Jumat, 10 Februari 2017

Hindu pilihanku

yak ...... kitalah yang harus memutuskan kapan melakukan tradisi dan sebesar apa. Agama hindu flexible. Kita yang memilih berapa biaya untuk ritual dan kapan dilaksanakan. Dalam Bhagavad Gita disebutkan "persembahkanlah sekuntum bunga dan selembar daun padaKU".... gampang kan. Jika agama lain mudah maka kitapun mudah. Ritual tak bisa menjadi alasan.
Para Maharsi penerima wahyu Veda menjalani hidup disiplin mempraktekan trikaya parisudha. Disiplin melepaskan diri dari ikatan materi/duniawi. Tidak lagi terlibat dalam perjuangan duniawi, perebutan kekuasaan, penjarahan, perkawinan, hubungan seksual bahkan ikatan anak dan orang tuapun tidak ada. Membagi kasih yang sama baik pada anak sendiri maupun anak-anak lainnya. Yoga dan samadi. Setelah menjalani kehidupan spiritual bertahun-tahun barulah mendapatkan wahyu dalam keadaan anubawa (dalam keadaan menyatu dengan Tuhan). Ada 4 bahasa Veda, hanya satu bahasa yang disampaikan kepada umat manusia. 3 bahasa lainnya hanya bisa dipelajari
melalui yoga. (sumber Veda vakya balipost).
Yang paling dasar dari ajaran Hindu yi trikaya parisudha, trihita karana, yoga, berjapa, ritual kecil. Canang adalah intisari persembahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar