Minggu, 23 Agustus 2015

menelusuri Tradisi Puja Eksternal yang sempat Hilang





menelusuri Tradisi Puja Eksternal yang sempat Hilang.
1. Agni Hotra
2. Lingga Yoni
Mengapa kita butuh media eksternal dalam puja? Memang Weda memberikan jenjangan praktek.... Sebab fungsi media adalah mempermudah konsentrasi kita..... Orang yang dalam tahap mencari Jati Dirinya Sejati pasti butuh media pengingat atau pinget. Tanpa belajar dari sarana media bisa jadi fokus meleset....bukannya ke Arah Tuhan jadinya tapi ke arah Setan atau Ego Atau Ahamkara....
Engkau jadi tak tau apa yang engaku tuju dan tak terarah sehingga penuh kemarahan dan mengganggu orang lain....bahkan melebihi gumatat-gumitit.
Misal anda seenak udel berujar "Si A tidak sesuai...... Si B tidak sesuai dst...... Harus di bubarkan kecuali dagangan saya." ini adalah bukti gejala kronis anda sendiri sedang tersesat.
*Lingga Yoni di Tirta Empul dalam foto adalah dalam perlindungan cagar budaya sudah barang tentu tidak lagi dipakai sebagai ritual puja yang semestinya sebagaimana masih di praktekan di India.
*Dalam foto juga ada pelinggih padmasana India dan Bali entah siapa yang mengintip duluan.
Kalau rekonstruksi Agni Hotra sudah final maka rekonstruksi Puja Siwa Linggam kira-kira kita mengintip ke India apa ke Arab ya?
Ritus Puja Agni Hotra dan Siwa Linggam mungkin dulu bernasib seperti Tulisan Nusantara yang diganti Latin sehingga kita kehilangan indentitas dan jadi ke Latin-Latinan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar