Selasa, 14 Februari 2017

Macam-macam caru




Macam-macam Caru :
Segehan 
Segehan agung 
Caru cenik 
Caru ukud-ukud
Caru panca sata/siap 5 
Caru berbagai binatang 
Caru Rsigana 
Segehan 
Segehan agung 
Caru cenik 
Caru ukud-ukud
Caru panca sata/siap 5 
Caru berbagai binatang 



Caru Rsigana 
caru siap 5 ten mewidik 
klatkat, aled, 
ulu :
3 matah-matah  cenik + 3 kelapa daksina 
pengemben/jegjeg urip
sayut agung
tanam tuuh 

awak 
pejati, nasi jauman, nasin peras sanga/9/nawa sanga, suci, 
pejati, nasi jauman, rantasan putih kuning, suci
ayaban tumpeng 11 (tumpeng 3, tumpeng 2,  tumpeng 2, udel. kurenan, tumpeng 1, guru)
Tebasan sidapurna 
Tebasan merta uttama
bilang bucu/bucu2
tumpeng tunjang langit
puncak manik
pemugpug (tumpeng 5 warna)
pegoyan

Runtutan :
sapu lara 
lara melaradan
prayascita
tebasan pemiak kala
panca kelud
gandarsi
rsigana mewadah ngiu
pemali 
nasin pemali

ikut :
soroan gereng
soroan cenik
daksina
bengawan penyarikan
biukaonan

Caru berbagai binatang 
Awak caru 
ulu :
awak :
pejati, nasi jauman, nasin peras 9, suci, 
pejati, nasi jauman, rantasan putih kuning, suci

11 tanding tamas kecil : tumpeng guru, puncak langit, udel, kurenan, tumpeng 2, 2 soroh pengapit, pemogpog, pengiring, puncak manik, ....
bilang bucu (4 sodan misi peras tulung payasan, misi sate masing-masing sesuai arah yi; tenggara 6; barat daya 3, barat laut 1, timur laut 6), tebasan sidapurna, elok-elok, tebasan merta uttama/baas kuning, lara melaradan, sapu lara, sapuh au, pemiak kala, panca kelud, ganda rsi,
ikut : soroan gerang, matah2 cenik 3, gelar sanga, biukaon, pegoyan, 


Cara nanding :
puncak manik : 
tamas, tumpeng puncak manik misi taluh bebe lebeng, raka, kojong rasmen, sampyan nagasari

pemiak kala ;
tamas, raka, ceper meplekir kulit sayut dr pandan 3 silangan/6 lembar misi 4 tulung sangkur isi nasi, ......



caru asu menggunakan 2 awak caru, carunya 5 warna mewidik, pengambean,  

Dugase lekad ngidem. Lantas muruk kedat.Disubane bisa kedat, ditu lantas melajah nepukin. Ape ento? Keto awake metakon sebilang nepukin ape ane ngenah. Ento madan langit, keto memene mesaut
Nawang lantas awake, ape ane madan langit, tongos langite joh duuur sirahe. Yen lemah misi surya abesik. Yen peteng misi bulan abesik. Mekelo- kelo nawang masih awake, yen metolihan menek madan nulengek.
Ape ene? Keto masih awake metakon.
Ne madan tanah, keto bapane nyautin. Nawang lantas awake apa madan tanah. Tongos tanahe beten telapakan batis. Ngeh awake yen mula di tanahe tongos metumpu. Ngeh masih awake yen di tanahe tongos lawatane ngenah. Mekelo -kelo nawang awake, yen nolih tuun madan nguntul.
Suba lantas tue, buin awake muruk ngidem care dugase rare. NGUDE BUIN MELAJAH NGIDEM?




Macam-macam caru 
Segehan
Caru 
Caru ukud-ukud 
Caru ukud-ukud mewidik 
Caru siap 5/Panca sata
Caru siap 5 mewidik
Caru buik
Caru bebek bulu sikep 
Caru bebek bulu barak gula
Caru asu
Caru kambing
Caru kebo
Caru sampi/sapi
Tawur agung 
Caru Rsi Gana 
Rsi Gana Alit 
Tawur 

Caru siap 5/Panca sata
adalah caru siap 5 biasa carunya ten mewidik

memakai 1 awak caru 

Caru siap 5 mewidik biasanya menemani caru binatang lain seperti asu ato kambing dsb
memakai 2 awak caru 

Cara nanding :
Macam-macam caru 
Segehan nasi warna
Caru brumbun
Caru ukud-ukud brumbun
klatkat, koran, aled meplekir, sengkui 2 meikut, 
kanan bawah kulit sayut atasnya raka, nasin peras brumbun 8 n  
                sampyan peras , 
kanan atas raka, nasin sodan brumbun 8 n sampyan lasang, 
kiri bawah raka, nasin sodan brumbun 8 n sampyan lasang, 
kiri atas raka, tumpeng brumbun 8 n sampyan nagasari, banten danan brumbun, gelar sanga, biukaon, canang rebong, sujang, peras tulung, coblong carat, tamas misi (cau petik brumbun 8 n cakap-cakap brumbun 8), aled misi 9 aled segehan  brumbun 8 n 1 beras n benang lalu dibungkus koran supaya nasin segehannya tak tercecer


Caru ukud-ukud Brumbun Mewidik 
klatkat, koran, aled meplekir, sengkui 2 meikut, 
kanan bawah kulit sayut atasnya raka, nasin peras brumbun 8 n  
                sampyan peras , 
kanan atas raka, nasin sodan brumbun 8 n sampyan lasang, 
kiri bawah raka, nasin sodan brumbun 8 n sampyan lasang, 
kiri atas raka, tumpeng brumbun 8 n sampyan nagasari, banten danan brumbun, canang rebong, kujang, peras tulung, coblong carat, selanggi misi nasi saur kacang,  tamas misi (tekor bubuh 8 , tekor tegak 8 , cau petik brumbun 8 n cakap-cakap brumbun 8 masing-masing  isi nasi brumbun), aled misi segehan brumbun 8 n 1 beras benang dibungkus koran


 Caru siap 5/Panca sata 

 Ulu :  pejati suci
         matah-matah
         sayut agung + telor
         pengemben
         tanam tuwuh + telor   
         nasi peras 9 metatakan don nagasari
         tumpeng 1 bucu-bucu isi sate n calon (jumlah menurut urip)

Awak : tumpeng 11 + puncak manik, tunjang langit, pemugpug,    
           gebogan tanpa pengideng-ngideng
                  tebasan siddhapurna, t baas kuning
           tebasan caru : pemali, panca kelud, lara melaradan, sapuh   
           au,  pemiak kala, sapu lara

Ikut : daksina, soroan gereng, bengawan, beakaonan, gelar sanga, 
         rong be karang 

nb; kalo caru asu tidak isi sapuh au

Tulung caru siap 5 yi aled dijahiti tulung caru 4 diisi nasi selem, 5 diisi nasi putih,  7 diisi nasi kuning,  8 diisi nasi brumbun, 9 diisi nasi barak.


Tapini 
tipat dampul 1
jaja cacalan putih,  n kuning 1 ceper 
base lekesan 
santun gede 
pejati
soda putih kuning
segehan cacah 5 n baas putih 1 
nasi rong n rantasan 

guru dadi 
daun pisang + nasi kepel 1 ceper taluh siap lebeng
nasi kepel n kau misi getih 
rong be karang n rantasan

Rare angon
nasi takilan 1 pesel (33)
pengalang sasih (santun menurut urip)
tebasan : tumpeng putih ( cawan/coblong )
sayut barak : nasi sodan barak, kulit sayut endong, nagasari endong

alat-alat penebusan 
nasi rong be karang n rantasan 

sunari
pejati suci 
segehan cacah 
soda putih kuning 

CARA MUDAH DAPAT UNTUNG DARI TRADING FOREX KLIK DISINI

Caru siap 5 brumbun ten mewidik
klatkat, koran, aled meplekir, sengkui 2 meikut, 
kanan bawah kulit sayut atasnya raka, nasin peras brumbun 8 n  
                sampyan peras , 
kanan atas raka, nasin sodan brumbun 8 n sampyan lasang, 
kiri bawah raka, nasin sodan brumbun 8 n sampyan lasang, 
kiri atas raka, tumpeng brumbun 8 n sampyan nagasari, banten danan brumbun, gelar sanga, biukaon, canang rebong, kujang, peras tulung, coblong carat, selanggi, tamas misi (cau petik brumbun 8 n cakap-cakap brumbun 8), aled misi segehan brumbun 8 n 1 beras benang dibungkus koran

2 kain merajah 1 rurub 1 lagi aled

Caru siap 5 mewidik

Caru buik 
oranya 

Caru bebek bulu sikep
merah muda
88
ebeg ke 1 : aled besar meplekir, agak diluanan sengkui 2 meikut, selanggi misi nasi putih, peras tulung, banten danan merah muda, sujang, canang rebong, coblong carat, taluh siap matah, elok-elok misi nasin sodan . 
kanan bawah: kulit sayut, raka,  nasin peras merah muda 88 , sampyan peras,   
kanan atas: raka, nasin sodan merah muda 88, sampyan lasang
kiri bawah: raka, nasin sodan merah muda 88, sampyan lasang
kiri atas: raka, tumpeng merah muda 88, sampyan nagasari

aled meplekir yang kedua: 2 raka, 2 sampyan lasang, .. 8celemik kanan isi nasi merah muda , ...8 celemik kiri isi: jagung rebus, sela rebus, pisang rebus, ubi rebus, keladi rebus, gula, garam, kelapa (sati celemik isi beberapa jenis)  

aled dijahiti aled segehan 9 : 8 diisi nasi merah muda, 1 diisi beras n benang. 

ebeg ke 2 : alas koran, 88 sau petik isi nasi merah muda, 88 cakap-cakap isi nasi merah muda

ebeg ke 3 : alas koran,  88 takir (akit 11) isi nasi merah muda, 88 keben isi nasi merah muda


Caru bebek bulu barak gula
sama dengan caru asu oranya 


Caru bebek belang kalung
brumbun 88


Caru asu
oranya 
ebeg, aled besar meplekir, agak diluanan sengkui 2 meikut, selanggi, peras tulung, banten danan oranya, . 
kanan bawah: kulit sayut, raka,  nasin peras 33 oranya, sampyan peras,   
kanan atas: raka, nasin sodan oranya 33, sampyan lasang
kiri bawah: raka, nasin sodan oranya 33, sampyan lasang
kiri atas: raka, tumpeng oranya 33, sampyan nagasari

aled meplekir yang kedua: 2 raka, 2 sampyan lasang, 3 celemik kanan isi nasi oranya, 3 celemik kiri isi: jagung rebus, sela rebus, pisang rebus, ubi rebus, keladi rebus, gula, garam, kelapa (sati celemik isi beberapa jenis) 

Caru kambing
gadang  66

Caru kebo 
brumbun
selem 44
barak 
putih 55


Tawur 

Tawur agung 

Caru Rsi Gana 


   Ibu sugih : pane (diameter 15 cm), aled bundar seperti tatakan        tamas, beras, benang, aled gulung seperti tabung kira-kira 20 cm,    peras tulung, matah-matah,  sang ibu, 4 pasang orti, 2 sampyan        pusung, 1 sangurip, 

Bagia : pane (diameter 15 cm), aled bundar seperti tatakan                  tamas, beras, benang, aled gulung seperti tabung kira-kira 15 cm,
   peras tulung, matah-matah, 

Pula sakedaton : 
Caru kebo
putih 55
selem 44 

Caru sampi/sapi :
barak 99  

Tawur agung :
9 nasi warna 
tenggara merah muda
barat daya oranya 
barat laut ijo 
timur laut abu-abu/klau


Caru Rsi Gana 

Rsi gana 
dulang, tamas meoncer, kulit sayut, raka, tulung rsigana misi nasi tangga 4 , 4 tulung sangkur misi nasi, peras tulung, payasan, 4 kuangen, kojong rasmen, sampyan .....nagasari, teterag, lis rsigana


Rsi Gana Alit  :
aled meplekir, beras, kebesan kampil, gantusan, raka, payasan, peras tulung, tumpeng agung mebedbed benang tebus, pis bolong satak, ceper tipat sari n sidapurna

catatan
caru kebo yi : caru siap 5 kuning n soroan pengambean
nyepi 2017


Senin, 13 Februari 2017

Banten Galungan





Tumpek uduh/pengatag
Sugian Jawa
Pengerebuan
Sugian Bali 
Penampahan 
Galungan

Tumpek uduh/pengatag
25 hari sebelum galungan yi sabtu wariga 
otonan tanaman 
Bantennya : dapetan untuk otonan, satsat, bubuh baas, canang

Sugian Jawa 
sodan

Pengerebuan
aled, raka, 2 tumpeng, kojong rasmen, peras tulung, payasan, sampyan pengambean,  banten sodan, tipat sari bagia

Sugian Bali
sodan

Penampahan 
biukaon, canang 
nancap penjor

Galungan
banten tumpeng 2, kojong rasmen,  raka, sampyan peras dan canang 


Sampyan Peras



Sampyan Peras


- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI




sampyan peras 


canang 


gantung-gantung








lamak





 Lamak 



banten tumpeng 2 




Penjor



 Sampyan penjor 




Jumat, 10 Februari 2017

Hindu pilihanku

yak ...... kitalah yang harus memutuskan kapan melakukan tradisi dan sebesar apa. Agama hindu flexible. Kita yang memilih berapa biaya untuk ritual dan kapan dilaksanakan. Dalam Bhagavad Gita disebutkan "persembahkanlah sekuntum bunga dan selembar daun padaKU".... gampang kan. Jika agama lain mudah maka kitapun mudah. Ritual tak bisa menjadi alasan.
Para Maharsi penerima wahyu Veda menjalani hidup disiplin mempraktekan trikaya parisudha. Disiplin melepaskan diri dari ikatan materi/duniawi. Tidak lagi terlibat dalam perjuangan duniawi, perebutan kekuasaan, penjarahan, perkawinan, hubungan seksual bahkan ikatan anak dan orang tuapun tidak ada. Membagi kasih yang sama baik pada anak sendiri maupun anak-anak lainnya. Yoga dan samadi. Setelah menjalani kehidupan spiritual bertahun-tahun barulah mendapatkan wahyu dalam keadaan anubawa (dalam keadaan menyatu dengan Tuhan). Ada 4 bahasa Veda, hanya satu bahasa yang disampaikan kepada umat manusia. 3 bahasa lainnya hanya bisa dipelajari
melalui yoga. (sumber Veda vakya balipost).
Yang paling dasar dari ajaran Hindu yi trikaya parisudha, trihita karana, yoga, berjapa, ritual kecil. Canang adalah intisari persembahan.

Dvaita & Advaita

Dagang Banten Bali


Dalam sebuah Webinar, ada pertanyaan menarik dari peserta: apa definisi “moksa”? Apakah itu berarti “atman menyatu dengan Tuhan” atau “atman tinggal di satu planet dan menjadi pelayanNya”?
Ini sesungguhnya bukan pertanyaan baru. Sebagai agama sangat tua, pertanyaan2 mendasar seperti itu sudah diajukan dan diperdebatkan sejak ribuan tahun lalu. Pembahasannya secara mendalam telah melahirkan aliran2 filsafat Hindu. Sankara (788-820 M) mengajukan konsep bahwa Brahman sajalah yang nyata, dunia ini tidak nyata dan Atman tidak berbeda dengan Brahman. Karena tidak berbeda, atman akhirnya akan kembali menyatu dengan Brahman. Filsafat ini dikenal dengan non-dualisme, Advaita. Atman dan Brahman adalah 1.
Pendapat Sankara dibantah Madhva (1238–1317 M) yang menyatakan bahwa sebagaimana halnya Brahman, alam semesta ini juga nyata, sehingga juga disebut faham realisme. Madhva berpendapat Atman jumlahnya banyak dan berbeda antara yang satu dengan yang lain, dan berbeda pula dengan Brahman. Karena berbeda, keduanya tak benar2 bersatu, karena tetap ada perbedaan kualitas diantara keduanya. Filsafat ini dikenal dengan dualisme, Dvaita. Atman dan Brahman adalah 2.
Kedua aliran filsafat ini kemudian juga berbeda dalam “menggambarkan” Tuhan. Advaita mengajukan konsep tuhan impersonal, nirgunam. Tidak ada bentuk bagi Brahman. Sementara Dvaita mengajukan konsep Tuhan personal, sagunam, dalam hal ini Sri Visnu dan awatara-awataranya (bukan hanya 10, melainkan sangat banyak). Tapi bahkan Advaitapun memerlukan bantuan idol, dan memuja ishta-dewata. Lebih ekstrim lagi, Sankara, mahaguru, filsuf Advaita, berkata “Bhaj Govindam Bhaj Govindam Bhaja Govindam — Pujalah Govinda, pujalah Govinda, pujalah Govinda”. Kita tahu Govinda adalah panggilan Krishna.
Seorang guru, ketika mengajarkan “Tuhan yang tidak terpikirkan” ditanya muridnya: bila Tuhan tidak terpikirkan, tanpa bentuk, mengapa kita memujanya bahkan dalam banyak sekali bentuk2 yg kita ciptakan? Sang guru tidak menjawab. Ia hanya minta murid mengambilkan air putih untuknya. Murid itu membawakan segelas air putih, lalu sang guru berkata “aku memintamu membawakan air, kenapa kamu bawakan gelas?”
Di ujung diskusi, peserta itu bertanya: lalu mana yang benar? Pembicara Webinar, seorang professor Hinduism dari Oxford, menjawab dengan bijak: “Karena kita bicara tentang DIA yang tidak terpikirkan, maka dua2nya benar”. Dan saya setuju dengan pembicara ini. Filsafat adalah metode pendekatan terhadap sesuatu, dan tentu saja Hindu memiliki tradisi sangat maju dalam menghormati setiap jalan, sebagaimana sabdaNya dalam Gita. Mirip seperti filsafat modern Materialisme dan Idealisme, dimana materialisme berpendapat, ide lahir dari materi. Materilah yang nyata dan dari materi muncul ide. Idealisme sebaliknya berpandangan, idelah yang muncul mendahului materi. Karena filsafat adalah metode berpikir, maka ia memungkinkan menerima kebenaran dari 2 yang nampak bertentangan.
Yang salah adalah bila kita menganggap hanya paham yang kita anut yang benar dan menuduh sesat yang lain. Apalagi sambil mencaci maki, tanpa mempelajari kedalaman kedua filsafat tersebut. Kalau kita ingin menangkap tikus, kita bisa memilih menggunakan kucing hitam atau kucing putih — tergantung warna kesukaan kita. Tapi jelas kalau kita bertengkar mana yang lebih baik diantara kucing hitam atau kucing putih, kemungkinan besar itu menjauhkan kita dari tujuan menangkap tikus.
Mari berlatih mengendalikan ego. Kurang2i mengadili. Perbanyak belajar. Semesta teramat luas untuk kita miliki sendiri. Tuhan teramat besar untuk kita klaim seorang diri.

Senin, 06 Februari 2017

RITUAL HOMA SEBAGAI KELOMPOK AJARAN BHUMI [ WAISHNAWA ].

Dagang Banten Bali

Ada berbagai cara manusia genius menyusun sebuah ajaran, diantaranya digali dari adat istiadat sebuah suku bangsa yang didalamnya terikat hukum adat dan kebiasaan moral yang tak tercatat sebagai ajaran.
Ketika ajaran digali dari sebuah suku maka manusia pintar tidak bisa begitu saja memasukan penggalian pengetahuannya sebagai intisari ajaran, melainkan hanyalah sebagai penyempurnaan.....jangan sombong !
Sebagai contoh ajaran yang digali dari suku bali yang telah memiliki ajaran pokok yang dikenal dengan " gama ghumi/tirta ", maka sehebat apapun teolog datang untuk mengklaim ajaran miliknya, tetap saja leluhur bali tidak akan memberi tempat terdepan, melainkan hanyalah sebagai ajaran tambahan.
Ajaran Agni Mandala yang dikenal dengan Homa diklaim sebagai ajaran pemujaan api oleh sekelompok orang ( sampradaya ) dibawah panji hukum weda sebagai advokasinya. Bisa saja tampaknya sama, namun ketika praktek akan terlihat manfaat yg berbeda dan landasan spiritnya yang jauh menyimpang.
Ajaran Bali kuno dengan segenap ajaran yang digali dari kesadaran dirinya sebagai manusia (ajaran bhumi ) memaknai Homa adalah ajaran pembangkitan energi, bukan segampang begitu saja menerima ajaran lain ( ajaran langit/nabi ) yang melakukannya dengan memuja api ?#.
Maka kami sebagai penggali dan pengembang ajaran bhumi melakukan ritual homa pada landasan utamanya yakni ; penarikan energi dari bhumi, memiliki dewi pujaan adalah Dhurga, mandala surganya adalah dibhumi, tempat sucinya tetaplah pada gunung, danau dan samudra serta masih banyak lagi ciri ajaran bhumi yang sangat berkualitas dibandingkan dengan membawa ajaran langit yang jauh sekali dari mamfaat dibhumi.
Homa masyarakat bali kuno mengedepankan pada formulasi energi yang ditarik dari bhumi ( bhuta ), lalu disempurnakan dengan sifat kedewataan manusia melalui jambhala samadhi, barulah energi yang dikenal dengan divarupa tersebut dapat dijadikan sosok dewata atau bhatara sekala yang dilinggihkan disebuah tempat yang disebut sanggah.
Intisari dari ajaran bhumi tersebut adalah kesadaran yang tertinggi manusia terletak pada kesempurnaan yang melakoni kehidupan sebagai dewa, dalam bahasa standarnya adalah teladan dan pelayanan ( Seva ), lama-lama menjadi ajaran Siwa.......para kerbau ( Nandi ) menyembah sebagai tuhan.
Kesadaran utama pada diri sebagai insan atau urip yang sejati dalam rangka mengelola alam yang didalamnya terdapat kehidupan hewan dan tumbuhan, maka saat itu seharusnya manusia sadar bahwa dirinya adalah sang pemelihara, dalam bahasa teologinya adalah sanghyang wishnu, maka ajarannyapun dikenal dengan kawaishnawaan.
Kawaishnawaan inilah yang diabaikan oleh para kerbau sehingga lupa dirinya adalah manusia, manusia yang berkesadaran dewa, dewa yang melindungi dan membantu proses kehidupan seluruh mahluk dialam semesta. Ketika kesadaran ini muncul maka seluruh rahasia alam akan bisa diamati oleh para bhujangga, dan kesadarannya berbuah kebajikan yang dikenal kabuddhaan.
Ajaran langit yang dikenal dengan ajaran nabi/nabe pasti memiliki keterikatan pada ajaran nabenya maka itu tidak salah dinyatakan sebagai ajaran dogmatis, ajaran yang sangat dangkal pada ranah spiritual, penuh klaim pembenaran, dan selalu membawa konflik sepanjang sejarah.
Sebaliknya ajaran-ajaran yang digali dibhumi yang digali melalui sadhana spiritualitas yang matang serta disiplin moral yang sangat tinggi, dan menjamin kehidupannya pada jalur kedamaian dan kebahagiaan lahir bathin.
Ajaran ini juga selalu mengembangkan sistem keagamaannya pada kebudayaan yang teraplikasi pada tradisi dimasing-masing daerah, berbeda tradisi namun tetap pada kesamaan dasar yang menjaga kualitas keindahan ( sundaram ).
Bila Tuhan diyakini sebagai pemegang kuasa atas ajaran-ajarannya, maka apakah Tuhan sendiri yang menulis Weda sehingga manusia harus tunduk, demikianlah seharusnya para penyebar agama langit memiliki kesadaran, dan disana pula mereka harus mengakui bahwa mereka telah diperbudak oleh orang lain sebagai kerbau.
Tuhan pada pandangan pemegang ajaran bhumi ( kawaishnawaan ) adalah sebuah hukum sebab akibat ( karma ) dan sebuah sumber energi yang tak terbatas sebagai objek spiritual disaat mengemban tanggungjawabnya, demikianlah ajaran Bhujangga dan Bodha dimasa lalu.
Dari karakter yang berbeda inilah semestinya kita saling mengingatkan diri pada kualitas ajaran, bukan saling menyalahkan apalagi merendahkan ajaran orang lain, untuk itu perlu diadakan sebuah dialog atau diskusi sebelum menyebarkan ajaran pada suku atau kelompok masyarakat yang telah memiliki ajaran yang mendasar.

TAPAK DARA DAN SWASTIKA


Dagang Banten Bali

CARA MUDAH DAPAT UNTUNG DARI TRADING FOREX KLIK DISINI

Symbol Tapak Dara dan Swastika ditemukan di peradaban Lembah Sungai Indus, dari masa 2800 SM–1800 SM, merupakan suatu peradaban lawas yang hidup sepanjang Sungai Indus dan sungai Ghaggar-Hakra yang sekarang merupakan wilayah Pakistan dan India Barat. Peradaban ini sering juga dinamakan sebagai Peradaban Harappan Lembah Indus, karena kota penggalian pertamanya dinamakan Harappa, atau juga Peradaban Indus Sarasvati.
Symbol ini kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Nusantara.
Tidak elok bila kemudian kita menyebutnya symbol/ajaran import, sejatinya dulunya/awalnya dunia ini adalah satu spiritual, weda itu satu, agama itu satu, dharma itu satu, "tidak ada istilah ekspor impor ajaran yg akhir² ini diviralkan"
Tapak Dara dan Swastika itu simple penuh makna, mengajarkan kepada kita utk mengalirkan jiwa kedalam, bukan memperdebatkannya di sisi luar sbg ekspor impor.
Apa sebenarnya tapak dara itu ...?
Tapak dara bersumber dari bentuk Swastika yang menjadi simbol Agama Hindu di Bali juga merupakan simbol Dewa Ganesa, dalam sebuah penelitian iconografi di Subak Bubunan terhadap arca Ganesa dengan sikap Swastikasana yang berfungsi untuk menolak malapetaka dan simbol keharmonisan untuk mencapai kesejahteraan.
Simbol tapak dara dan Swastika ini kemudian diimplementasikan dalam Tri Hita Karana. Yaitu keseimbangan dan keharmonisan antara hubungan dengan Tuhan dengan sesama dan dngn alam.
Dengan demikian penggunaan tapak dara bertujuan untuk mendapat keselamatan secara sekala dan niskala
Tergantung sekarang situasi kondisi dan keperluan. Apabila ada wabah akibat hal hal gaib biasanya dipergunakan pamor . Pamor simbol Siwa / putih. dalam buku Upakara Yadnya dijelaskan penggunaan pamor sirih dan Gambir sebagai simbol Tri Murti sirih simbol Wisnu Gambir simbol Brahma dan Pamor simbol Siwa
Mengapa pamor digunakan untuk membuat tapak dara? karena Beliau yang menguasai para Ghana dan tapak dara sbg Simbol Ganesa karena Beliau yang memimpin para Ghana, yaitu pasukan Dewa Siwa yang terdiri dari berbagai mahluk halus raksasa pisaca roh dedemit dan sebagainya.
Dengan demikian ketika kita menggunakan pamor untuk membuat tapak dara maka kita secara tidak langsung memohon perlindungan Dewa Siwa dan Ganesa agar kita terhindar dari segala penyakit atau hal hal negatif yang diakibatkan oleh unsur bhuta atau Niskala lainnya

Minggu, 05 Februari 2017

Tuhan Asli Bali Purba

Dagang Banten Bali


//Pemujaan Datonta di Trunyan adalah contoh paling arkais, bahwa sebelum kedatangan dewa-dewa India, Bali telah memiliki kepercayaan asli. //
Bali Kuna ternyata memiliki sejarah peradaban Tuhan tersendiri sebelum ia kena pengaruh kebudayaan India. Istilah Brahma, Wisnu, dan Siwa yang kini lebih mengakar di Bali terang memiliki sejarah lain -- sebagai "hak milik yang didatangkan dari luar. Teks-teks tua semisal; Tantu Panggelaran, Kakawin Usana Bali, memberi penjelasan tidak langsung, bagaimana "aryanisasi" itu dilakukan di Bali, termasuk bagaimana "dewa-dewa luar" itu jenak di Bali, dan kini menjadi bagian utuh dari kepercayaan orang Bali.
Nun di abad purba, sebelum kebudayaan India mempengaruhi Bali, pulau ini bukanlah wilayah tanpa peradaban Tuhan. Pemujaan Datonta di Trunyan adalah contoh paling arkais, bahwa sebelum kedatangan dewa-dewa India, Bali telah memiliki kepercayaan asli. Datonta atau disebut juga Ratu Sakti Pancering Jagat, merupakan dewa tertinggi orang Trunyan, dianggap sebagai Batara Katon, dewa yang dapat dilihat.
Selain itu, orang Trunyan juga memuja Ratu Ayu Pingit Dalem Dasar, permaisuri dari Ratu Sakti Pancering Jagat. Penduduk di Trunyan memahami ini sebagai Dewi Danu, karena memang bersama sang anak, Ratu Gde Dalem Dasar, sosok dewa ini dipercaya sebagai penguasa Danau Batur. Toh tidak cuma orang Trunyan memiliki dominasi Tuhan seperti itu, di seluruh Bali, di wilayah-wilayah peradaban lebih kuna senantiasa ada sebutan-sebutan untuk aspek kedewataan asli Bali. Sebut saja misalnya Ratu Maduwe Jagat, sebuatan untuk penguasa danau di Pura Batur.
Sebutan-sebutan kedewataan seperti Ratu Sunaring Jagat, panggilan untuk penguasa laut, atau sebutan Tuhan lokal semisal Ratu Manik Maketel, Ratu Mas Magelung, Ratu Gede Basang Bedel, Ratu Gede Purus Mandi, Ratu Gede Penyarikan, adalah contoh asli di mana aspek kedewataan itu sampai kini tetap akrab di Bali. Untuk pemujaan pada leluhur misalnya, orang Bali kuna kerap menyebut leluhurnya dengan Kaki Patuk untuk leluhur laki, Nini Patuk untuk leluhur wanita.
Tentu tak cuma aspek kedewataan saja yang bisa ditemukan dengan sebutan asli Bali. Ritual-ritual penting pun tetap bisa dirujuk ke wilayah paling kuna. Dalam upacara kesuburan, upacara penolak bala misalnya, dominasi Bali purba tetap dipraktikan utuh.
Banyak bukti bisa dirunut dari upacara pemujaan kesuburan zaman Bali purba. Dari amatan Made Sutaba, manakala manusia Bali purba memasuki masa bertani, upacara pemujaan pada dewi kesuburan jelas menjadi ritus utama dari ritus-ritus yang lain. Temuan tahta batu yang tersebar di sawah-sawah maupun tegalan di sejumlah desa-desa purba di Bali, menunjukkan betapa kuatnya pemujaan kesuburan kala itu. Di daerah Tabanan, semisal Desa Penebel tahta batu ini disebut pengrasak, di Buleleng disebut pepupun, sementara di Teja Kula, wilayah Buleleng timur dikenal dengan sebutan batu kukuk. Memasuki zaman lebih kemudian, pemujaan kesuburan dihadirkan dalam bentuk Celak Kontong Lugeng Luih. Berupa simbol kemaluan laki-laki dan wanita dalam adegan sanggama – yang dalam penamaan kemudian dihadirkan sebagai simbol lingga yoni, yakni personifikasi Siwa sebagai mahapencipta.
Laporan menarik dilakukan Purusa Mahaviranata (almarhum) berkaitan dengan ritus kesuburan di Desa Kayu Putih, Buleleng. Dikatakan, di Pura Desa Bale Agung desa setempat terdapat peninggalan berbentuk silinder yang diujungnya digambarkan bentuk kemaluan laki-laki secara naturalis kemudian dimasukkan ke dalam batu berlubang berbentuk lesung. Pelinggih ini mempunyai pemimpin upacara khusus disebut Kabayan. Pelinggih dan simbol batu yang dipuja di tempat ini disebut “Dewa Gede Celak Kontong,” mengingatkan orang pada pemujaan yang sama di Dalem Tamblingan. Palinggih ini sangat penting artinya dalam alam kepercayaan masyarakat, sehingga pada waktu upacara ‘ngusaba’ dan upacara ‘nangluk merana’ diadakan upacara dihadapan palinggih ini dan sebelumnya diadakan ‘mendak tirta’ ke Pura Munduk Luhur yang dianggap oleh masyarakat sebagai tempat memberikan kesuburan.
Di Bali selain pemujaan kesuburan lewat penghadiran Dewi Sri, pemujaan pada “tokoh” bernama Men Burayut, dengan atribut payu dara subur, dikerubuti banyak anak juga merupakan citra dari pemujaan kesuburan masyarakat Bali. Demikianlah ketika sistem kepercayaan orang Bali lebih tertata, hari pemujaan kesuburan dimasukkan dalam sistem kalender pawukon, datangnya setiap 210 hari, lazim disebut Tumpek Bubuh, diperuntukkan khusus untuk penghormatan pada tumbuh-tumbuhan. Sementara penghormatan untuk kesuburan binatang peliharaan dilakukan pada hari Tumpek Uye. Dari seni tampak kian jelas, bahwa kategori-kategori Indianisasi pada sejumlah upacara di Bali nyaris tiada berdasar. Justru sebaliknya, dilakukan penyegaran dan penamaan baru. Pemujaan kesuburan memang merupakan tradisi dunia, tidak menunjukkan dominasi kultur pendatang.
Upacara-upacara seminal ngusaba nini, bajang colong dalam upacara manusa yadnya, upacara kurban sapi yang lazim disebut jaga-jaga, dan banyak upacara khas Bali harus dirujuk hulunya pada peradaban Bali purba. Banyaknya temuan gundukan batu pemujaan, menhir, teras berundak, dan bentuk-bentuk pemujaan yang mempergunakan batu, semata menunjukkan peradaban Bali purba telah memiliki kepercayaan pada kekuatan –kekuatan alam – yang mana dalam peradaban Bali kemudian diterjemahkan sebagai kekuatan-dewa dewa penguasa alam. Maka berkomentarlah Dr Van der Hoop, tokoh terkemuka bidang arkeologis, bahwa pura-pura kuna di Bali tidak bisa ditelusuri asal-usulnya dari candi-candi India, tetapi harus dicari pada tempat-tempat suci atau tempat-tempat pemujaan berbentuk batu, megalitik.
Merujuk temuan paling purba di Pura Batu Madeg, Besakih, Made Sutaba membenarkan komentar Van der Hoop, bahwa cikal bakal Pura Batu Madeg adalah pemujaan batu megalitis, batu tegak sebagai simbul pemujaan roh leluhur, karena itu pura itu disebut Batu Madeg, batu tegak. Pura Besakih yang terdiri dari 86 gugusan pura-pura, pada awalnya merupakan pemujaan purba punden berundag-undag, tempat pemujaan roh leluhur. Menurut Sutaba, orang Bali purba sangat memulikan tempat-tempat tinggi, terutama gunung, karena orang Bali purba sangat percaya, bahwa di gunung yang tinggi itulah roh nenek moyang mereka bersemayam. Barangkali pemujaan pada Ratu Bukit dalam wujud laki-perempuan di teras teratas gugusan Pura Besakih merupakan palinggih tertua, bisa jadi tinggalan paling purba dari peradaban Besakih kini.
Kelenturan peradaban Bali purba menghadapi pengaruh asing ternyata tidak mengikis wajah aslinya. Maka akan keliru mencari rujukkan upacara asli Bali ke sumber-sumber teks India. Upacara semisal saba di Trunyan saba di Tigawasa jelas merujuk pada tradisi lampau, saat Bali belum kena pengaruh Hindu, lebih khusus lagi Hindu Majapahit.
Sepanjang sejarah masuknya pengaruh Hindu di Bali memang tidak menunjukkan ada tanda-tanda vandalisme, pemusnahan tradisi asli. Di Bali sebagaimana dikatakan Dr. A.J. Bernet Kempers, masa lampau dan masa sekarang adalah satu, utuh dalam paduan harmoni. “Dan orang Bali dahulu tidaklah lebih buta daripada kita terhadap pengaruh yang meluhurkan jiwanya,” kata Kempers penulis buku Bali Purbakala (1956).
Bali, menurut penilaian Kempers, yang kini masih sangat penuh akan kehidupan keagamaan dan kesenian, tentunya di masa lampau menjanjikan gambaran yang sangat menarik ketika cara-cara hidup Indonesia kuno berhadapan dengan kebudayaan Hindu, dan dapatlah sangat baik dibandingkan dengan sejarah kebudayaan Jawa dahulu: hanya tentu saja dengan coraknya sendiri. Untuk pengertian yang lebih baik dari apa yang dapat dinamakan “penghidupan secara Indonesia dengan secara Hindu” dan dari kebudayaan Indonesia pada umumnya, maka pengetahuan tentang Bali kuna ternyata tak dapat diabaikan.
Merujuk Bali Majapahit sebagai satu-satunya acuan berpikir dan tentu sama artinya dengan mengelebui peradaban. Dan sejarah tidak membuat orang kian cerdas ketika politik dominasi merajalela. Maka ketika orang bicara tentang peradaban Bali, sudilah menengok kearifan masa silam, di mana manusia Gilimanuk membangun peradaban sendiri – dan budaya agama kealaman kini belum tentu setara dengan pencapaian mereka.