Selasa, 22 September 2015

EMPAT KAWITAN



"asal muasal jadi manusia"
1. Sang Pencipta/Ida Sang Hyang Widhi Wasa adalah kawitan kita yg utama. Kawitan berasal dari kata wit yg berarti asal-usul, yang menjadikan semua ini ada. Beliaulah yang penciptakan segala mahkluk di bhur loka, sesuai dengan anugerah bayu sabda idepnya. (1) bayu - tumbuhan, (2) bayu, sabda - hewan, (3) bayu, sabda, idep - manusia. Jadi kita adalah mahluk yg paling sempurna dari yang tidak sempurna. Tumbuhan dan hewan adalah saudara kita lahir bersama dari Sang Pencipta.
2. Bhatare Dalem
Kawitan yg kedua adalah Dalem, Pura Dalem memegang peranan penting. Segalanya adalah atas izinNya. Saat mendak kawitan purusa predana selalu mendak ke Dalem, Begitu juga bagi yang akan mendirikan kawitan, kemimitan, selalu medak ke Dalem.
3. Kemulan Rong Telu
Kawitan selanjutnya adalah Bhatara Hyang Guru, berdasarkan Brahma, Wisnu, Siwa. Dari sinilah kita berasal. Dibawah pelinggih adalah stana Hyang Leluhur yg sudah disucikan. Dari sinilah Beliau akan numitis.
4. Orang Tua
Kawitan terdekat kita adalah orang tua. Disebut kawitan sekala. siapa orang paling hebat di dunia ini, bagi kita hanya mereka, orang tua kita yg paling hebat, karena mereka yg melahirkan kita.

kawit Nike Jero , yening anut ring tutur dalem Kawi yg ada di dese adat pekraman , tri kayangan linggih ide , Yen di keluarga , di kemulan linggih ide , Yen di sekale di meme bape ide Napak .

Wit manuse /MANU ngaran Sanghiang agama, SE ngaran sesane . Mawit saking kemulan madye , betare siwe guru haram mie Tan tios mewaste guru suwadiaya , RI sedek ngerke manuse , ngetel damah/damuh/peluh ,metemahan manuse sewiji .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar