Kamis, 15 Desember 2016

Tentang Krishna

Dagang Banten Bali

CARA MUDAH DAPAT UNTUNG DARI TRADING FOREX KLIK DISINI

Veda Sruti yg terdiri dari Rg, Yajur, Sama dan Atharva ditulis oleh murid2 Rsi Vyasa, Rg veda oleh Rsi Pulaha, Yajur oleh Rsi Vaisampayana, Sama veda oleh Rsi Jaimini dan Atharva oleh Rsi Sumantu. Veda Sruti (catur veda ) ini terdiri dari bagian MANTRA, BRAHMANA, ARANYAKA dan UPANISAD. Bagian Upanisad, spt kena upanisad, chandogya, aruni, jabali, savitri, avyakta, yoga cudamani dst..3. YAJUR mantra dan Brahmana mengupas tentang yadnya dan Aranyaka tentang komentar para Rsi sehubungan dg yadnya. Bagian UPANISAD mengupas tentang BRAHMAN (Tuhan) dan Atma. Pada tataran UPANISAD inilah ajaran Spiritual dimulai shg ayat2 tentang Tuhan dan atma termuat di UPANISAD. Masing2 dari catur veda terdiri dari upanisad-upanisad yaitu: 1. RG VEDA terdiri dari 10 upanisad (maaf saya tidak tulis seluruhnya), spt aitareya upanisad, kausitaki, nirvana, Tripura, aksamalika dst…2. SAMA VEDA terdiri dari 16 VEDA terdiri dari 51 upanisad spt svetasvatara upanisad, NARAYANA upanisad, katha, sariraka, avadhuta, yogakundalini Brihand aranyaka, KALISANTARANA upanisad, brahmavidya dst.. 4. ATHARVA VEDA terdiri dari 31 Upanisad spt Prasna upanisad, mundaka, mahanarayana, pasupata, ganapati, mahavakya, GOPALTAPANI, KRISHNA upanisad, hayagriva, garuda, Annapurna, surya upanisad dst….total semua ada 108 kitab upanisad dalam CATUR VEDA SRUTI. JADI mengutif salah satu dari kitab upanisad ini tentang Sri Krishna berarti mengutif VEDA SRUTI yg notabene sebelum Krishna Turun ke Bhumi, ini membuktikan bahwa Krishna abadi, tiada berawal dan tiada berakhir. Contoh kutipan Dari Atharva Veda Gopaltapani upanisad (1.1):
sac-cit ananda rupaya krsnaya klista karine,
namo Vedanta-vedyaya gurave buddhi saksine.
Artinya; hamba menyampaikan sembah sujud pada Sri Krishna yang berbentuk rohani kekal, penuh pengetahuan dan penuh kebahagiaan, mengerti tentang Krishna berarti mengerti tentang veda dan kesimpulan veda krn itu Sri Krishna adalah Guru yg paling utama.
Yo’brahmanam vidadhati purvam yo vai vedams ca gopayanti sma krsnah, artinya: Krishnalah yg pada awalnya mewahyukan veda pada Dewa Brahma dan selanjutnya Brahma menyebarkan veda setelah itu (gopaltapani 1.24). 


Krishno vai paramam daivatam , artinya Sri Krishna adalah wujud Tuhan Yang Maha Esa, (gopaltapani upanisad 1.3).
eko’pi san bahudha yo’vabhati, Artinya: Krishna adalah satu, tetapi Krishna terwujud dalam bentuk penjelamaan2 yg tak terhingga (gopaltapani upanisad 1.21).
om krishno vai sac-cid-ananda-ghanah
krishna adi purushah
krishnah purushottamah
krishno ha u karmadi mulam
krishnah saha sarvai-karyah
krishna kasham krid-adisha mukha-prabhu-pujyah
krishno nadis-tasmin-ajandantar bahye
yam-mangalam tal-labhate kriti
”Warna Sri Krishna bagai awan menjelang hujan, krn itu Beliau diumpamakan bagai awan rohani yg penuh kekekalan, pengetahuan dan kebahagiaan. Beliau adalah Kepribadian awal, beliau adalah asal mula dari segala aktivitas dan hanya beliaulah penguasa segala sesuatu. Sri Krishna adalah Tuhan sesembahan semua deva yg terbaik, Beliau pengendali Brahma, Vishnu dan Siva. Krishna tiada berawal. Kemujuran apa pun yg ada di dalam dan diluar alam semesta ini hanya didapatkan pada Krishna Sendiri” (Atharva veda Krishnopanishad)
dan Bahkan Maha Mantra Hare Krishna yg menjadi Yuga Dharma di jaman kali ini yg menjadi mantra utama Kesadaran Krishna justru termuat dalam YAJUR VEDA KALISANTARANA UPANISAD: sa hovaca hiranya –garbhah,”hare Krishna hare Krishna Krishna Krishna hare hare / hare rama hare rama rama rama hare hare, iti sodasakam namnam kali kalmasa nasanam natah paratarohpayah sarva vedesu drsyate, iti sodasa kalavrtasya jivasyavarana vinasanam tatah prakasate param brahma meghapaye ravirasmi mandaliveti, Artinya maha mantra Hare Krishna yg terdiri dari 16 kata adalah penghacur mala di jaman kali yuga, yg menyucikan panca mahbhuta dan panca tan mantra, pikiran kecerdasan dan ego yg menutupi sang jiva. Kemudian Tuhan (Param Brahma) muncul pada sang jiva bagai mentari menghalau awan kegelapan..


- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

Rabu, 14 Desember 2016

Sanggah cucuk






Sanggah cucuk is the triangle shaped sanggah made from bamboo. it has the meaning as "pemucuk" or the start of human life. it also the symbol of self purifying so it is placed many of ferings. 
Sanggah cucuk adalah sanggah berbentuk segitiga terbuat dari bambu. Memiliki arti sebagai "pemucuk" atau awal kehidupan manusia. Itu juga simbol dari penyuciian diri sehingga ditempatkan banyak persembahan. 

Sanggah cucuk usually present during "mecaru" and other holyday of the tradition Hindu Bali. During Galungan, sanggah cucuk is placed next to the penjor.

Sanggah cucuk biasanya hadir saat "mecaru" dan perayaan lain dari tradisi Hindu Bali. Ketika Galungan, sanggah cucuk ditempatkan di samping penjor.




- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

Senin, 12 Desember 2016

ASAL USUL WUKU

Dagang Banten Bali



LEGENDA ASAL USUL WUKU (PAWUKON)
Wuku adalah perlambang dari sifat-sifat manusia yang dilahirkan pada hari-hari tertentu seperti layaknya horoskop atau perbintangan yang kita kenal. Adapun maksud dan tujuan diciptakan wuku oleh para leluhur Jawa, adalah untuk mengetahui karakter manusia pada sisi kebaikkan dan keburukkannya, saat-saat sialnya, dan doa penangkal dan keselamatannya. Adapun sejarah asal-usulnya wuku yang berjumlah 30 macam sebagai berikut :
Di ceritakan ada dua putri bersaudara yang bernama dewi Shinta dan dewi Landep, dua-duanya diperistri oleh seorang pandita yang bernama Resi Gana., Resi Gana ini adalah putra dari Bethara Temburu dalam ceritanya dalam memperistri dua putri tersebut, Resi Gana belum mendapatkan putra dan cintanya dikarenakan usianya yang sudah tua serta buruk rupa, pada suatu malam karena cinta kasihnya pada salah satu istrinya ( Dewi shinta ) sang Resi mendapatkan kekecewaan karena perilaku sang Dewi Shinta tersebut.
Sehingga menyebabkan sang Resi menjadi muksa ( menghilang secara gaib ). Pada saat itu sang Resi sempat mengucap / bersabda kepada Dewi Shinta “ Pada suatu kelak nanti wiji yang tertanam dalam rahimnya akan menghasilkan anak laki-laki agar diberi nama “Raden Watu Gunung “.
Singkat cerita Dewi Shinta akhirnya hamil dan mendapatkan seorang anak laki-laki yang diberi nama seprti sabda tersebut, sang bayi menjelang akhir dewasa nafsu makannya luar biasa / tidak lumrah seperti bayi-bayi yang lain, hingga pada sutau saat ketika Dewi Shinta menanak nasi Raden Watu Gunung mengis sesengguhan, saking kesalnya Dewi Shinta memukul dengan entong ( sendok nasi ) kemudian Watu Gunung kecewa sekali lalu pergi tanpa pamit.
Setelah selesai menanak nasi Dewi Shinta mencari putranya, akan tetapi tidak pernah ketemu. Saking susah hatinya Dewi Shinta dibantu Dewi Landep bertapa di pedepokan ( rumahnya ) dalam pertapaannya akhirnya dua putri tersebut mendapatkan kesaktian yang luar biasa, sehingga banyak pandita-pandita yang lain banyak belajar ilmu dan ingin melamarnya. Tetapi semuanya ditolak, bahkan ada seorang resi yang sangat sakti pun yaitu Resi Tama bahkan ingin memaksanya untuk memperistrinya. Hal ini mengakibatkan dua putri tersebut lari tunggang langgang, inipun masih dikejar resi Tama.
Para Pandita yang lain mendaptkan kabar ini akhirnya berbalik menjadi belas kasihan dan akhirnya memburu sang Resi Tama. Dalam peperangan sang Resi Tama dapat mengalahkan semua resi-resi tersebut, bahkan terus mengejar dua putri tersebut sampai ke negara Medangkamulan dengan rajanya Manuk Madewa yang masih berdarah betara Brahma, dengan patihnya berjuluk Patih Citro Dana. Di negara inipun sang Prabu Manuk Madewa juga kasamaran terhadap kecantikan kedua putri tersebut. Sang Putri agaknya mau dengan syarat : “ Bisa mengalahkan sang Resi Tama yang mengejar-ngejar tersebut “ akhirnya dikerahkan bala tentara untuk memerangi sang resi Tama dibawah pimpinan patih Citra Dana, namun dalam peperangan tersebut prajurit dari negeri Medang Kamulam kocar-kacir.
Diceritakan Raden Watu Gunung setelah terpukul oleh entong ( sendok makan ) tersebut sampai di hutan Selo Gringging, luka dikepala akibat pukulan ibunya akhirnya sembuh sendiri dan berbekas. Pada suatu saat Raden Watu Gunung bertemu dengan masyarakat di sekitar hutan tersebut yang sedang mengadakan kendurian atau keselamatan, Raden Watu Gunung ikut dalam selamtan tersebut namun banyak melahap makanan yang disajikan diluar batas kewajaran. Sehingga mengakibatkan kemarahan masyarakat akhirnya dianiaya berramai-ramai, dalam penganiayaan tersebut ternyata Raden Watu Gunung tidak merasakan kesakitan bahkan terus melahap makanan yang tersaji, hal ini mengakibatkan keheranan masyarakat yang akhirnya malah sang Raden Watu Gunung dijadikan Raja diwilayah tersebut, bahkan dibuatkan keraton dan diangkat raja dengan gelar Prabu Watu Gunung.
Pada suatu ketika sang Prabu mendengar cerita bahwa di negara Medang Kamulan terjadi peperangan yang disebabkan seorang Resi Tama sedang memperebutkan dua orang putri yang cantik jelita, sehingga Prabu Watu Gunung pun ingin ikut memperrebutkannya. Akhirnya Prabu Watu Gunung bertolak ke negara Medang Kamulan lalu berhadapan langsung dengan sang Resi Tama. Bahkan akhirnya dapat mengalahkan Resi Tama. Namun ketika Resi Tama dapat dikalahkan Raden Watu Gunung, yang terdengar kabar di istana Medang Kamulan adalah patihnya yang bernama Citra Dana dalam perjalanannya menuju ke istana sang patih tersebut dielu-elukan, bahkan sang Prabu Manuk Madewa ikut membangga-banggakan atas kesaktian patihnya. Hal ini terdengar oleh Prabu Watu Gunung, yang menyebabkan kekecewaannya.
Singkat cerita terjadi peperangan lagi antara Prabu Watu Gunung dengan Prabu Manuk Madewa yang akhirnya Prabu Manuk Madewa tewas. Dan akhirnya menjadi raja di Medang Kamulan yang kemudian kerajaan tersebut diganti nama negara Giling Wesi, bahkan dua orang putri tersebut diangkat sebagai permaisurinya. Diceritakan lagi setelah menjadi istri sang Prabu Watu Gunung, dewi Shinta melahirkan putra yang selalu kembar sampai 13 kali ( kecuali yang nomor 14 ) sehingga jumlah putra sang prabu 27 :


1. Raden Wukir kembar dengan Raden Kurantil
2. Raden Tolu kembar dengan Raden Gumbreg
3. Raden Warigalit kembar dengan Raden Warigagung
4. Raden Djulungwangi kembar dengan Reden Sungsang
5. Raden Galungan kembar dengan Raden Kuningan
6. Raden Langkir kembar dengan Raden Mandasija
7. Radem Djulungpujud kembar dengan Raden Pahang
8. Kuruwelut kembar dengan Raden Marakeh
9. Raden Tambir kembar dengan Raden Madangkongan
10. Maktal kembar dengan Raden Wuje
11. Raden Manail kembar dengan Raden Prangbakat
12. Raden Bala kembar dengan Raden Wugu
13. Raden Wajang kembar dengan Raden Kuwalu
14. Raden Dukut tidak kembar
Kemudian pada suatu ketika Dewi Shinta diperintahkan untuk mencari kutu di kepala Sang Prabu Watu Gunung, betapa terkejutnya sang Dewi Shinta melihat bekas luka kepala sang prabu, yang mengingatkan kejadian putranya di waktu dulu, sang prabu bahkan sempat menceritakan asal mualasan luka tersebut, yang ternyata Dewi Shinta adalah ibunya sendiri terjadilah keharuan yang luar biasa, betapa berat cobaan hidup ini, dan betapa memalukan kejadian ini.
Sehingga diniatkan jangan sampai rahasia ini diketahui orang lain, sambil menangis Dewi Shinta berkata “ Sababing Karuna Ajalaran Saking Kepengine Duwe Maru Widodari Kahyangan “ yang artinya tangisnya dikarenakan keinginan untuk mengawinkan anaknya dengan sang bidadari kahyangan. Dikarenakan keterlanjuran cintanya pada sang dewi Shinta sang Prabu mengumpulkan semua putranya dan memerintahkan prabu Raden Prangbakat untuk naik ke kahyangan bertemu dengan Bathara Guru lalu memohon seorang bidadari bernama Dewi Sri untuk diperistri sang Prabu dengan cara tebak-tebakan.
Diceritakan di kahyangan: Djunggring Salaka Sang Hyang Guru : Resi Narada didatangi oleh Raden Prangbakat atas pesan bapaknya : dengan membawa dua buah ayam peking dimana Bathara Guru (putra Bathara Wisnu) dipersilahkan menebak mana yang jantan dan mana yang betina. Bathara Wisnu menjawab “yang betina adalah yang bertelinga bolong dan yang jantan yang bertelinga mampat”. Namun dalam ceritanya di kahyangan niat Watu Gunung dianggap merusak tatanan wilayah kahyangan kemudian Bathara Wisnu memimpin untuk (Ngluruk)-mendatangi sang Prabu di Gilingwesi akhirnya terjadilah peperangan para dewa dengan sang prabu didahului dengan perang putra-putra sang prabu yang dikepung oleh pasukan para dewa.
Dalam peperangan tersebut yang dipimpin oleh Prabu Watu Gunung sendiri ternyata sulit dikalahkan. Akhirnya Bathara Wisnu mencari tahu kelemahan sang prabu dari putranya sendiri yaitu Raden Srigati yang kemudian Raden Srigati mengutus Wil Awuk sebagai mata-mata untuk mengetahui kelemahan Watu Gunung. Wil Awuk merubah dirinya menjadi ular kecil (ulo kisi) diceritakan Wil Awuk berhasil masuk ke tempat pelaminan sang prabu yang pada saat itu sedang menceritakan tentang kesaktiannya kepada sang Dewi Shinta yang disana sempat diceritakan tentang rahasia kelemahan sang prabu dimana hari naasnya jatuh pada hari anggara kasih jam 12 siang (bedug awan) yaitu pada hari yang sama saat kelahiran Raden Galungan yang juga bersamaan saat Watu Gunung mengalahkan Prabu Manuk Madewa. Kelemahan ini akhirnya digunakan oleh Bathara Wisnu untuk menumpas kerajaan Gilingwesi dan akhirnya tumpaslah sudah kerajaan tersebut.
Pada akhirnya diceritakan Dewi Shinta dan Dewi Landep masih hidup dan menangis memohon Sang Hyang Jagad Noto untuk memohon keadilan kemudian turunlah Resi Narada diutus untuk memberitahukan sebab musababnya yang ternyata disebabkan kesalahannya sendiri yaitu memberitahukan kelemannya kepada Sang Dewi Shinta dimana terdengar oleh Wil Awuk.
Sebagai gantinya sang dewi akan dikabulkan permintaannya asalkan tidak meminta hidupnya kembali sang Watu Gunung besarta putranya sedangkan permintaan sang dewi Shinta hanya ingin Watu Gunung dan semua putranya dimaafkan kesalahannya dan masuk surga bersama-sama dengan dewi Landep. Permohonan ini dipenuhi oleh Sang Hyang Jagad dimana urut-urutan masuk surga adalah :
1. Dewi Shinta
2. Dewi Landep
Kemudian diikuti ke-27 putranya yang terakhir Watu Gunung (no 30) oleh Bathara Wisnu ke tiga puluh nama tersebut dijadikan dasar perhitungan Wuku.
Sinta – Batara Yama (Ahad Pahing – Sabtu Pon)
Landep – Batara Mahadewa (Ahad Wage – Sabtu Kliwon)
Wukir, Ukir – Batara Mahayakti (Ahad Legi – Sabtu Pahing)
Kurantil, Kulantir – Batara Langsur (Ahad Pon – Sabtu Wage)
Tolu, Tulu – Batara Bayu (Ahad Kliwon – Sabtu Legi)
Gumbreg – Batara Candra (Ahad Pahing – Sabtu Pon)
Warigalit, Wariga – Batara Asmara (Ahad Wage – Sabtu Kliwon)
Warigagung, Warigadian – Batara Maharesi (Ahad Legi – Sabtu Pahing)
Julungwangi, Julangwangi – Batara Sambu (Ahad Pon – Sabtu Wage)
Sungsang – Batara Gana Ganesa (Ahad Kliwon – Sabtu Legi)
Galungan, Dungulan – Batara Kamajaya (Ahad Pahing – Sabtu Pon)
Kuningan – Batara Indra. (Ahad Wage – Sabtu Kliwon) Pada minggu ini jatuh hari raya Kuningan pada hari Sabtu-Kliwon.
Langkir – Batara Kala (Ahad Legi – Sabtu Pahing)
Mandasiya, Medangsia – Batara Brahma (Ahad Pon – Sabtu Wage)
Julungpujut, Pujut – Batara Guritna (Ahad Kliwon – Sabtu Legi)
Pahang – Batara Tantra (Ahad Pahing – Sabtu Pon)
Kuruwelut, Krulut – Batara Wisnu (Ahad Wage – Sabtu Kliwon)
Marakeh, Merakih – Batara Suranggana (Ahad Legi – Sabtu Pahing)
Tambir – Batara Siwa (Ahad Pon – Sabtu Wage)
Medangkungan – Batara Basuki (Ahad Kliwon – Sabtu Legi)
Maktal ,Matal – Batara Sakri (Ahad Pahing – Sabtu Pon)
Wuye, Uye – Batara Kowera (Ahad Wage – Sabtu Kliwon)
Manahil, Menail – Batara Citragotra (Ahad Legi – Sabtu Pahing)
Prangbakat – Batara Bisma (Ahad Pon – Sabtu Wage)
Bala – Batara Durga (Ahad Kliwon – Sabtu Legi)
Wugu, Ugu – Batara Singajanma (Ahad Pahing – Sabtu Pon)
Wayang – Batara Sri (Ahad Wage – Sabtu Kliwon)
Kulawu, Kelawu – Batara Sadana (Ahad Legi – Sabtu Pahing)
Dukut – Batara Sakri. Pada minggu ini jatuh hari Anggara Kasih pada hari Selasa Kliwon yang dianggap keramat oleh orang Jawa. (Ahad Pon – Sabtu Wage)
Watugunung – Batara Anantaboga. (Ahad Kliwon – Sabtu Legi) Dalam minggu ini jatuh hari Jumat Kliwon yang dianggap keramat oleh orang Jawa dan hari Saraswati yang dianggap suci oleh orang Bali.

Minggu, 11 Desember 2016

tebasan warangan


Dagang Banten Bali


CARA MUDAH DAPAT UNTUNG DARI TRADING FOREX KLIK DISINI


tempeh isi kain kuning, 5 tumpeng menghadap ke luanan, raka n sampyan bungkulan
5 tumpeng menghadap ke teben, raka2, payasan
tulung peras,
kanan kira tipat kelanan,


Mecaru ring kahyangan







Mecaru ring kahyangan, padma lan mulang pakelem ring segara, lantur nunas tirta,,, lanjut lingsirne ngelelawang/ nangluk merana..
“Sasih Kaenem”, sasih pancaroba. Gumatat-gumitit (mikro organisme) seperti bakteri, jamur, virus, cendawan, amuba, tumbuh dan berkembang dengan baik. Cuaca yang ekstrim kerapkali menimbulkan bencana. Kondisi alam tidak stabil. Orang sering mengatakan sasih kenem adalah musim penyakit dan musim bencana.
Secara niskala sasih kenem menyimpan mitos bahwa “ancangan Ida Ratu Gede Mecaling” sedang berkeliaran ke desa-desa mencari mangsa. Sehingga sasih kenem makin memiliki misteri bagi umat Hindu di Bali.
Dalam menghadapi kondisi ini, setiap desa adat di Bali melakukan upacara “melancaran” bagi segenap “pelawatan” Ida Betara seperti Barong, Rangda, Barong Landung, dll. Maksudnya adalah Ida Betara Sesuhunan (dalam wujud rangda, barong, dll), dimohonkan agar berkenan berangjangsana keliling desa meninjau “damuh” (umat manusia). Anjangsana beliau diiringi oleh seluruh damuh penyungsung. Di setiap persimpangan jalan dihaturkan sesaji pemapag berupa nasi wong – wongan, dll. Demikian juga umat menyambut kehadiran beliau dengan menghaturkan pejati, pesucian, peras tulung sayut dan segehan mancawarna 9 tanding. Disajikan pada sanggah cucuk di setiap pintu depan rumah, sebagai wujud rasa bakti serta memohon kerahayuan.
Anjangsana biasanya dilakukan pada hari kajeng kliwon atau tilem, pada sore hari menjelang malam (sandikala).
Dalam anjangsana keliling desa, Ida Betara kemudian dihaturkan pengilen dan ayaban rayunan sari yang dikenal dengan “Ngaturang Hidangan” diikuti sembah bakti para damuh. Terakhir dihaturkan penyamblehan ayam hitam.
Melancaran tujuannya memohon kerahayuan kehadapan Ida Betara Sesuhunan agar manusia terhindar dari segala bahaya, penyakit, dan bencana.
Dan jika dikaitkan dengan mitologi Ratu Gede Mecaling, melancaran bermakna memohon perlindungan kepada Ida Betara Sesuhunan agar terhindar dari pengaruh negatif para ancangan Ida Ratu Gede Mecaling.
Melancaran juga disebut “ngelawang”, karena beliau diiring berangjangsana dari pintu ke pintu gerbang (lawang) keliling desa. Disebut “macecingak”, karena beliau diiring untuk meninjau keberadaan umat manusia dan alam lingkungan. Disebut “nangluk merana”, karena umat mohon agar Ida Betara Sesuhunan mengendalikan hama penyakit yang menyerang pertanian, serta penyakit yang menyerang manusia.
Melancaran umumnya dilakukan pada sasih kenem. Namun rentang waktunya mulai sasih kelima sampai keulu, kemudian pada sasih kesanga dilakukan tawur serangkaian Nyepi. Selanjutnya sasih kedasa dianggap sudah “kedas” / bersih / kondisi alam dirasa mulai stabil. Kurang lebih demikian. Ampura. Kadi nasikin segara.

Tebasan Pasupati




Tebasan Pasupati 
tamas, kain barak, baas barak, pis bolong, kulit sayut, raka, tumpeng barak metancepan bunga pucuk barak, meplekir endong, kojong rasmen, 2 tulung sangkur misi nasi barak, peras tulung, payasan, elok-elok misi baas n tetebus barak, rantasan barak, penyapuhan endong, kuangen 1 mebunga barak, sampyan nagasari endong, canang 




Tebasan Saraswati

Dagang Banten Bali


Banten Saraswati serta Pemaknaaannya



Tiap-tiap proses hari suci Saraswati senantiasa memakai bebanten (upakara) dalam memuja Dewi Saraswati yang di kenal dengan sebutan banten Saraswati atau tebasan Saraswati. Banten Saraswati sebagai lambang (nyasa) terdiri atas jajan cecak, bubur, nyanyah geringsing, daun beringin, penyeneng serta canang.


Jajan cecek menyimbulkan pengetahuan dapat hidup dimana-mana, daun beringin lambang keabadian, nyanyah geringsing lambang persembahan pada Beliau.
Jajan cecak berikut yang paling utama sebagai isi banten Saraswati di mana mempunyai makna pengetahuan dapat ada dimana-mana. Pada pelaksaan pemujaan Dewi Saraswati buku, lontar, pustaka, kitab suci mesti diupacarai dengan banten saraswati, tetapi ketika pemujaan semua umat pantang untuk membaca serta menulis. 

Dalam lontar sundarigama dijelaskan tan wenang ngujar sastra, tan wenang nelengi sastra berarti tak diperkenankan membaca serta menulis, hari Saraswati adalah puncak yoga yang berada dalam kondisi diam atau kosong.


Melayani pembuatan aneka banten untuk upacara \hindu Bali
piodalan
pawiwahan
otonan
tiga bulanan


Melayani aneka Upacara
Ngelangkir
Menikah
Ngaben

hubungi via WA, Telp atau sms
0882 - 9209 - 6763
0896-0952-7771

Telp
0361 - 464096

alamat
jl Gandapura Gg 1c No1 Kesiman Kertalangu
dan
jl sedap malam 117a kebon kuri
Denpasar

Pesan Via Facebook Klik Disini