Jnana adl ilmu pengetahuan ttg NIRGUNA BRAHMAN. Yaitu ttg yg Maha Gaib dg Realitas Mutlak. Walo tak diketahui WujudNya secara Nyata (Avyakta), karena tak mungkin kita mengungkapkanNya apa Ia sebenarnya. Para Rsi dlm upanisad menyatakanNya sbg NETI-NETI. Namun suatu yg pasti bhw Beliau ADA dan Hadir dimana saja (Vyapi vyapaka Nirvikara).
Dlm Gita (12.5) disebutkan bhw pemujaan pd Nirguna Brahman hanya cocok bagi mereka yg ASARIRA ( bukan lg berkesadaran badan). Hal ini tak cocok bagi kita yg masih berbadan jasmani yakni masih terikat dg hiruk pikuk kehidupan Duniawi ( masih doyan nasi dingin dan sambal terasi..)Karena blom mampu lepas dr rasa Dwandas ( sifat dualisme yg berbeda). Namun bagi mereka yg sudah berkesadaran Rokhani yakni mencapai Jivan mukti maka pemujaan kpd Nirguna Brahmanlah jalannya. Inilah jln Tol yg akan menghantarkannya Penyatuan kpd Sang Brahman dan mencapai Brahma Nirvana.
Namun Kebanyakan dari kita blom bisa lepas dr rasa Dwandas. Mayoritas berpikir dan mengangankannya Sosok Tuhan yg Berwujud (Sakara Brahman), yg lengkap dg segala atribut dan sifatNya sbg Saguna Brahman. VIJNANA adl. Pengetahuan atau pemujaan ttg Saguna Brahman. Dg pengetahuan Vijnana ini memudahkan kita melakukan Pemujaan, dg Saguna Brahman sbg obyek bhakti. Inilah yg cocok bagi kita kebanyakan.(Bg:12.2)Yakni memuja Tuhan yg beratribut spt pemujaan kpd Siwa, Wisnu atau Krishna, termasuk Dewa-Dewi sbg manifestasiNya. Wujud2 yg beratribut tsb adl Purusotama, dan merupakan Manifestasi dr TYME ( Nirguna Brahman).
Bagaimanapun juga setelah tahap pemujaan kpd Sakara Brahman ( Saguna Brahman) mk pemuja ini pd kesempatan berikutnya akan diteruskan kpd Sang Brahman juga. Inilah Demokratisnya Tuhan dlm jalan yg dipilih (Catur Yoga) oleh umatNya.
Trus bagaimana dg pemujaan hindu Bali?
Pemujaan yg umum digunakan adl Panca Sembah. Sembah yg pertama adl menyadari akan hakikat kita yg sujati adl Sang Atman yg suci utk mewujudkan Barahman Atman Aikyam ( Asfek Nirguna Brahman). Selanjutnya Sembah yg ke2,3 dan 4 adl pemujaan kpd ManifestasiNya ( Saguna Brahman/Isvarah) ini memudahkan kita sbg obyek pemujaan, dan yg terakhir ( ke5) adl kembali kpd hakikat Nirguna Brahman / SH. Widhi dg menyadari hakikat Beliau sbg yg Maha Gaib/ Suksma Paramaacintya.
Om Anobadrah Krtavoyantu visvatah
Om Lokah Samasta Sukino Bhavantu
Om Shanti - JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI |
BACA JUGA :