Rabu, 02 November 2016

Wak (Perkataan)


Dagang Banten Bali





*Sarascmuscaya : Wak (Perkataan)*

117. Ada dua macam perbuatan yang menyebabkan orang terpuji, tidak mengucapkan perkataan kasar dan tidak memikir perbuatan yang tidak layak; orang seperti itulah yang terpuji di dunia.
118. Yang patut dikatakan itu hendaklah sesuatu yang membawa kebaikan, namun hal itu janganlah digembar-gemborkan; berkeinginan disebut pandai bicara; sebab kata-kata itu jika berkepanjangan, ada yang menyebabkan senang ada yang menimbulkan kebencian; tak baik hal serupa itu.
119. Jika perkataan itu maksudnya baik, dan secara baik pula diucapkannya, hanyalah kesenangan yang ditimbulkan olehnya; meski maksudnya baik, jika diucapkan tidak secara baik, bahkan kepada yang mengucapkannya pun menimbulkan hati duka.

120.Perkataan yang tidak baik bagaikan anak panah yang dilepaskan dari busurnya, ia dapat melukai dan menembus hati orang yang mendengarkan, oleh karenanya kuasailah diridengan mengendalikan kata dan bahasa.
121.Demikian kuatnya efek dari perkataan, ia dapat menyakiti orang hingga kesumsumnya, oleh karena itu mereka yang bajik dan benar akan menghindar dari perkataan menghujat, mengecam, dan kata-kata jahat lainnya.
122.Hutan yang semua pohonnya ditebang dapat tumbuh kembali dengan cepat, namun hati yang telah disakiti oleh perkataan, tersiksa dalam jangka waktu yang sangat lama.
123.Janganlah menghina dan mencerca orang-orang yang cacat fisiknya, mereka yang buta huruf, orang yang hidup dalam kesengsaraan, orang sakit, orang yang tercela dan hina, orang yang tertimpa kecelakaan, orang miskin, orang bodoh; demikian juga janganlah mencela orang yang penakut, orang yang terkena aib ataupun yang diaibkan, janganlah kamu menghina makhluk-makhluk yang ada disemesta ini, sekalipun yang dianggap menjijikkan.
124.Oleh karena itu, orang bijaksana yang berpegang teguh pada kebajikan dan kebenaran, tidak akan mencaci, tidak memfitnah, tidak mencela dan tidak berkata bohong. Manusia hendaknya selalu mempergiat dirinya dalam mengendalikan ucapannya dan selalu menjaga agar orang lain tidak terluka oleh ucapannya.


- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar