Rabu, 01 Juli 2015

melaspasin mobil

 



Umat Hindu di Bali sangat lekat dengan upacara-upacara dan ritual-ritual adat dalam kehidupan sehari-hari mereka. Ada upacara khusus untuk peristiwa-peritiwa tertentu, salah satu contohnya adalah Melaspas. Seperti halnya ketika akan menempati bangunan atau rumah baru, kendaraan juga harus melalui Ritual Melaspas atau Pemelaspasan. Melaspas sendiri terdiri dari dua kata yaitu “Mala” yang berarti elemen jahat/buruk dan “Pas” yang berarti menyucikan atau membersihkan. Bila disatukan, Melaspas berarti menyucikan dari elemen-elemen buruk.

Upacara adat Melaspas kendaraan ini intinya adalah untuk memuja Dewa Pasupati. Oleh karena itu banten yang digunakan untuk upacara ini disebut banten sesayut Pasupati.

Upacara adat ini tidak hanya dilakukan pada saat membeli kendaraan baru,tetapi juga untuk kendaraan second atau bekas. Pada dasarnya kendaraan yang diuacari tersebut adalah kendaraan yang baru menjadi milik kita.

Ritual ini memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Menghidupkan jiwa dari kendaraan tersebut sehingga kendaraan dapat “bekerja sama” dengan pemilik kendaraan, sehingga ke depannya kendaraan tsb tidak sring mengalami kerusakan yang tidak jelas atau sering mengalami kecelakaan.
  2. Membentuk kontak batin antara kendaraan dan pemilik kendaraan. Seandainya ada masalah terkait mesin kendaraan bias dideteksi oleh pemilik kendaraan sejak awal.
  3. Memperoleh keselamatan di jalan.
  4. Pemilik kendaraan dijauhi dari unsur-unsur yang ingin mengganggu saat mereka sedang memiliki kendaraan tersebut dan mengendarainya.

Dalam Ritual ini dibutuhkan beberapa peralatan seperti:

  1. Banten Pasupati, Banten atau seserahan ini terdiri dari Kulit Sayut, Tumpeng Barak, Raka – Raka dan Jaja, Kojong Balung, Sampian Nagasari, Penyeneng, Sampian Kembang, Pejati dan Peras, Canang (Bunga Merah), Lis/Buu Alit, Dupa (9 batang), Ayam Biying Mepanggang, dan Segehan Bang.
  2. Air Tirtha (air suci)Pasupati
  3. Biu Tembaga atau pisang berwarna merah tembaga yang bermakna agar kendaraan memiliki kekokohan sekuat tembaga.
  4. Canang sari
  5. Dupa Pasupati

Untuk upacara yang lebih besar biasanya dapat dilengkapi dengan kelengkapan sbb:

  1. Banten prayascita
  2. Sorohan alit
  3. Banten Durmanggala
  4. Pejati.

Ritual ini terdiri dari beberapa tahap, adapula tiap tahap dipimpin oleh seorang pemangku

  1. Ngastawa Tirta (Mengambil Kembang),
  2. Ngaturang Banten Pareresik
  3. Mapiuning
  4. Natab Banten Pasupati.

MANTRAM PASUPATI

Saat melakukan upacara melaspas kendaraan umat Hidu Bali membacakan mantra Masupati yang biasa digunakan saat Masupati. Berikut ini mantra Masupati yang biasa digunakan saat Masupati, di mana tanda titik-titik diisi permohonan yang hendak dipasupati.

Mantranya sebagai berikut:

“Om Sanghyang Pasupati Ang-Ung Mang Ya Namah Svaha. Om Brahma Astra Pasupati, Visnu AstraPasupati, Visnu AstraPasupati, Siva Astra Pasupati, Om Ya Namah Svaha.

Om Sanghyang Surya Chandra tumurun maring Sanghyang Aji Sarasvati,tumurun maring Sanghyang Gana, angawe Pasupati maha sakti, angawe Pasupati maha siddhi, angawe Pasupati mahasuci, angawe pangurip mahasakti, angawe pangurip mahasiddhi, angawe pangurip mahasuci, angurip sahananing raja karya teka urip, teka urip, teka urip.

Om Sanghyang Akasa Pertivi Pasupati, angurip…….. Om Eka Vastu Avighnam Svaha, Om Sang-Bang-Tang-Ang-Ing-Nang-Mang-Sing-Wang-Yang Ang-Ung-Mang. Om Brahma Pasupati, Om Visnu Pasupati, Om Siva Sampurna Ya Namah Svaha”

 

Narasumber       :

  1. I Made Suda (87) dan I Made Sudana (56)

Jalan Pucuk No. 4, Abian Kapas, Denpasar, Bali (0361249807)

  1. I Ketut Martana (50)

Jalan Taman Malaka Utara Blok  D 18 No. 21, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta  Timur, DKI Jakarta (08118009819)


Melayani pembuatan aneka banten untuk upacara \hindu Bali
piodalan
pawiwahan
otonan
tiga bulanan


Melayani aneka Upacara
Ngelangkir
Menikah
Ngaben

hubungi via WA, Telp atau sms
0882 - 9209 - 6763
0896-0952-7771

Telp
0361 - 464096

alamat
jl Gandapura Gg 1c No1 Kesiman Kertalangu
dan
jl sedap malam 117a kebon kuri
Denpasar

Pesan Via Facebook Klik Disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar