Selasa, 29 September 2015

Lontar Markadya Purna




Iti kaweruhakna denta apa mimitannya rat iki, matangnya hana khayangan besakih, jatinya kadi iki. Sedurung hana paran paran kewala hana taru warna balantara, sedurung hana segara rupek , ingaran pulo panjang, duk ikang jagat saha nama pulo dawa. Ring java purwa ring giri rawang hana wong sanunggal sang yogi markanya.
sang yogi Markandya kawit hana saking hindu, saku weha ning carakanya anambat sang yogi markandya bhatara giri rawang , wireh antuk kawidnyanan sira mandi.
..........
arti bebasnya,
ini harus diketahui bagaimna asal mula tempat ini, maka adanya khayangan besakih, sebenarnya adalah demikian. Sebelum ada apa apa dimana dimana hanya ada pohon kayu di dalam hutan belantara di tempat ini, sebelum adanya selat bali pulau ini bernama pulau panjang (Pulau panjang meliputi jawa, madura dan bali) . di jawa tepatnya di jawa timur yaitu tepatnya di gunung rawung, ada seorang yogi bernama sang yogi markandya.
sang yogi ini berasal dari hindu ( india), yg oleh rakyatnya beliau dijuluki bhatara giri rawang. oleh karena ketinggian ilmu bhatinnya, kesucian rohaninya, serta kecakapan dan kebijaksanaan beliau....
........ .....Beliau disebut bhatara giri rawang karena beliau berasal dari giri rawung / gunung rawung, disana ada desa aga, yg kmudian jdi cikal bakal bali aga di bali. bali adalah pulau tersendiri sejak terbentuknya pulau ini ( versi babad pasek), ........................ .. terbentuknya selat Bali jauh sebelum jaman Glasial es mencair dimana selat Bali adalah salah satu selat terdalam yang ada di kepulauan Nusantara.. Sedangkan waktu kedatangan Maha Rsi Markandeya ke Bali diperkirakan pada abad ke 7 Masehi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar