebas dari berbagai penderitaan pada dunia fana mereka dan naik ke tingkat evolusi spiritual yang lebih tinggi."
(Nasehat dari Srila Sukadeva Gosvami kepada Maharaja Parikesit, seperti yang dinyatakan dalam Kitab Srimad Bhagavatam 12.3.51)
yam mam smrtvagadha gadha bhavati
yam mam smrtvaputah puto bhavati
yam mam smrtvavrati vrati bhavati
yam mam smrtva sakamo niskamo bhavati
yam mam smrtva-srotriyo srotriyo bhavati
"Dengan mengingat-Ku, orang yang kurang / tidak pandai dapat menjadi pandai. Dengan mengingat-Ku, orang tak suci menjadi suci. Dengan mengingat-Ku, orang tak baik menjadi baik. Dengan mengingat-Ku, orang yang serakah menjadi murni. Dengan mengingat-Ku, orang yang tak paham akan kitab-kitab suci pun dapat menjadi paham akan kitab-kitab suci."
(Sabda dari Sri Krishna, seperti yang dinyatakan dalam Kitab Gopala Tapani Upanisad II.7)
Sarva Mangalam. Semoga semua makhluk berbahagia, sejalan dengan karma serta dharma / prinsip-prinsip ajaran kebaikan yang mereka alami serta laksanakan. Hare Krishna. Hari Om Tat Sat. _/|\_
Ilustrasi : The birth of Lord Krsna by Jadurani devi dasi.



- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar