Rabu, 01 Juli 2015

NGABEN






Ngaskara
Ngeplugin
Ngaben
Nyekah 
Ngajum kajang
Atma wedana 
Ngelinggihang 



Bantennya
Ngaskara

Ngaben
Bubuh pirata:
Aepan ngaben: pengambean tanpa soroan, pejati cenik, tumpeng 2, pejerimpenan, daksina, tebasan atma rauh, tebasan pebersihan, saji, japit, nasi kastori, darpanan, nasi angkeb


Nyekah 
bubuh pralina:
Aepan nyekah:

CARA MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN ALTERNATIF KLIK DISINI

Atma wedana


Tetandingan Aepan Ngaben:
pengambean tanpa soroan,

pejati cenik

tumpeng 2

pejerimpenan: besogan (cakang daksina cenik), tumpeng, raka, kc saur di kojong umah, sampyan naga sari.

daksina

tebasan atma rauh: tamas, ceper misi nasi bungan tunjung n uyah lengis mewadah takir, raka, kc kojong umah, 2 tulung sangkur isi nasi, peras tulung, payasan, 1 kuangen, sampyan tebasan 

tebasan pebersihan: tamas, raka, ceper n nasin sodan agung tusuk dengan semat isi bunga jepun n takir isi telor goreng, 2 tulung sangkur isi nasi, peras tulung, kojong umah isi kacang saur, kuangen, payasan, sampyan tebasan, teterag  

saji: tamas, raka (biu n begina taruh diatas), jaja cacalan, bungkusan don jagung, lampad, nasin peras putih kuning

Lampad: 7 celemik berisi ....,
japit: tamas, 2 raka, 2 selanggi isi nasi putih kuning, kacang saur di kojong umah, peras tulung, payasan

nasi kastori: kelatkat, koran, aled besar, 8 ceper isi tumpeng .... helm sesuai warna tumpeng, 2 raka, 2 kc saur di kj umah peras tulung, payasan,   ..... aled sedang, 4 ceper isi jaja cacalan, tumpeng, raka biunya meiis, kc saur di kojong, plaus, helm

darpanan: tamas, 2 raka, 1 ceper isi don ....... nasi pulung kuning, 1 ceper isi don ....  ... nasi pulung putih, kc saur di kj umah, peras tulung, payasan, 2 sampyan lasang,

nasi angkeb: tamas, nasi di kantong plastik n kojong kecil n jarum n kuangen, raka, 5 don tabya dijahit diatasnya 1 nasin sodan, takir kacang saur, 








 Pitra Yadnya/ngaben yaitu :
  • Ngastawa adalah melakukan stuti dan sthawa kehadapan Hyang Widhi Wasa dalam aspek-aspek tertentu datam konteks upacara ngaben.
  • Ngaskara adalah melakukan penyucian roh orang yang di abenkan untuk bisa menjadi pitara. Sebelum askara dilakukan, rohnya disebut petara atau atma preta, karena masih kotor (bhuta cuil).
  • Narpana | memberi pabuktian atau bekal di alam baka berupa hidangan, pakaian dan lain-lain.
  • Mratina | melebur yaitu memisahkan purusa dan pradana / prakerti orang yang diabenkan itu untuk dikembalikan ke sumbernya masing-masing. 
    • Purusa dikembalikan ke Mahapurusa, dan 
    • Prakerti dikembalikan ke pancamahabhuta-agung. 
    • Atau dengan lain perkataan, bahwa mralina berarti ngalepas sang atma.
  • Mapegat. Upacara ini mengandung makna menghilangkan makna atau kekotoran pada sang atma supaya tidak lagi dilekati kekotoran. Di dalam mapegat ini, dilakukan pula paperasan yang bermakna menghubungkan sang atma dengan sentananya atau keturunannya.
  • Melaspas patulangan. Ini bermakna membersihkan atau nyapsap pekerjaan tukang - wadah dan tukang - patulangan.
  • Melebu atau makutang. ini bermakna membuang kekotoran yang melekati sang atma termasuk pula sthula sarira atau jasad manusia. Jasad manusia yang berasal dan unsur - unsur Panca Maha Bhuta dikembalikan ke asalnya yaitu Panca maha bhuta agung yaitu alam bumi ini yang disebut bhur - loka.
  • Jenazah diputar 3 kati ke kiri pada waktu berangkat dan rumah, pada persimpangan jalan dan setelah sampa di setera. Perputaran arah ke kiri adalah simbolisasi perjalanan turun. Kalau perputaran ke kanan adalah simbolik perjalanan naik. Itulah sebabnya ada dua arah perputaran dalam suatu upacara agama yaitu 
    • pradhaksina, perputaran ke kanan dan 
    • prasawya, perputaran ke kiri
  • Meletakkan dipatulangan. ini bermakna bahwa sang atma akan berjalan menghadap Hyang Widhi, karena bentuk-bentuk patulangan itu mempunyai simbolik.filosofi yang dalam (lihat juga keterangan dalam butir 11.2.3)
  • Membakar jenazah atau pangawak - sawa. ini mengandung arti simbolik, bahwa manusia diciptakan okh Dewa Brahma dan setelah mati kembali lagi kepada Dewa Brahma atau menuju Brahma – loka.
    Ngareka. ini mengandung makna mewujudkan kembali orang yang diabenkan itu dalam wujud yang lebih halus.
  • Sekah - Tunggal | pangawak atau perwujudan sarira orang yang diabenkan itu dalam wujud yang lebih halus. (Apabila sekah - tungggal itu berisi abu tulang sang mati, disebut sekah asti).
  • Ngiring. ini adalah suatu simbolisasi melepas sang atma menuju alam baka bhuwah loka ( nyalanang sang atma).
  • Nganyut. Ini bermakna menghanyutkan pangawak atau tawulan, sehingga menjadi lenyap. Selain itu upacara ini juga mengandung arti simbolik, bahwa sang atma berjalan menuju Wisnu - loka.
  • Makelemiji. Jni bermakna nyapsap atau membersihkan sebel keluarganya dan membersihkan rumahnya dan sesebelan.
  • Pamuput karya. Ini bermakna menghaturkan rasa terima kasih serta mempermaklumkan upacara ngaben telah selesai dilakukan.
  • Ngarorasin. ini mengandung makna bahwa batas waktu sasebelan atau cuntaka perumahan telah selesai.

Demikian beberapa hal yang biasanya digunakan dalam upacara pengabenan yang juga sebagai tambahan, penggunaan kajang disebutkan disesuaikan dengan jenis dan ketentuan surat kajang dari masing - masing kawitan.
Ngelinggihang 
pejati
pengambean
tebasan sidapurna
tebasan merta uttama
tumpeng 3
tumeng 2
tumpeng 1
tumpeng 1
- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

2 komentar: