Selasa, 27 September 2016

Pemelaspas


Melaspas bangunan baru terdiri dari
Memakuh 
Melaspas

Memakuh 
Pemakuhan (memakuh) adalah upacara yadnya yang dilakukan setelah selesai mendirikan suatu bangunan rumah yaitu sebagai ungkapan terima kasih kepada Bhagawan Wisma Karma  sebagai arsitek seni bangunan para Dewa, yang diwujudkan dengan memohon tirta pemakuhan. 
Banten Pemakuhan
  • Pejati, lis, soroan,  pesucian. caru ayam putih asoroh eteh-eteh pemakuhan asoroh: bagia, orti, sapsap, ulap-ulap, paso anyar berisi air, daun lalang 11 katih, pengurip-urip getih siap putih, susur pekeramas, toya cendana, kumkuman, rantasan, seperadeg, semeti, pahat, uang, andel-andel berisi benang. 
  • Toya pemakuhan dari undagi yang membuat sikut.
  •  pejati, sodan putih kuning dagingnya ayam betutu, me-ukem-ukem (di sembeleh dari punggung), daksina yang berisi uang 225,  nyahnyah gula kelapa . Banten ini ditaruh di sebuah sanggar di hulu bangunan.


Urutan upacara:
  1. Ngetok sunduk, mantra: ngadegang Bhatara Semara Ratih  metemuang ageni mastu astu Ang Ah.
  2. Ngetok lait, mantra: Ingsun anangun sawen anging I Dewa Gunung Agung magelung aningkahang anangun sawen, ana ring maca pada rambat rangkung panjang umur, jeng, jeng, jeng.
  3. Pangurip getih ayam putih, mantra: Mangke sira patini sepisan ngurip kita satuwuk bebataran pinaka bungkah nda. Sendi pinaka pancer nda. Adegan pinaka punyan nda. Abah-abah pinaka pangpang nda. Raab pinaka ron nda. Kelasa pinaka kembang nda. Daging nda, pinaka woh nda, urip kita jati. Paripurna urip-urip
  4. Penyapsap gidat sesaka, mantra: Pakulun manusan nira anggada kaken sapuha, menyapuha ganda keringetning wewangunan sidhi rastu.
  5. Semeti, mantra: Om Upi Sangagawenku teka pada urip, teka pada urip, teka pada urip.
  6. Baas Daksina, mantra: Om Siwa sampurna yang namah.
  7. Tatebus, mantra: Jaya Ang Ang Ang Ah
Melaspas

pemelaspas:
tebasan pemelaspas
sapu laken 
tebasan pasupati 
nasin pemelaspas 

5 tebasan:
tebasan pegeni 
tebasan beras kuning
tebasan sidapurna 
tebasan tirta
......



banten guling 
pejati dasar 
pejati pemakuhan 

ayaban bebangkit

cara nanding :
Tebasan pemelaspas : 
tamas, kain kuning, aled, raka, tumpeng putih kuning, kojong rasmen, peras tulung payasan, sampyang nagasari 

CARA MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN ALTERNATIF KLIK DISINI

Sapu laken : 
tamas, pejati (aled, beras benang porosan, kulit peras, nasin peras 2 nasin sodan 2, raka, kojong rasmen, daksina, tipat kelanan, sampyan sodan n peras penyeneng) , tebasan (kulit sayut, tumpeng meplekir, 2 tulung sangkur misi nasi, kojong rasmen, raka, orti pucuk kembang tancapkan di daksinanya, sampyan nagasari)

Tebasan pasupati :
alas kain merah, aled, raka, tumpeng merah meplekir gulung endong + kuangen, kojong umah,  2 tulung sangkur endong misi nasi barak, peras tulung, payasan,   ulam ayam biing panggang ... , sampyang tebasan dari endong

Nasi pemelaspas 
pejati ......
9 ceper berisi nasi n takir misi paya, kelongkang, toge, paku,  .....



Tebasan pegeni :kulit sayut, raka, tumpeng guru meplekir, taluh bebek lebeng, coblong misi kapas sigi n minyak goreng untuk menyalakan sigi, 

tebasan beras kuning : kulit sayut, raka, tumpeng meplekir, 2 tulung sangkur, 1 takir beras kuning,
nasin pemelaspas: 9 ceper nasi 


tebasan pegeni 
tebasan beras kuning
nasin pemelaspas 
sapu laken 
banten guling 

pejati dasar 
pejati cenik, 11 pengideng-ideng (ceper, don dadap, untek 1, raka, plausan), peras tulung, segehan barak 9

pejati pemakuhan 
pejati cenik, tamas pemakuhan (4 takir  don biu seger misi adeng, pamor, menyan, kunyit), palu, segehan barak 9


melaspas mobil :
pejati
tebasan pasupati 
prayascita 
durmangala 
peras pengambean 


Oleh: I Wayan Sudarma (Shri Danu Dharma P.)

Om Swastyastu

1). SANGGAR SURYA: Suci Laksana, Daksina Gede, Pejati, Penastan, Ring Sor: Segehan Agung, petabuh arak-berem-tuak.

2). PADMASANA: Daksina Pralingga, Suci Laksana, Daksina Gede, Pejati, Ayaban Tumpeng pitu , Penastan, Rantasan, Cane, Sesayut Amertha Dewa, Orti, Ulap-ulap, Sapsap, Lamak, Gantung-gantungan, di bawahnya Segehan Agung.

3). PANUNGGUN KARANG: Daksina Pralingga, Suci Alit, Pejati, Ketipat Dampulan, Ayaban Tumpeng lima, Rantasan, Orti, Ulap-ulap, Sapsap, Lamak, gantung-gantungan, di bawahnya Segehan Cacahan Hitam.

4). LAPAAN / PANGGUNGAN: Suci Laksana, Daksina Gede, Pejati , Ayaban Tumpeng 11 (Peras, Pengulapan, Pengambyan, Dapetan, Penyeneng, Kurenan, Panyegjeg, Pancoran, soda, pangkonan), Jerimpen Sumbu 1 pasang, pajegan buah 1, Pajegan bunga, Sesayut lembaran: Sesayut Tulus Ayu, Sesayut Siddha Karya, Sesayut Siddha Lungguh, Sesayut Siddha Sampurna, Sesayut Dewa Rame Rawuh. Penastan, Lamak, Gantung-gantungan, di bawahnya Segehan Cacahan.

5). BANTEN PEMELASPAS PELINGGIH: Suci Alit, Pejati, Sesayut Pemelaspas, Urip-urip, Perabot Tukang (siku, palu, pahat).

6). BANTEN PEMELASPAS RUMAH: Suci Alit, Pejati, Ayaban Tumpeng Lima, Sesayut Pemelaspas, Urip-urip, Ulap-ulap, Orti, Ceniga, Gantung-gantungan, Segehan Cacahan.

7). BANTEN PELANGKIRAN (kalau ada): Pejati, ceniga, gantung-gantungan, segehan cacahan.
BANTEN DAPUR, SUMUR: @ peras, daksina, segehan cacahan.

8). BANTEN PEMESU: Soda 2 set, ceniga, gantung-gantungan @ 2 set, segehan panca warna.

9). CARU PANCA SATA DI NATAH:
A. Arah Timur: Caru ayam putih tulus, dengan urip 5, lengkap dengan banten ayaban caru, suci alit, sanggah cucuk lengkap dengan bantennya peras penyeneng, Ceniga, Gantung-gantungan, penjor, kober warna putih.
B. Arah Selatan: Caru ayam biying (merah), dengan urip 9, lengkap dengan banten ayaban caru, suci alit, sanggah cucuk lengkap dengan bantennya peras penyeneng,Ceniga, Gantung-gantungan, penjor, koberwarna .
C. Arah Barat: Caru ayam Putih Kuning, dengan urip 7, lengkap dengan banten ayaban caru, suci alit, sanggah cucuk lengkap dengan bantennya peras penyeneng, Ceniga, Gantung-gantungan, penjor, kober warna kuning.
D. Arah Utara: Caru ayam Hitam, dengan urip 4, lengkap dengan banten ayaban caru, suci alit, sanggah cucuk lengkap dengan bantennya peras penyeneng, Ceniga, Gantung-gantungan, penjor, kober warna Hitam.
E. Di Tengah: Caru ayam brumbun, dengan urip 8, lengkap dengan banten ayaban caru, Suci Laksana, Daksina Gede, sanggah cucuk lengkap dengan bantennya peras penyeneng, Ceniga, Gantung-gantungan, penjor, kober lima warna. Sesayut Byakala, Prayscita, Durmenggala
F. Perlengkapan Caru yang lainnya:
Masing-masih Caru berisi nasi bulan dengan lauk kuning telor ayam, nasi matan ai dengan lauk putih telor ayam, nasi segara muncar dengan lauk darah mentah. Masing-masing caru berisi: nasi selasahan, tulung urip dengan lauk kacang sawur, cau petik dengan lauk kacang sawur, cau tampak dengan lauk kacang sawur, tri kona dengan lauk ikan laut, dan nasi takep-takep dengan lauk ikan tawar, masing-masing ditanding sesuai dengan arah, warna dan urip. Sapu, tulud, kulkul, tetimpug, arak-berem-tuak-toya anyar.

10). AREPAN SANG MAMUJA: Suci Laksana, Daksina Gede, Pejati,sesayut Dharma Wiku, Prayascita, Byakala, Durmenggala, Pengulapan, Eteh-eteh Padudusan alit, Payuk Pelukatan, Sibuh Pepek, Kuskusan Sudamala, Lis Gede 1 buah. Ceniga, Gantung-gantungan, di bawahnya Segehan Cacahan.







* Catatan: kalau mau diturunkan tinggal merubah suci laksana menjadi suci alit, dari suci alit menjadi suci sibakan. Caru dari panca sata menjadi eka sata.

Om Santih Santih Santih Om
Sumber:
* Lontar Mpu Lutuk-Koleksi pribadi
* Lontar Kala Tatwa-Kolekasi pribadi
* Lontar Indik Nguangun Parahyangan-Koleksi pribadi
* Lontar Wiswakarma Tatwa-Koleksi pribadi

Written & Posted by: Sudarma

https://paduarsana.com/tag/melaspas/

Setiap sanggah, Pemerajan, Pura dan Kahyangan yang telah selesai dibangun akan dibuatkan suatu upacara pengurip-urip dan kemudian dilanjutkan dengan upacara Melaspas. Ketentuan ini dapat kita jumpai dalam lontar Dewa Tattwa, yang bunyinya sebagai berikut:

“Nihan tingkahing angwangun Kahyangan Dewa, ring wus puput, salwiring pakadanya wenang maplaspas alit, sesayut pengambyan, pras penyeneng, suci 2 soroh, ring banten genahnya, mwang ring sanggar ngawilang kwehning sanggar, iwak itik ginuling, aywa sasigar, teka wenang Brahmana Pandita anglukat wangunan ika”.
Terjemahana bebas: “Demikianlah tata cara membangun tempat memuja Hyang Widhi Wasa, pada saat selesai dibangun, segala peralatan/bahan (Bangunan) wajib dibuatkan upacara melaspas kecil, dengan sesayut pengambyan, pras penyeneng, suci 2 soroh dibebanten tempatnya, juga disanggar (tempat memuja) menurut banyaknya tempat(linggih)memuga, daging itik yang diguling, jangan dipecah, dan seyogyanya Brahmana Panditalah yang patut membersihkan/mensucikan bangunan itu.



Rumah ideal 
Konsep rumah tinggal yang idial normatif itu ada dinyatakan dalam berbagai susastra Hindu.
Dalam Sloka dibawah dinyatakan:

Trnaani bhuurmirudakam
Wak caturti ca suunartaa
Etaanyapi sataan gehesu
Nocchidyante kadaacana. (Manawa Dharmasastra. III.101)
Artinya: Di rumah tinggal orang yang baik akan senantiasa ada empat hal yaitu pepohonan, air yang jernih yang mengalir, ruang istirahat dan kata-kata yang sopan santun dan kesetiaan.


 Puncak upacara melaspas umumnya disertai dengan menancapkan tiga jenis bentuk banten yang disebut ”Orti”. Tiga jenis banten Orti itu adalah Orti Temu, Orti Ancak dan Orti Bingin. Tiga Orti ini menggambarkan makna dari rumah tinggal tersebut. Orti Temu sebagai simbol yang melukiskan rumah tinggal itu setelah dipelaspas bukan merupakan rangkaian bahan-bahan bangunan yang bersifat sekala semata yang tak bernyawa, tetapi sudah ditemukan dengan kekuatan spiritual yang niskala dengan upacara yadnya yang sakral. Ini artinya rumah tinggal itu sudah hidup atau ”maurip” secara keagamaan.

Orti Ancak adalah lambang bahwa rumah tinggal itu sebagai tempat untuk mengembangkan kehidupan yang baik dan benar atau lambang ”kawerdian”. Kata werdhi artinya berkembang kearah yang semakin baik.



  Sebelum upacara Melaspas dilakukan terlebih dahulu adalah mecaru yang maknanya :
  • Nedunang Bhutakala /Mengundang sang Bhutakala
  • Menghaturkan Labaan
  • Mengembalikan ketempatnya masing-masing atau mengembalikan berbagai roh-roh yang tadinya tinggal atau mendiami bangunan tersebut ke tempat asalnya. Dan kemudian menghadirkan Dewa Ghana yang diyakini sebagai Dewa Rintangan artinya untuk menghalangi hadirnya roh-roh pengganggu.


  Upacara melaspas, yaitu:
  1. Mengucapkan orti pada mudra bangunan sebagai permohonan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Orti adalah simbol komunikasi yang sebagai permohonan dalam perlengkapan upacara dalam pemakuhan atau pemlaspasan.
  2. Memasang ulap ulap pada bangunan, ulap ulap dipasang tergantung jenis bangunan ( ulap ulap kertas yang ditulis dengan hurup rajahan )
  3. Bila bangunan tersebut tempat suci maka dasar banguan digali lubang untuk tempatkan pedagingan, kalau bangunan utama di isi pedagingan pada puncak dan madya juga, pada bagian puncak diisi padma dari emas
  4. Pangurip urip,arang bunga digoreskan pada tiap tiap bangunan (melambangkan tri murti, Brahmana, Visnu, Iswara), jadi umat Hindu Bali percaya bahwa bangunan yang didirikan tersebut menpunyai daya hidup.
  5. Ngayaban banten ayaban dan ngayaban pras pamlaspas yang didahului memberikan sesajen pada sanggah surya ( Batang bambu yang menjulang tinggi.
  6. Ngayaban caru prabot
  7. Ngeteg-Linggih. Bila yang di Melaspas adalah tempat suci (palinggih)

(sumber:paduarsana.com)




 Melaspas alit sanggah kemulan yaitu bertujuan untuk dapat menyucikan/sakralisasi bangunan yang baru selesai dibuat yang dilaksanakan setelah upacara memakuh dengan pelaksanaannya berkaitan dengan hari baik pedewasan yaitu :
  • Menurut Tri Wara: Beteng
  • Menurut Saptawara: Soma,Budha,Wrespati,dan Sukra.
  • Menurut Sangawara: Tulus dan Dadi
  • Menurut Sasih: Kapat, Kalima,dan Kadasa.
  • Menurut penggabungan hari dan tanggal panglong: Mertadewa,Dewa ngelayang,Ayu nulus,Dewa mentas, dan bila Purnama sangat baik.
Dengan urutan pelaksanaan yang paling sederhana dapat dilakukan sebagai berikut :
  • Dipuput oleh Pemangku/Pinandita yang sepenuhnya mengikhlaskan hidupnya dengan mengabdikan dirinya kepada Tuhan, Ida Sanghyang Widhi Wasa.
  • Dengan Tetandingan banten yang digunakan :
    • Di Sanggah Pasaksi atau sanggah Surya: Peras, Ajuman, Suci satu soroh beserta runtutannya.
    • Didepan bangunan yang baru selesai disediakan dua kelompok upakara:
      • Banten pemelaspas beserta runtutannya.
      • Banten Ayaban tumpeng 7 beserta runtutannya.
    • Pada dasar bangunan yang baru selesai diisi Pedagingan/Panca datu, dan canang pendeman.
    • Pada Janggawari dalam gedong bantennya sama dengan dipesaksi dengan dilengkapi tikar, kasur ,bantal/suci kecil an pesuciannya dilengkapi dengan cermin dan sisir.
    • Pada atap puncak bangunan/Murdha itancapi beberapa buah orti dari rontal.
    • Nasi undagi, jenis banten ini diperuntukkan bagi perabot/alat-alat para undagi, misalnya: serut,timpas,siku-siku,an sebagainya.
    • Pada halaman/natar,upakaranya terdiri dari: Byakala,Prayascita,durmangala,segehan agung, dan caru ayam brunbun beserta runtutannya.
    • Sedangkan di depan Sang muput: Upakaranya untuk menyucikan dan untuk menghaturkan sesajen: prayascita, pengresikan, dilengkapi pras lis, cecepan, penastaan, tigasan, tetabuhan yaitu tuak,arak,berem,serta pasepan/padupan. Banten Arepan terdiri dari: peras,ajuman,daksina,rayunan,tipat kelanan,punia,dan sesari.

 http://sejarahharirayahindu.blogspot.co.id/2012/02/melaspas-alit-sanggah-kemulan.html

Senin, 26 September 2016

KAKI MUDRA Rahasia Kecantikan Bidadari Khayangan.


Guru Made Sumantra ( Markhandeya Yoga )








KAKI MUDRA 
Rahasia Kecantikan Bidadari Khayangan.
Kebanyakan orang tidak menyadari dari fakta bahwa yoga dapat dipraktekkan untuk meningkatkan inner beauty . yoga memberikan pengaruh sangat kuat ketika dilakukan untuk menambah kecantikan ke wajah Anda . Ia membantu dalam menjaga kulit Anda , kualitas kulit , dan kepribadian keseluruhan .

Ada Latihan mudra untuk ini yaitu Kaki Mudra . 
Ia bekerja menuju meningkatkan kekuatan dari otot-otot di wajah Anda . Jadi coba dan ini akan memberikan anda keajaiban.
Jadi sekarang ada tidak perlu untuk bergantung pada perawatan waah mahal, botox , krim, lotion , Keajaiban ramuan , dan hal-hal lain tersedia di pasar . Anda dapat meningkatkan kecantikan luar Anda secara alami !
Silahkan lakukan ini secara sembunyi –sembunyi, dimaksudkan untuk disimpan untuk lakukan secara sembunyi. , sebuah Rahasia Yogi . Tapi untungnya , Guru Made keluarkan rakhasia ini.. Jadi mari kita belajar bagaimana untuk berlatih Kaki Mudra .
Bagaimana cara mempraktekkan Kaki Mudra ?
Step 1: Tutup lubang hidung menggunakan kedua ibu jari . biarkan mata terbuka .
Langkah 2 : Buatlah paruh dengan bibir Anda dan tarik napas perlahan-lahan .
Langkah 3: Setelah paru-paru penuh , tutup mulut dan tahan napas .
Langkah 4 : Anda harus menekuk kepala dalam dengan cara yang dagu menyentuh tenggorokan .
Langkah 5: Tahan untuk selama mungkin .
Langkah 6 : Ketika siap untuk menghembuskan napas , angkat leher ke atas . dan menghembuskan napas melalui lubang hidung .
Langkah 7: Praktikkan mudra untuk setidaknya dua sampai tiga menit . Meningkatkan waktu akan membantu Anda mendapatkan energy lebih kuat . Anda perlu meningkatkan lama waktu secara bertahap .
Apa Manfaat dari Kaki Mudra ?
Ada banyak manfaat dari berlatih Kaki Mudra . Berikut adalah beberapa dari manfaat utama yang dapat anda nikmati:
• Memperkuat rongga hidung
• Nada wajah dan jaga keriput di muka.
• Menyegarkan dan meremajakan kulit
• Mempengaruhi tiroid dan paratiroid
• Menyucikan Chakra Wishuda.
• Memperkuat sistem pernapasan
• Meningkatkan kilau cahaya waah.
• Meningkatkan perlindungan energy.
• Mengurangi noda kulit
Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari Kaki Mudra , Anda harus berlatih itu untuk waktu yang lama . Ini rahasia Yoga akan memberkati Anda dengan umur panjang dan kecantikan luar .
 Bapak Made Sumantra
yoga healing Bali jl. hayam wuruk 99 depan pompa bensin sekitaran dagang tanaman




Pranayama Sitkari dan Manpaatnya.
Pranayama sitkari
Cara melakukan pranayama Sitkari, lipatlah lidah sehingga ujung lidah menyentuh langit-langit atas dan hirup suara melalui mulut dengan suara desisan CCCC ( Si si si si sssssss ). Kemudian tahan nafas semampu yang anda lakukan tanpa merasa tertekan dan hembuskan nafas pelan-pelan melalui kedua lubang hidung. Anda dapat menjaga kedua baris gigi anda saling berhubungan dan kemudian hirup nafas melalui mulut seperti sebelumnya.
Manpaat Pranayama ini:
1. Membangkitkan kecantikan dan kerupawanan para praktisi.
2. Kekuatan dan kekebalan tubuh disiagakan.
3. Mampu mnghilangkan rasa lapar, haus tanpa tubuh mengalami hiridrasi.
4. Menghilangkan rasa malas dan ngantuk.
5. Mendapat berkat Dewa Indra sebagai Yogi sujati.
6. Mampu mengetahui seustau yang tak dapat dilihat manusia biasa.
7. Semua karmanya membawa hasil yang positif.

















Vajroli / Sahajoli Mudra Sangat baik untuk para Wanita.
vajroli dan sahajoli tidak harus dilakukan secara langsung . Pertama, Anda harus menguasai kumbhaka , uddiyana bandha dan siddhasana . Beberapa asana seperti vajrasana , supta vajrasana , shalabhasana dan Paschimottanasana juga harus dilakukan , karena mereka menempatkan kontraksi otomatis pada daerah genital . Ketika Anda berlatih Paschimottanasana dan tahan selama beberapa menit , Anda mempersiapkan tubuh untuk uddiyana bandha . Di siddhasana Anda menekan perineum dengan tumit sehingga kontraksi sedikit Mooladhara dan vajra nadi berlangsung secara otomatis .
Sirshasana yang paling penting karena beredar darah di otak .
kontraksi dan pelepasan bagian kemih dalam tubuh wanita untuk merangsang chakra Swadhisthana dan mempromosikan brahmacharya . Kesehatan dasar panggul Anda adalah yang terpenting untuk vitalitas energi seksual dan sensual , daya kreatif dan visceral itu membuat organ di tempat dan tidak mengalah terhadap gravitasi . Cakra Mooladara dan cakra Swadhistana membentuk dua chakra utama tubuh . Mereka sebagai dasar dalam mendukung tubuh dan chakra atas. Jadi kesehatan dasar panggul tidak hanya menguntungkan tubuh fisik tetapi juga tubuh energik . Versi untuk perempuan teknik mudra ini disebut Sahajoli Mudra dan melibatkan kontraksi otot yang sama seperti versi laki-laki ( otot uretra ) . Pada pria testis akan bergerak sedikit , sedangkan pada wanita labia akan bergerak sedikit ketika menerapkan mudra ini . Sahajoli adalah praktek paralel untuk wanita . Sahajoli dilakukan di siddha yoni asana . Sementara tetap mempertahankan nafas , otot-otot vagina dan uretra dikontrak dan disusun . Kontraksi adalah sama seperti ketika Anda mencoba untuk menahan diri dari kencing . Pada saat ini rahim , kandung kemih dan ginjal juga dikontraksi .

Langkah menlakukannya:
Pelajari bahwa di dalam diri kita semua kita memiliki energi spiritual yang sangat mengasihi kita dan seperti ibu kita sendiri .
Lepaskan sepatu Anda dan duduk dengan nyaman di kursi , dengan kaki Anda rata di tanah , tidak menyentuh satu sama lain .
Letakkan tangan kiri di pangkuan Anda atau kaki dengan telapak tangan menghadap ke atas .
Letakkan tangan kanan pada sisi kiri jantung Anda , yang meliputi dada .
Ambil tangan kanan Anda dan tempatkan satu tangan - lebar ke bawah, tingkat dengan solar plexus - tapi masih di sisi kiri dada Anda .
Ambil tangan kanan Anda dan tempatkan satu tangan - lebar ke bawah, tepat di atas pinggul Anda .
Gerakkan tangan kanan Anda kembali satu tangan - lebar , dan berkata di dalam, penuh keyakinan , " Ibu, aku Guru saya sendiri ! "
Gerakkan tangan kanan Anda kembali naik satu tangan lebar sehingga tingkat dengan hati Anda lagi , dan berkata dalam penuh keyakinan , " Ibu AKU Roh ! "

Putar kepala Anda semua ke kanan dan tempatkan tangan kanan di sisi kiri leher / bahu dan berkata dalam, " Ibu , saya tidak bersalah . "
Letakkan tangan kanan di dahi Anda , jari bersama-sama , dan menekan pelipis ( bahkan jika jari-jari Anda tidak mencapai mencoba menekan ) Katakanlah tulus dari hati Anda , " Ibu , aku memaafkan semua orang. "
Kami juga meminta pengampunan dari kuasa Tuhan .
Sekarang lanjutkan mengambil tangan kanan dan menempatkan pusat telapak tangan Anda di kepala Anda .
Akahiri dengan letakan tangan Anda dan biarkan istirahat di pangkuan Anda dengan telapak menghadap ke atas .







BHastrika Pranayama
Pengeluaran capat dari pernafasan adalah karakter dari Bhastrika Pranayama. Nafas harus digerakan dengan cepat dengan perut di kembang kempiskan.
Cara melakukan:
Duduklah dengan sikap Padmasana atau siddhasana, dengan bedan ,leher dan kepala tetap tegak. Tutuplah mulut anda dan selanutnya tarik dan keluarkan nafas dengan cepat sesuai kemampuan anda seperti tiupan puput Tukang besi. Kerutkan dan kembangkan secara terus menerus. Latih pranayama ini dengan tekanan suara mendesis. Mualailah dengan penghembusan nafas dengan cepat dan ikuti dengan penarikan nafas cepat pula. Kalau sudah terasa capek hentikan kepernafasan normal dengan rilek, ini disebut satu putaran Bhastrika. Dalam jeda ini ucapakan Bhava OM dalam bhatin anda. Anda bisa mengulangi langkah ini tiga kali setiap hari. Ini akan membuat anda tetap segar bercahaya. Bhastrika merupakan latihan pranayama yang sangat kuat Karen merupakan kombinasi Pranayama kapalabhati dan Ujjay.
Ika anda merasa pusing berhentilah sampai anda merasa nyaman kembali.


Manfaat Dari Pranayama Bhastika adalah:
1. Meredakan peradangan tenggorokan.
2. Meningkatkan api pencernaan dalam perut.
3. Melenyapkan lendir.
4. Melenyapkan penyakit pada hidung dada dan asma.
5. Menyembuhkan TBC.
6. Meningkatkan selera makan anda.
7. Bhastrika uga melepaskan tiga geranthi( Simpul) yaitu Granti Brahma, Wisnu dan Rudra, Dia juga melenyapkan lendir yang menyumbat pintu pada mulut Bharma Nadi ( susumana).
8. Kundalini dikuasai.
9. Mampu melenyapkan penyakit akibat kelebihan angin, lendir dan empedu.
10. Memberikan kehangatan pada tubuh kita.
11. Kalau anda merasakan kedinginan lakukan Bhastrika ini, kehangatan akan segera datang.
12. Para Parktisi akan mampu menyingkirkan segala penyakit dalam hidup ini.






Prana dan Tubuh
Nafas adalah kehidupan. Ini adalah salah satu fungsi yang paling penting dalam napas . Yogi mengakui pentingnya , itu kenapa Pranayama atau Latihan Pernapasan yang ditempatkan sebagai salah satu dari lima prinsip Yoga . Guru Made Sumantra telah merumuskan pernapasan untuk Pemula yang berbeda berbeda dengan Teknik Pernapasan ke tingkat Lanjut untuk membantu Anda bernapas lebih mudah dan menikmati kehidupan yang sehat dan murni .
Kata Pranayama terdiri dari dua bagian : Prana dan Ayama . Ayama berarti peregangan , perpanjangan , perluasan , panjang napas , regulasi , perpanjangan , menahan diri dan kontrol ,ini menggambarkan aksi Pranayama . Prana adalah energi vital ,yang merupakan kekuatan diri yang merangkul tubuh . Pranayama terjadi ketika kita mampu mengontrol kekuatan diri untuk kesehatan dan kedamaian diri.
Tubuh Astral Prana , merupakan kekuatan hidup atau energi vital , adalah merupakan pusat perhatian dari semua Praktek Yoga . Prana ada dalam materi. Prana ada di udara . Prana bikan bearti ada di oksigen sebagi kandungan udara . Ini adalah bentuk halus dari energi yang dibawa oleh udara,yang berasal dari makanan , air , api, pertiwi, suara sinar matahari, dan spirit pengetahuan , yang selalu menjiwai semua bentuk materi . Melalui praktek Asana dan pranayama , Prana akan diambil dan disimpan dalam tubuh untuk vitalitas dan kekuatan .




( Pranayama ) - Pentingnya Penghembusan napas.
Tujuan latihan Pranayama adalah untuk menekankan penarikan napas , penghembusan napas , atau penahanan napas . Penekanan pada Terhirup disebut Puraka Pranayama . Rechaka Pranayama mengacu pada bentuk Pranayama yang menghembusakan yang diperpanjang. Kumbhaka Pranayama berfokus pada penahanan napas . Dalam Kumbhaka Pranayama , kita menahan napas setelah menarik napas , setelah menghembusakan napas , atau setelah keduanya.
Pentingnya Penghembusan napas. ( bahya Vrtti )
Apapun Teknik Pernapasan yang Anda pilih , bagian paling penting dari Pranayama adalah penghembusan tersebut . Jika kualitas penghembusan napas yang tidak baik , kualitas praktek Pranayama seluruh terpengaruh . Jika Anda tidak dapat bernapas perlahan dan diam-diam , Anda tidak siap untuk Pranayama , baik mental atau sebaliknya . " Jika Terhirup yang tidak pelan kita tidak perlu khawatir , tetapi jika penghembusan napas tidak merata itu adalah tanda penyakit , baik sekarang atau yang akan datang . "
Tujuan penting Yoga adalah untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi Avidya . Melalui penghapusan ini saja , hasil positif terjadi . Hal ini dapat dibandingkan dengan pipa saluran pembuangan yang telah dibersihkan dari semua hambatan dimana air bebas dapat mengalir melalui . Jika ada sesuatu dalam diri kita adalah segeralah lakukan pranayama untuk pencegahan.untuk menghapus semua hambatan yang akan teradi . Penghembusan napas ini sangat penting karena mengangkut kotoran dari tubuh atau Apana , membuat lebih banyak ruang untuk Prana masuk ke tubuh kita.




Begawan penyarikan




Dagang Banten Bali



Bhagawan Penyarikan yang biasanya dikenal sebagai pemberi kesejukan melalui wejangannya dan juga sebagai pencetus arsitektur tempat suci di Bali yang menulis Asta Kosala dan asta Bumi yang dalam Tri Purusha sebagaimana disebutkan ditulis bersama bersama Bagawan Wiswakarma yang menyangkut tentang pembuatan arsitektur Pura atau Sanggah Pamerajan,
  • Sebagai tempat suci para leluhur untuk memperoleh kesejahteraan dan kedamaian atas lindungan Hyang Widhi, mendapat vibrasi kesucian dan menguatkan bhakti kepada Hyang Widhi.
  • Bale Agung di pura desa sebagai lingga Sthana Begawan Penyarikan / Bagawati
  • Pura Ratu Penyarikan di Catur Lawa dengan warna kuning selaku penyade/penanggungjawab di Pura Ulun Kulkul.
Diceritakan dahulu Bhagawan Penyarikan pernah berguru pada Ida Sang Hyang Ratna Traya, mengenai perputaran atau perjalanan manusia masing-masing.

Setelah menyelesaikan pelajarannya, seperti halnya lontar geguritan bhima swarga, Bhagawan Penyarikan pun pergi mengunjungi neraka dan surga melalui titi ugal agil jembatan menuju bale peangen-angen ... dalam Bali Sweet Home diceritakan bahwa :
Pertama Bhagawan Penyarikan datang ke setra maha luas yang disebut tegal penangsaran tempat berkumpulnya para roh laki perempuan, baik maupun jahat. 
Salah satu dari atma yang bernama Sang Tutulak menghampiri Bhagawan Penyarikan dan berkata 
“Apa yang menyebabkan hamba bisa mengalami seperti ini?” 
Diberi wejangan kemudian oleh Bhagawan Penyarikan : “pada saat engkau masih hidup, engkau tidak pernah mengindahkan ajaran dharma
  • Banyak dosa yang engkau perbuat, menghambat kepentingan orang banyak, tidak berdana punia, engkau rakus mengumpulkan harta benda dengan berbagai cara. 
  • Seandainya nanti engkau menjelma / reinkarnasi menjadi manusia, maka menjelmalah engkau pada tumpek pengatag, kemudian setelah tua engkau harus menjalankan dharma kewikon”.
Ada lagi atma yang merintih kesedihan dan menanyakan kepada Sang Bhagawan : 
Mengapa hamba mengalami siksaan seperti ini, padahal ketika semasih hidup hamba rajin menjalankan yadnya dan berdana punia. 
Pertanyaan sang atma tersebut dijawab dengan pertanyaan lagi oleh Sang Bhagawan: 
“Apakah upacara yadnya dan dana punia yang engkau haturkan tersebut berasal dari pekerjaan yang benar berdasarkan dharma ?” 
Ketika itu para atma tidak dapat memberikan jawaban. Bhagawan kembali bersabda : 
“yang terpenting adalah penyucian adnyana, tak pernah lupa dengan sadhu dharma dan melaksanakannya dengan sempurna. 
Yang dapat menjalankan itu, maka sudah pasti ia akan pergi ke suargaloka, alam swah loka yang dihuni oleh jiwa-jiwa (atman), bathinnya bersih hidupnya penuh welas asih dan dharma kebaikan.


- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

DOWNLOAD MP3 GRATIS 

Minggu, 25 September 2016

guru piduka



guru piduka
kulit sayut, tumpeng guru meplekir, raka, kuangen, 2 tulung sangkur, daksina taluh siap matah, taluh siap lebeng, ayam panggang, suci cenik, teterag, sampyan tebasan 

bendu piduka
kulit sayut, tumpeng guru meplekir, raka, kuangen, 2 tulung sangkur, daksina taluh bebek matah, taluh bebek lebeng, bebek panggang, suci cenik, teterag, sampyan tebasan

Ajaran Hindu banyak memuat petuah akan pentingnya bakti pada orang tua atau Leluhur, itulah sebabnya umat Hindu khususnya di Bali banyak melakukan suatu upacara yang terkait dengan bhakti pada orang tua (leluhur) seperti Pitra Yadnya dan perayaan lainnya yang kadang lebih marak dibandingkan Dewa Yadnya apalagi Rsi Yadnya. Salah satu perjalanan bhakti pada leluhur adalah ”Guru Piduka” yang mempunyai makna ”Permohonan maaf pada Leluhur”.

Faktor masa lalu banyak berperan terhadap maraknya umat melakukan Guru Piduka ini. Pada masa lalu dimana di Bali masih terdapat kerajaan-kerajaan seperti Wangsa Warmadewa berkuasa yang berakhir sekitar abad XIII, juga setelah Majapahit berkuasa di Jawa Timur sehingga ditempatkannya Adipati (wakil Raja) di Bali yang bergelar Dalem, yang pertama pada Tahun 1350 Masehi. Pada masa-masa itu dan sesudahnya hubungan kekerabatan, penghormatan pada orang tua, juga kebanggaan akan keluarga atau wangsanya, sangat tinggi. Ada suatu keadaan yang disebut ”Petita Wangsa/dihilangkan asal usulnya” oleh penguasa atau ”Nyineb Wangsa/menyembunyikan asal usulnya”.

Pada masa itu Gelar Kebangsawanan seperti ”Kyayi” (bukan Kyai di-jaman sekarang), yang statusnya adalah Pembesar Kerajaan, Mantri Kerajaan, atau Amancha Bhumi, bisa saja karena sesuatu hal dicabut oleh penguasa misalnya karena melakukan kesalahan. Ada juga yang tidak ingin diketahui asal-usulnya sehingga menyembunyikannya (nyineb wangsa) bahkan ada tindakan pembakaran prasasti/lontar, atau mengganti prasasti disuatu tempat dengan yang baru yang tujuan politisnya agar tidak diketahui dengan benar asal-usulnya. Hal-hal seperti ini dikemudian hari menimbulkan masalah karena banyak kemudian yang tidak tahu asal-usulnya atau ada yang salah-sulur.

Bagi yang ingin bhakti pada leluhurnya, baik yang karena dasarnya benar sesuai ajaran agama atau yang dasarnya salah dimana mengatakan ”Kesalahang Kawitan (disalahkan leluhur)” atau ”Pidukain Guru (dimarahi orang tua), akan melakukan suatu Perjalanan Suci (Dharma Yatra) yang tujuannya meminta maaf pada leluhur atau Me-Guru Piduka.

Bagi Damuh yang melakukan Perjalanan Guru Piduka ini, tentu sebelumnya atas petunjuk dari orang yang dipercaya apakah itu Pandita, Pinandita, rohaniawan, ahli babad, atau juga Balian Pipis berupa ”metuunang”, walaupun hal terakhir ini perlu hati-hati karena tidak selalu benar. Umumnya petunjuk yang diberikan adalah agar melakukan persembahyangan ke Parhyangan Sang Catur Sanak (Empat dari Panca Tirta) dilanjutkan dengan ke Mrajan Agung atau Pura Kawitan mereka. Sarana yang dibawa adalah ”Banten Guru Piduka”. Prosesi Perjalanan Guru Piduka diawali dengan sembahyang dirumah (Kemulan Rong Tiga) untuk mohon petunjuk akan melakukan perjalanan Guru Piduka agar berjalan lancar.

Fase berikutnya ke Parhyangan Catur Sanak yang merupakan leluhur sebagian besar orang Bali, baik itu Pasek, Ida Bagus, Anak Agung, I Dewa, dll. Urutannya mengikuti urutan kedatangan Catur Sanak ini ke Bali atas permintaan Raja suami-istri ”Udayana Warmadewa & Gunapriya Dharmapatni” pada sekitar abad X, yaitu : Pertama ke Parhyangan Mpu Semeru (Mpu Mahameru), Parhyangan beliau di Besakih sekarang disebut “Pura Ratu Pasek (Pura Catur Lawa). Beliau pemeluk agama Siwa tiba di Bali pada hari Jum,at kliwon, wara pujut hari purnamaning sasih kawulu, tahun saka 921 (tahun 999 Masehi), menjalani hidup brahmacari (tidak kawin seumur hidup), namun beliu mengangkat putra dharma dari penduduk Bali Mula, yang sesudah pudgala bergelar Mpu Kamareka atau Mpu Dryakah. Selanjutnya Mpu Dryakah ini menurunkan Warga Pasek Kayuselem. Kedua ke Parhyangan Mpu Ghana Parhyangan beliau di Gelgel Klungkung, dan sekarang disebut dengan nama “Pura Dasar Bhuwana”.

Beliau penganut aliran Ghanapatya, tiba di Bali pada hari senin kliwon, wara kuningan tahun saka 922 (tahun 1000 Masehi). Parhyangan beliau berupa Meru Tumpang Tiga yang juga disebut Ratu Pasek. Ketiga ke Parhyangan Mpu Kuturan atau Mpu Rajakretha, pemeluk agama Budha Mahayana, tiba di Bali pada hari Rabu Kliwon, wara pahang, tahun saka 923 (tahun 1001 Masehi).

Beliau berparhyangan di Padangbai, hidup sewala brahmacari (selama hidup kawin hanya sekali) dan berpisah dengan istrinya yang tetap di Jawa yang dikenal dengan Rangda/janda dari Girah penganut ilmu hitam. Ditempat Parhyangan Mpu Kuturan telah berdiri sebuah Pura yang bernama Pura Silayukti. Ke-empat ke Parhyangan Mpu Gnijaya yang tertua dari Panca Tirta, pemeluk Brahmaisme, tiba di Bali pada hari kamis kliwon, wara dungulan, sasih kedasa, tahun saka 971 (tahun 1049 Masehi). Beliau berparhyangan di Bisbis (Gunung Lempuyang), sekarang tempat parhyangan beliau telah berdiri sebuah Pura yang bernama “Pura Lempuyang Madya”.

Setelah perjalanan ke Parhyangan Sang Catur Sanak, Damuh lalu melakukan Persembahyangan Guru Piduka ke Pura Kawitan masing-masing (Mrajan Agung, Dadya Agung). Sesudah itu umumnya dilanjutkan dengan Ngelinggihang Bhatara Kawitan dirumah masing-masing.

Demikian perjalanan Sang Damuh dalam rangka memohon maaf kepada Leluhurnya yang sesungguhnya lebih tepat karena Damuh ingin melakukan ajaran agama dengan baik yang tertuang dalam Ajaran Catur Guru, Tri Rnam, dan Panca Yadnya. Semoga niat baik ini memberikan kedamaian bagi Damuh, keluarga, serta keturunannya. –sumber


Sabtu, 24 September 2016

Bayuh oton



pejati
pengambean
pengenteg bayu
tebasan kelahiran
tumpeng pitu 

wariga 

pon 
pejati
pengambean
pengenteg bayu
tebasan kelahiran
tumpeng pitu :  kulit sayut, raka, tumpeng 7, 2 tulung sangkur, kuangen 1, peras tulung, payasan, kojong umah, prayascita, tebasan guru

kuangen 4 ...........

wariga : aled, raka, ceper nasi diatasnya uang 4 keteng, kojong rangkadan, sampyan

pon : === aled, raka, pis bolong 77 keteng diatasnya penek agung, kojong manak, takir beras kuning
         === aled, raka, pis bolong 77 keteng, nasin sodan agung (sege liwet) diatasnya tebusan benang kuning, kojong umah, ayam putih panggang
         === santun nyuh 3, taluh ... 3, beras 1/4 - 1/2 kg, canang 3 
mepalunemya  


anggara umanis wariga 
kamis pon wariga
kamis umanis matal 
redite umanis langkir  
soma pon ugu
saniscara pon ugu

Umanis 
===== aled, raka, pis bolong 55 cobekmisi nasin sodan agung/ gede (nasi liwet), kojong umah, sampyan .....

===== aled, raka, pis bolong satak, ceper nasi barak, kojong umah, sampyan ....

===== aled, raka,  pis bolong satak diatasnya ..... penek dililit benang tebus, , kojong kurenan, sampyan ....

Matal : nasi uduk. pis bolong 4 keteng, opor ayam n bebek
Ugu :  nasi polan, pis bolong 10 keten, opor bebek




bayuh oton menek kelih 
===banten dedari : raka, kojong kurenan, 10 tanding penek putih kuning

=== tebasan

Bayuh oton / ruwatan menurut kelahiran
Drs. I nyoman singgin wikarman
Penerbit paramita Surabaya
Jl. Pegesangan 59 surabaya
Jl a yani 119 surabaya
Jl hayam wuruk 127 denpasar
Juli 1998

      Manusia lahir dengan karma baik dan buruk yg dibawa dari kelahiran sebelumnya. Sloka svargacyuta yi manusia lahir dr sorga (svargacita) dan dr neraka (nerakacita) (sarasamuscaya 7). Juga dlm Vrhaspati Tattva : “sadu-sadu maha satva karma phalanca,”
Artinya : antyanta dibyaning tatkwan anaku bhagawan brehaspati. Apan akuweh ngaranin wasana ngaran ikang ginaweh jalma, ia ta binuti paring paratra. Ri jalma nia muwah yana ala, yana ayu, asing ngatah, sakaluiraning karma ginaweakena, enti marakalania, kadiangadiun wadaingingu, wusilang ingunia, ikang diun pinasahang inahallang kawekasta amben nia, gandania, rumaket juga ikang karma wasana. Yatika uparenga irikang atma. Koparengganikan atma yataraga ngaran. Ikang wasana wedumadia ning raga matangiang mayuning karma arsa saluiring ikang karma wasana, ikang wasana pwaya dueg, umungparengganing yatadumadyang ikang jatma mapalenang, ana dewa yoni, ana raksasa yoni ana detya yoni, ana naga yoni”
Artinya : sebab banyak yang disebut wasana namanya perbuatan yang telah dikerjakan terdahulu itu dinikmati di alam baka pada penjelmaan lagi, kalau baik atau buruk masing-masing disebabkan oleh karma yang diperbuatnya. Selesai menikmati pahalanya (di alam baka) seperti priuk yang telah berisi mentega telah habis menteganya priuk itu dibersihkan namun bekasnya masih berbau yang melekat pada priuk itu. Itulah yg disebut vaasanaa. Itu menghiasi sang Atma. Hiasan dan vaasanaa menjadi badan. Karma vaasanaa yg menjadi hiasan atma menjadikan wujud badan dan sifat manusia berbeda. Ada yg bersifat deva, rakus, daitya, naga.

Yoni mengacu pada sifat (suksma sarira). Karma buruk menyebabkan sifat detya, naga, sedang karma baik menjadikan manusia bertabiat luhur.

Penglukatan mpu leger
Bhatara siva berputra 2 yi bhatara kala dan deva kumara.
Suatu ketika bhatara kala bertabiat seperti  raksasa bertanya pada ayahnya “siapa saja yg boleh disantapnya?” jawabannya yi “yg berjalan tengah hari dan yg lahir wuku wayang.”
Krn deva kumara lahir wuku wayang maka bhatara kala ingin menyantapnya.
Deva siva menyuruhnya lari ke bumi. Untuk menghalangi tertangkapnya deva kumara siva dan bhatari uma mengendarai lembu putih turun ke bumi tepat tengah hari. Kala ingin menyantapnya. Siva berkelit dengan teka teki, karena kala tak mampu maka tak bisa menyantap, sementara itu kumara telah berlari jauh dan bersembunyi di onggokan sampah. Kala menerkam kumara lolos. Kala mengutuk “siapa saja yang membuang sampah sembarangan agar kena penyakit menular”. Kumara lari lalu bersembunyi di tungku api kala menangkap tapi kumara berkelit lolos, kala mengutuk “siapa yang tidak menutuk tungku agar kebakaran”. Kumara lari hingga menemui pagelaran wayang. Oleh dalang ia disembunyikan di bumbung gender. Tibalah kala, karena lapar lalu menyantap banten. Kala bertanya “dimana kumara bersembunyi?” dalang menjawab kumara ada dalam perlindungannya. Jika kala dapat mengembalikan banten dengan utuh maka kumara akan diserahkan. Kala nyerah. Kala dank i dalang membuat kesepakatan “jika ada yang lahir wuku wayang dan tidak dilukat maka bole disantap”.
Wayang
Sanggah tutuan bantennya suci 2 soroh
Dibawahnya bebangkit n gelar sanga
Caru panca sato
Tebasan bagu yang dibayuh
Mendirikan laapan sudut 3 bantennya suci 1, santun 1, uang kepeng … , penek putih 5, ayam putih
Sanggah cucuk 3 ditempatkan pada batas kelir2 bantennya danaan, kembang payas, lenga wangi burat wangi
Di Wayangnya ; suci n itik,
Pulo gembal, sekar taman, canang pajegan, canang pengraos
Santun serba 4, uang kepeng 1700
Peras penyeneng, segehan agung ditempatkan pada dulang dagingnya betutu
Tirtha penglukatan sang mpu leger ditempatkan pada sangku sudamala beralaskan beras, benang, uang kepeng 225
Bunga 11 warna, duri2, sam-sam, wija kuning

Jalannya upacara
Bumi sudha/Mecaru
Mempersembahkan upasaksi kpd hyang widhi
Mempersembahkan bebangkit kepd catur dewi dengan gelar sanga kpd buthakala
Ki dalang menggelar wayangnya dg lakon buthakala
Penglukatan pd anak
Mejaya-jaya
Natab dapetan

diun endah ia ika wasana ngaran. Samangkana ikang karma wasana ngaran.


Kliwon :
Penek agung 1, daging ayam brumbun panggang, gerih, getem, soring penek uang 88, raka, godoh tumpi, tebusannya anut pancawara, sedehy, segeh liwet pd pinggan. Daging sawung blm bertelur, kuluman, dangdang udung, jangan pepeingasem, sambel tan tinarasem, tebus manca wara; tumpeng agung, pupuknya waringin

Umanis
Tebusannya penek agung 1, ayam putih panggang, uang 55 taruh dibawah penek, raka, tetebus sedah, segeh liwet di pinggan, daging babi seharga 55, tebusannya putih, pupuknya teleng putih

Paing
Carunya penek agung 1 dibawahnya uang 99, ayam biing panggang, balung gegending, raka, godoh tumpi, tetebus sedah 9, sega liwet mewadah pinggan, daging babi harga 99, sayuran kekarahinasem


Pon
Penek agung dibawahnya uang 77, ayam putih kuning panggang, sayur usus diolah,  raka, godoh tumpi,  sega liwet mewadah pinggan, daging babi harga 77, tetebus benang kuning


Wage
Nasi jauman dibawahnya uang 44, ayam ireng panggang, raka, godoh tumpi,  sega liwet mewadah pinggan, daging babi harga 44





Sinta
Nasi, pindang daging kerbau 2 keteng,

Landep
Tumpeng, 4 keteng

Wukir
Nasi uduk, ayam putih diopor, sayuran 5 macam, 4 keteng

Kulantir
Tumpeng, ayam lurik dipecel, 7 keteng

Taulu
Nasi uduk, 3 keteng, opor ayam

Gumbreg
Nasi, pindang ayam brumbun, sayur 9 macam, 4 keteng

Wariga alit
Nasi urab, gecko daging kerbau, 4 keteng

Wariga agung
Nasi uduk, opor bebek, sayuran 5 macam, 5 keteng

Julungwangi
Nasi, ayam brumbun, uang 8,5 sen, kucing

Sungsang
Nasi megana/kebuli n tumpeng, 2, ayam n bebek, sayur 9 macam campur dlm tumpeng, selawat 10 keteng

Dungulan
Nasi, kambing

Kuningan
Nasi kuning, kerbau, uang 6 keteng

Langkir
Nasi uduk, opor kambing n ikan, sayuran lengkap, 5 keteng

Medangsia
Nasi merah, sayur bayam merah, pindang ayam merah, bunga setaman merah, selawat baru masih merah 40 keteng,

Pujut
Tumpeng, ayam merah panggang, sayur 9 macam, selawat 30 keteng

Pahang
Nasi uduk, ayam satu warna opor, sayuran 11 macam, 9 keteng

Krulut
Sayuran macam2, jajan pasar, bunga boreh,

Mrakeh
Nasi uduk, opor ayam bulu 1 warna, ketan uli, 100 keteng

Tambir
Nasi , pindang bebek, kuah merah n putih, timun 25 biji, selawat pisau raut baja n 1 jarum

Medangkungan
Nasi kuning, ayam goring bulu biring kuning brumbun, bubur merah, 5 keteng



Matal
Nasi uduk, opor ayam n bebek, 4 keteng

Uye
Jajan pasar satak slawe (110) sen, madu

Menial
Nasi, ayam n ikan, sayur macam2, sambal goring, 8 kt

Perangbakat
Tumpeng, daging sapi manis, sayur macam2, selawat pacul

Bala
Tumpeng, 7 macam sayur, ayam hitam panggang, 40

Ugu
Nasi, ketan uli, jajan pasar, opor bebek, 10 kt

Wayang
Tumpeng, ayam, macam2 sayur, 40 kt

Kelau
Nasi golong, ayam n bebek bulu merah, daging burung, 5 kt

Dukut
Tumpeng, ayam brumbun putih panggang, 10 sen

Watugunung
Nasi, asam, ketan uli dodol, sayur 7 macam, 9 kt

Lontar wrespati kalpa n beakala wetoning rare

Wrespati kalpa n primbon jawa
Minggu emas
Caru : di sanggah kemulan suci 1, itik yg sudah bertelur, beras 5 catu, uang 555, benang 5 tukel, telur 5, pisang 5 ijas, kelapa 5, semuanya jd 1 bakul/keranjang. Sesayut kusuma jati 1 dulang dengan nasi putih, ayam putih mepanggang, sekar putih 5, airnya 5 mata air, tebasan durmangala, prayascita, peras pengambean

Senen perak
Caru : beras 4 catu, kelapa 5 bungkul, telur 4 butir, benang 4 tukel, pisang 4 ijas, uang 444 jadi 1 bakul. Penglukatan payuk 4 dr 4 mata air, sayut sita rengep 1 dulang dengan nasi ireng, pucuk bunga teleng biru, ayam brumbun panggang, suci 1 dengan daging itik yg pernah bertelur, prayascita, durmangala



Selasa gangsa
Caru : beras 3 catu, benang 3 tukel, kelapa 3 telur 3 pisang 3 ijas uang 333 jd 1 bakul, sesayut wirakesuma 1 dulang, nasi oranya, ayam biing kuning panggang potong2 dipolakan bangun urip dipucaki samsam landep, bunga 3 jenis, suci peras dipersembahkan ke surya. Penglukatan 3 payuk dr 3 mata air,


Rabu besi
Caru : beras 7 catu, telur 7, kelapa 7, pisang 7 ijas, benang tukel 7 uang 777 jd 1 bakul. Sesayut purna sukha 1 dulang, nasi kuning mesaur samsan delina wanta. Ayam putih kekuningan panggang diperesi tebu ratu, sekar putih 7 kuncup, sudamala, suci asoroh, prayascita, durmangala itik yg pernah bertelur, peras, bayuan. Penglukatan 7 payuk dr 7 mata air


Kamis perunggu
Caru : beras 8 catu, kelapa 8, telur 8, pisang 8 ijas, benang 8 tukel, uang 888, sayut kusuma ganda wati dengan nasi dadu, ayam brumbun, prayascita, durmangala. Melukat air 8 payuk dr 8 mata air, suci 1, bebek, peras dg ayam panggang.


Jum at tembaga
Caru : beras 6 catu, sesayutnya; liwet raja kiru adulang, nasi aru cendana mepucuk teleng biru, yam klau panggang, bunga cempaka kuning 6 kuncup, suci itik, prayascita, durmangala. Penglukatan 6 payuk dr 6 mata air

Sabtu timah
Caru : beras 9 catu, telur 9, kelapa 9, pisang 9 ijas, benang 9 tukel, uang 999 jd 1 bakul.  Sayut kusumayudha, nasi merah, ayam biing panggang, sampyan ending bunga 9,
Suci 1 n itik, peras, prayascita, dermangala.

Penglukatan 9 payuk dr 9 mata air