Rabu, 23 September 2015

EKAM SAD VIPRA BAHUDHA VADANTI




EKAM SAD VIPRA BAHUDHA VADANTI
OM Svastyastu 
ORANG BIJAKSANA MENYEBUTKAN SANG SATU EKSISTENSI DENGAN BERBAGAI NAMA
Mantra Rig Veda ini menyebutkan bahwa Sang Satu (Tuhan) memiliki berbagai kekuatan yang diberikan berbagai nama, yakni Agni, Indra, Vayu, Soma, Ashvin, Aditi, Sarasvati, Yama, Matarishvanam, Rudra, Vishnu, Surya, Savitur dan lain sebagainya.
Nama para Deva dari Sang Satu dinyatakan memiliki kekuatan eksistensial maupun psikologis dalam kesadaran manusia. Dengan demikian banyak nama untuk Sang Satu kita dapat juga mengetahui bahwa para Rishi kuno telah mendengar, melihat dan mengalami kekuatan-kekuatan kosmis para Deva yang semuanya dapat mempengaruhi kesadaran manusia. Di sini mulai terungkap sebuah cara rahasia yang digunakan oleh para Rishi kuno sebagai cara untuk mengalami kebenaran eksistensial, bukan hanya meyakiniNya secara psikologis. Nama para Deva merupakan energi dan kekuatan yang dapat dibangkitkan melalui kesadaran. Ada aturannya, urutannya, awalnya dan tujuannya seperti terurai dalam simbolisme makna berganda dalam Rig Veda. Metode ini dan simbolisme Rig Veda akan saya bahas lebih lanjut di lain kesempatan.
Walau Sang Satu disebutkan dipanggil dengan banyak nama yang berbeda-beda ini tidak berarti bahwa semua Agama dan Ajaran memiliki cara atau melalui jalan spiritual yang sama. Selanjutnya pencapaian spiritual seseorang tidak ditentukan oleh filosofi, upacara, etika atau moral melainkan berawal dan berakhir dalam cara kita mengelola kesadaran untuk mencapai diri yang tertinggi.
Seperti seorang insinyur mampu merubah dunia luar dengan metode tertentu, ajaran Veda pula memberikan petunjuk-petunjuk yang mampu merubah diri kita dari dalam. Kini kita memiliki sebuah lautan petunjuk mutiara kesadaran dari para Rishi kuno yang telah mencari, menemukan dan mengalami kebenaranNya dan caranya mencapai pengalaman itu. Para Rishi kuno tidak mengatakan cukup Anda meyakini saja melainkan memberikan formulanya, metodenya, caranya dalam simbolisme untuk mencapai dan mengalaminya sendiri.
Kini tinggal kita menentukan apakah kita ingin sampai di bukit, atau di puncak gunung. Langkah pertamanya adalah siapkan sepatu yang kuat, peralatan lainnya dan latihan mendaki bukit-bukit dulu. Anda akan tahu sendiri kapan saatnya Anda sudah siap untuk mendaki ke puncak gunung yang sangat indah itu.
Om, Santih, Santih, Santih, Om | Sarvam Shantih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar