Senin, 07 September 2015

DEVA AGNI.

Dagang Banten Bali


Deva Agni paling sering disebut dalam Veda, selain Deva Surya dan Deva Indra. Deva Agni mempunyai tugas atau fungsi sebagai PANDITA UTAMA, sebagai DUTA, sebagai PEMBERI BERKAH, sebagai AHLI VEDA, sebagai PELINDUNG, sebagai SAKSI DALAM YAJNA atau UPAKARA, sebagai PENGUSIR ROH JAHAT dan sebagai PENGANTAR / PIMPINAN UPACARA YAJNA ( PUROHITA ).
AGNIM ILE PUROHITAM YAJNASYA DEVAM RTVIJAM, HOTARAM RATNA DHATAMAM.
Rgveda I.1.1
Hamba memuja Deva Agni sebagai Pemimpin Yajna ( Pandita Utama ), Deva penyelenggara Upacara Yajna. Hamba memuja-Nya sebagai pemilik dan pemberi anugerah kekayaan.
Stana Deva Agni adalah NYALA API. Karena itulah dalam setiap pemujaan harus ada API SUCI sebagai stana DEVA AGNI. Deva Agni digambarkan sebagai laki-laki berbadan merah, perutNya besar, mempunyai enam mata, empat tanduk, tiga kaki, tujuh lengan, memegang sendok kecil dan sendok besar sebagai pelaksana Homa Yajna, berlidah tujuh, rambut-Nya dikepang, berbusana warna merah, mengendarai kambing betina, mengenakan Upavista ( benang suci mebrahmanaan ), berkalung buah-buahan dan seluruh tubuhnya memancarkan tujuh cahaya yang berbeda-beda ( tujuh warna ). Istri DEVA AGNI adalah DEVI SVAHA yang bertugas untuk mengantarkan doa-doa umat-Nya. Oleh sebab itulah mantra-mantra pemujaan yang bertujuan memohon sesuatu selalu diakhiri dengan kata SVAHA. Asfek / nama-nama lain dari Deva Agni yaitu :
1. VAHMI : yang membakar (Api Homa/
menerima persembahan).
2. VITIHOTRA : yang memberi pahala
kepada penyembah.
3. DANANJAYA : Yang mengalahkan musuh.
4. DHUMAKETU : Yang bermahkota asap.
5. CHAGARATA : Yang mengendarai
kambing betina.
6. SAPTA JIHWA : Yang berlidah tujuh.
7. PUROHITA : Sebagai Pengantar Yajna.
AGNE NAYA SUPATHA RAYE ADMAN, VISVANI DEVA VAYUNANI VIDVAM. YUYODHY ASMAJ JUHURANAM ENO, BHUYISTHAM TE NAMA UKTIM VIDHEMA.
Yajurveda 40.16
Ya Deva Agni yang menerangi seluruh dunia ini, pemberi kebahagiaan dan memiliki segala sumber ilmu pengetahuan, berkatilah hamba agar memperoleh pengetahuan, karya yang utama, dan dapat mengikuti jalan yang benar. Jauhkanlah hamba dari karma yang tidak benar dan yang berliku-liku. Melalui pujian-pujian dengan penuh rasa hormat hamba selalu memuja-Mu agar mendapat kebahagiaan.




- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar