Rabu, 10 Februari 2021

Pura Gunung Gondol Penyabangan; Diyakini Memiliki Mercusuar Gaib






PUNCAK BUKIT: Suasana di areal Pura Gunung Gendol yang berada di puncak Bukit Gondol wilayah Desa Penyangan, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. (DIAN SURYANTINI/BALI EXPRESS)





Buleleng Barat adalah kawasan kering yang penuh dengan bebukitan. Perjalan Bali Express (Jawa Pos Group) kali ini menuju Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak. Tepatnya ke Pura Gunung Gondol. Pura ini berlokasi di puncak bukit yang tidak terlalu tinggi di pinggir pantai. Pura ini pun selama ini diyakini memiliki mercuasiar gaib, dan ditafsir sebagai tempat untuk memantau musuh.


Untuk menuju ke lokasi pura, kurang lebih membutuhkan waktu 2 jam dari pusat Kota Singaraja, Buleleng. Jalan menuju pura terletak di kanan jalan bila dari arah Singaraja. Tepat disebelah Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP), yang terdapat jalan kecil menuju ke utara. Sepanjang jalan tersebut akan disuguhi pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih. Tak jauh dari sana, tampak sebuah bukit layaknya pulau kecil yang tak berpenghuni. Disanalah lokasi Pura Gunung Gondol.



Setibanya di areal pura, dengan didampingi Pemangku Pura Gunung Gondol, pertama akan menjumpai Palinggih Gusti Bagus yang masih terbuat dari turus lumbung. Kemudian Palinggih Ganesha yang masih berbentuk seonggok batu. Naik lagi akan bertemu Palinggih Mekele Gede, Bhatara Semar, Palinggih Raja Merana (hama), Ratu Niang Lingsir. Kemudian tepat ditepian jalan melingkar akan ada Palinggih Bunda Ratu sebagai penguasa laut. Sebelah selatannya ada Palinggih Bunda Dewi Kwan In, lalu Palinggih Ulo Ratu.




Sampailah pada utama mandala. Disana terdapat Palinggih Surya, Taksu, dan Peraneman. Uniknya disana terdapat pula sebuah tugu yang dibalut kain merah putih. Di depannya terdapat dua buah tiang bendera legkap dengan bendera merah putih dan tergantung foto Soekarno. Konon tugu itu adalah tiang pemantau yang digunakan untuk memantau musuh yang datang dari arah laut. Ternyata tugu yang ditafsir terbuat dari tembaga itu adalah mercusuar. Sebab sewatu-waktu dapat mengeluarkan sinar.

Sembari duduk diatas bebatuan yang ada disekitar pura, Jro Mangku Nyoman Masjana yang akrab disapa Jro Jengki ini bercerita awal mula ia ngayah di Pura Gunung Gondol. Sebelumnya ia adalah seorang pengelana. Hidup bebas dari satu tempat ke tempat yang lain. Hidup sesuka hati yang kerjanya hanya foya-foya. Sampai akhirnya ia mendengar bisikan-bisikan yang memintanya untuk mengabdikan diri di suatu tempat. Ia pun kembali ke Bali pada tahun 2010. Sejak saat itu ia mulai sering mendengar panggilan-panggilan yang entah dari mana asalnya. “Baru kembali tahun 2010 dari Tarakan. Sebenarnya sudah ada pelinggih. Ada tiga. Tapi masih gunung. Tidak terurus. Saat di Tarakan, saya mendengar suara. Saya diminta untuk ngayah. Suara itu seperti suara komandan perang. Saya hanya mendengar suara saja, tidak pernah melihat wujud. Suaranya sangat jelas,” tuturnya sembari menghisap sebatang rokok kretek.

Paggilan itupun tidak sekali dua kali ia dengar. Panggilan itu selalu mengikutinya hingga ia memutuskan untuk mencari sumber suara tersebut. Jro Jengki pun sempat menginap atau mekemit di beberapa pura untuk memohon petunjuk agar menemukan sumber suara yang memanggilnya, meminta ia untuk ngayah. “Karena suara itu terus memanggil saya, saya selalu mencari. Suaranya jauh sekali diawang-awang, tapi jelas. Dan memanggil saya. Saya sampai mencari ke Bunut Bolong, Uluwatu, Besakih, dan masih banyak lagi. Sampai akhirnya saya putus asa dan tidak peduli lagi. Ini paling telinga saya saja yang rusak. Salah dengar atau yang lainnya,” jelasnya.

CARA MUDAH DAPAT UNTUNG DARI TRADING FOREX KLIK DISINI

Karena merasa hal tersebut hanya mimpi dan halusinasi, Jro Jengki tidak lagi mencari sumber suara itu. Meskipun ia tetap mendengar suara tersebut, namun ia tetap acuh. Sampai suatu ketika ia penasaran dengan keramaian yang ada di Bukit Gondol saat ia berjalan-jalan di pantai. “Suatu ketika saya berjalan di pantai, saya melihat ada banyak orang di Gunung Gondol. Ternyata ada yang membangun wantilan. Saya naik kesana, tiba-tiba saya mendengar suara itu lagi. Saat itu saya kaget. Ternyata asal suara itu dari sini. Dan kedatangan saya sudah ditunggu. Tidak ada yang mendengar. Hanya saya. Orang-orang tidak ada yang percaya sampai saya dikira gila. Saat itu pula saya langsung menyanggupi untuk ngayah di tempat ini sampai nafas terakhir saya,” kata dia.

Setelah menyanggupi tugas yang diberikan untuk ngayah di tempat tersebut, ia lalu pulang mengabari keluarganya. Ia menyampaikan kepada keluarga bahwa ia telah berjanji untuk mengabdi menjadi pemangku di pura tersebut. Sejak saat itu pula ia telah terikat dengan Pura Gunung Gondol. “Saya juga bilang ke keluarga, mulai saat itu saya akan ngayah di Gunung Gondol. Anggap saya tidak ada. Saya tidak akan memberikan nafkah lahir bathin. Saya bilang kepada istri saya juga, jika ingin menikah lagi, saya persilahkan. Karena saya berjanji seluruh hidup saya, saya gunakan untuk ngayah di tempat ini. Saya akan lakukan tugas saya sampai akhir. Karena panggilan ini dari tahun 1995 sudah saya dengar,” lanjutnya.

Ketika mulai ngayah dan mengabdikan diri, Jro Jengki selalu berada di lokasi pura untuk menata tempat itu. Berhari-hari ia tidak pulang. Untuk bertahan hidup, Jro Jengki hanya memakan buah yang ada di Bukit Gondol. Saat berada disana untuk bersih-bersih, Jro Jengki mendengar suara yang memerintahkannya untuk mengambil sesuatu diantara bebatuan. Ternyata disana terdapat gambar Bung Karno yang terbuat dari tembaga. “Saat saya berada disini, saya tidak makan. Saya makan buah-buahan yang ada disini saja. Kebetulan ada bekul. Saya makan itu saja. Supaya saya kenyang saja. Tiba-tiba saya mendengar suara yang sama dengan perintah mengambil seseuatu dibagian bawah batu. Saya ikuti ternyata ada gambar Bung Karno dari tembaga seberat setengah kilogram. Ada tiga itu. Aslinya ada di rumah saya. Saat saya temukan, saya lapor ke aparat desa dan kepolisian. Saya takut karena ini benda purbakala, nanti saya dikira mencuri. Saat ini saya simpan di rumah,” ujarnya.


Pengerjaan pura terus dilakukan, penataan tempat maupun taman. Setelah beberapa lama, muncul sinar terang berwarna hijau. Jro Jengki menyaksikan sendiri cahaya tersebut. Ia pun mencari sumber cahaya itu. Ditengah perjalanan ia bertemu dengan warga yang juga melihat sinar itu. Ia menyampaikan kepda Jro Jengki bahwa sinar itu berasal dari bukit. Jro Jengki bergegas ke bukit ingin membuktikan kemunculan sinar itu. “Muncul sinar palang X berwarna hijau saat kajeng kliwon. Dari kejauhan saya lihat dari atas Gunung Gondol ini. Setelah saya cari kesini sinarnya jauh diatas. Lagi saya turun untuk memastikan, adanya disini. Lalu lagi saya naik, lagi sinar itu jauh diatas. Saya penasaran, saya tungguin. Saya semedi disini, lalu diberi petunjuk. Ternyata sinar itu muncul dari sebuah patok tembaga lebih dari satu meter tertancap di depan pura,” bebernya.

Menurut Jro Jengki, kemunculan sinar itu tidak sekali dua kali saja. Setelah kemunculan sinar hijau yang pertama, ia pun menyaksikan kembali kemunculan sinar berikutnya. “Setelah saya amati, beberapa hari kemudian muncul lagi sinar berwarna hijau dan merah. Sinar itu layaknya mercusuar ditengah laut. Tapi yang dilihat mata kita, manusia ya ini, patok ini. Keluarnya dari sini,” tegasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar