Rabu, 15 Februari 2017

Renungan di hari Nyepi

Dagang Banten Bali


CARA MUDAH DAPAT UNTUNG DARI TRADING FOREX KLIK DISINI

Renungan di hari Nyepi
Melis  di laut sebelum nyepi, dagang es, dagang bakso …. Ada berapa dagang orang luar Bali da nada berapa orang Bali?
Berapa keluhan tentang nyepi di media social bahkan ada hingga ke polisi. Kita berbahagia dengan kedatangan hari ini. Ada  melis ke laut yang meriah, ogoh-ogoh, puasa atau bebas bangun jam berapa saja, dan tentunya tak ada banyak upacara artinya tidak repot. Waktu saya kecil cukup membawa banten canang raka atanding dengan demikian surudannya juga asik.
Coba prediksi apa yang terjadi saat nyepi 10 atau 20 tahun lagi!
Astungkara tetap lancar seperti semula. Semua penduduk Bali berbahagia menyambut kehadiran hari raya nyepi.
Selama Bali dominan umat Hindu semuanya akan mudah. Untuk itu sangat penting mengayomi umat agar tetap ajeg. Kita kurangi hal-hal yang menyebabkan umat selingkuh lalu bersiap loncat pagar. Ciptaka Hindu fleksibel dalam dunia nyata. Kurangi aturan-aturan yang membuat umat gelisah, kurangi iuran atau denda yang mencekik leher. Melestarikan tradisi ya bagus tapi ga harus maksa diri.
Hindu fleksibel …… buktikan. Bhakti yoga adalah pilihan uttama…… jabarkan.
Sebaiknya ada hubungan interaksi antara umat dan para pengurus desa. Pengurus desa bukan penguasa tetapi pengayom. 

Belum lagi masalah kasta. Wanita Bali dari kasta atas yang nyerod ketika cerai bingung mau kemana.
Rupanya buku tentang kasta kesalahan berabad-abad tak banyak pengaruhnya.
Umat kurang terbiasa membaca hal ini mungkin karena tak ada rasa ingin tahu sehingga pengajaran lewat buku saja tidaklah cukup. Perlu contoh nyata. Para penyuluh agama perlu bersinergi dengan para pinandita …… gimana mau menyarankan umat memahami yadnya bukan hanya ritual tapi kenyataannya dari tahun ke tahun hanya ritual yang tampak. Coba hitung dagang di pasar-pasar dagang tradisi berapa persen? Ini artinya saran upacara sederhana hanya omong kosong, pemberitahuan bahwa yadnya bukan hanya ritual tak didengar kalaupun terdengar hanya masuk kuping kanan keluar lewat kuping kanan juga. Mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar