Rabu, 01 Juli 2015

Pewiwahan




Penganten Perempuan 
Penganten laki-laki



Penganten Perempuan :
hanya membuat ayaban di bale 
sesayut 
ayaban pregembal 
pebersihan 


Cara nanding 
ayaban di bale : pregembal 

Sesayut
sesayut : berupa gebogan yi 

tebasan penganten/tebasan pageh tuuh : 5 tumpeng meplekir, raka, kojong rasmen, 

nasin sesayut : tamas nyumplung misi nasi putih n kacang saur, tamas nyumplung misi nasi kuning n kacang saur, rasmennya bisa juga diwadahin kojong manak

sesayut jaja kukus 55 putih 

sesayut jaja kukus  66 kuning

pengenteg bayu


CARA MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN ALTERNATIF KLIK DISINI



ayaban pregembal 
tumpeng 22
Pulagembal/Pregembal (tumpeng 22)

Ulu :  2 tamas sodan cantik meserembeng isi gigin barong,  
          matah-matah 2, nyuh 2
          peras tulung 2, taluh 2
          sangurip 2 
          sampyan pusung 4 
          ole-ole 4 
          teterag 2 

               

 Awak : tumpeng bungkul (pengiring) 2 soroh sampyan jit goak
            tumpeng udel (tapuk pinang/kesuna) sampyan jit goak
            tumpeng 2 anak 5(kurenan) sampyan jit goak 
            tumpeng 2 pengapit asoroh sampyan jit goak 
            tumpeng 2 asoroh  (pregembal) sampyan jit goak 
            tumpeng 3 penyeneng 
            tumpeng 1 ___ isi daun ancak / tumpeng 4
            tumpeng 1 ___ isi daun bingin / tumpeng 5
            ungang : tumpeng 1 isi ikan ungang/tabya
            tumpeng gook
            tumpeng pancoran
            tumpeng bulakan
            pengebek   tumpeng 5
            tumpeng guru anak 5 sampyan nagasari 

 Runtutan : Pejati, serodan, nasi jauman n sate n lawar, suci, 
                  rantasan 
                      Peras pengambean 
                 Sodan + pengideng-ngidengan
                 Gebogan sampyan sodan
                 Pegoyan


            
  Tebasan :  Tebasan siddhapurna,sampyan nagasari n penyeneng

                Tebasan merta utama sampyan nagasari n penyeneng


-             Tebasan mertadewa sampyan nagasari penyeneng
              Tebasan candra geni sampyan nagasari n penyeneng
              Tebasan amerta sari  sampyan nagasari n penyeneng


-      
- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

Ikut : tamas ntal meserembeng cantik, 2 aled yi sodan dan peras,  suci, soroan, daksina, daksina 2 untuk jerimpen


lis pregembal 

taman pregembal 
pebersihan 
beakala
prayasita
biukaonan
pengulapan
tatakan lis 







Penganten laki-laki


Tebasan manik sekecap 
Tebasan pengenteg bayu 
Tebasan ardanareswari 

Cara nanding 
Tebasan manik sekecap : 
tamas, kulit sayut, sepotong biu cekak 4 isi gula merah meplekir, 2 tulung sangkur, raka, peras tulung payasan, kuangen 1, sampyan nagasari



Tebasan pengenteg bayu : 


Tebasan ardanareswari : 
tamas, kulit sayut, 2 tulung sangkur, tumpeng putih kuning meplekir, kuangen, raka, kojong rasmen, be ..... peras tulung payasan, sampyan nagasari 

Melayani pembuatan aneka Banten Hamil 7 bulan

 





Kehamilan dianggap sebagai fase krisis dalam kehidupan seorang wanita dan janin atau bayinya. Masyarakat di berbagai budaya memberikan perhatian pada fase ini.

Pada masa kehamilan ada banyak ritual yang biasanya dilakukan, termasuk di Bali. Apalagi, masyarakat Bali dikenal dengan budayanya yang sangat kuat.

Ritual di masa kehamilan di Bali dianggap penting untuk menjaga keselamatan ibu dan bayinya. Selain itu, juga agar diberikan kemudahan dan kelancaran saat melahirkan.

Upacara 7 bulanan di Bali disebut dengan magedong-gedongan, artinya yaitu pintu yang dalam, berada pada perut ibu. Dalam hal ini yang dimaksud kehidupan pertama adalah bayi, maka untuk keselamatan bayi yang ada dalam perut ibu dilakukan upacara magedong-gedongan.

Melansir dari jurnal ilmiah yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), upacara Magedong-gedongan yang disebut Upacara Garba Wedana yaitu upacara bayi dalam kandungan. Menurut Kanda Pat Rare (Kelahiran manusia mempunyai saudara empat), upacara ini merupakan ritual yang pertama kali dialami sejak terciptanya sebagai manusia yang ditujukan kehadapan bayi yang ada di dalam kandungan.

Persiapan Ritual
Nasi tumpeng/Instagram

Sebelum dilakukannya ritual, disiapkan sarana untuk melengkapi upacara tersebut, yaitu banten. Sarana yang perlu dipersiapkan panglidan dadari merupakan sesajen berupa 1 tumpeng kuning, 2 ayam putih siyungan yang telah dipanggang tatebus kuning, ditambah dengan tumpeng danaan, ayam panggang, tetabus putih dan cawu mumbul beralaskan cawu, serta ayam panggang putih disertai dengan canggah menek tuwun yang
digantung pada lahan kayu dapdap.

Setelah selesai banten pangladan dadari, semua sesajen disajikan di tempat tidur, lengkap dengan dapetan serta gedong-gedongan dari rontal. Lalu, berada di tengahnya berisi kelapa gading muda, digambari jabang bayi, beralaskan ceper yang diisi laklak tape dan idam-idaman, asem-aseman tiap gedongan diwastra dengan selembar kain yang baru.

Perlengkapan sesajen disiapkan didepan orang yang akan memimpin dan memuja, untuk melakukan tata cara upacara penyucian (prayascita) dengan dyus kamalingi, catur kumba dan sesantun selengkapnya. Kepada Dewa Hyang dan Sanggah Kemulan disiapkan banten danaan seperti pada sanggah Tutuan.
Prosesi


Ibu hamil dituntun ke beji (tempat mandi) khusus atau sungai, menggunakan tongkat dengan bumbung yang dikalungi dengan benang segulung dan juga sasat mata gantungan, semuanya dilengkapi dengan peralatan penglukatan gangga tirta, disucikan dibeji, sangku sudamala, kembang berwarna dengan menggunakan pandita untuk melukat. Setibanya di beji lalu di tepungtawari tempat itu dengan lukat dan lis, bersama-sama dengan yang hamil, dilanjutkan dengan pemujaan gangga, pemujaan utpeti, stiti antasana padmasana, dewa pratista, kuta gangga dewi mantra.

Sesajen yaitu caru yang dibawa ke beji, didekatkan dahulu sebelum mandi. Setelah itu, caru dihanyutkan
kepalanya menghadap ke hilir.

Sampai di rumah, mulai dengan upacara magedong-gedongan, perciki tirtha prayascita, ibu hamil hanya sebagai pendamping. Sementara, sang suami yang harus berdoa.


Melayani pembuatan aneka banten untuk upacara \hindu Bali
piodalan
pawiwahan
otonan
tiga bulanan


Melayani aneka Upacara
Ngelangkir
Menikah
Ngaben

hubungi via WA, Telp atau sms
0882 - 9209 - 6763
0896-0952-7771

Telp
0361 - 464096

alamat
jl Gandapura Gg 1c No1 Kesiman Kertalangu
dan
jl sedap malam 117a kebon kuri
Denpasar

Pesan Via Facebook Klik Disini


Melayani pembuatan aneka banten untuk upacara Otonan pertama bayi Upacara Satu Oton dan Mapetik untuk Melepaskan Dasa Mala

 




Saat bayi berusia 210 hari atau enam bulan pawukon, maka bayi akan dibuatkan upacara Otonan. Di era yang serba modern ini, upacara Otonan tidak hanya dilaksanakan di rumah, namun ada juga yang dilaksanakan di griya. Seperti halnya yang rutin digelar di Griya Wayahan Buruan Manuaba di Desa Buruan, Gianyar.

Menurut Jero Mangku Dalem Rsi dari Griya Gede Tegallingah, Ida Bagus Nyoman Madya, setiap harinya memang ada umat yang melangsungkan berbagai macam upacara di Griya Wayahan Buruan Manuaba, mulai dari upacara Macolongan, Tiga Bulanan, Otonan, Mabayuh hingga Matatah. Khusus untuk upacara Satu (1) Oton, 30 Agustus 2019 lalu diikuti delapan orang anak.



Dijelaskannya, Otonan bertujuan untuk menebus kesalahan terdahulu, sehingga dalam kehidupan saat ini bisa terus melakukan kebaikan. Di samping itu, lanjutnya, upacara yang dilakukan juga ditujukan kepada sang sane manumadi atau yang bereinkarnasi karena telah lahir kembali.

Pada saat Otonan ini, juga dilakukan proses magunting bok atau Mapetik atau menggunting rambut si bayi sebagai simbol menghilangkan Dasa Mala (10 kekotoran) yang ada pada si bayi.

Setelah itu, bayi digundul dan bisa diajak bersembahyang ke berbagai pura.
Yang dimaksud Dasa Mala adalah sepuluh sifat buruk menurut Hindu. Dasa artinya sepuluh, Mala artinya keburukan. Jadi, Dasa Mala adalah sepuluh keburukan.
Sepuluh sifat-sifat manusia buruk dan patut dihindari dalam upaya kesucian dan keluhuran budi, yakni Tandri (malas), Kleda (suka menunda-nunda), Teja (pikiran gelap). Kemudian Kulina, yakni sombong, suka menghina, menyakiti hati orang.
Keras kepala (Kuhaka), Metraya adalah sombong dan berbohong atau melebih-lebihkan, Megata (kejam), Ragastri (suka berzina).Selanjutnya adalah Bhaksa Bhuwana, yakni suka membuat orang lain melarat, Kimburu ( senang menipu). Selanjutnya masih ada kelompok-kelompok sifat negatif lainnya, misalnya Sad Ripu, Sapta Timira, Tri Mala, Sad Atatayi, dan lainnya.


“Ada juga yang usia tiga (3) oton baru Mapetik, sesuai dengan sima atau desa kala patra setempat,” imbuhnya kepada Bali Express ( Jawa Pos Group) pekan kemarin.




Adapun runtutan prosesi Satu Oton dimulai dengan mabiyakaonan, selanjutnya Mapetik atau potong rambut, lalu Majaya-jaya, muspa, kemudian matataban. Saat Mapetik atau potong rambut, rambut bayi akan dipotong secuil di tiga titik, yakni bagian atas kemudian sisi kanan dan sisi kiri. Rambut yang pertama kali digunting atau dipotong, kemudian diletakkan dalam blayag lalu dibawa pulang dan ditanam pada ari-ari si bayi.

“Jadi Mabiyakaon dulu, kemudian Mapetik, dan Majaya-jaya seperti ngamargiang tirta panglukatan, lis, tirta pembersihan, karawista, kartika, sekar, dan basma berupa beras yang diletakkan di sembilan tempat. Lalu Majaya-jaya nunas ica kepada Sang Hyang Siwa Jagatnata. Kemudian natab di Ciwa Duwara atau ubun-ubun, natab ring Netra atau mata langsung di Karna atau telinga, setelah itu baru muspa sesuai kepercayaan,” jelasnya.

Setelah muspa dan nunas wangsuhpada barulah si bayi matataban, mulai dari natab banten Pangambean, sambutan, janganan, natab oton, natab soroan, natab pakoleman, hingga natab pregembal guling. Setelah itu, baru prosesi ngambil panyeneng yang dilekatkan pada bahu, ulu hati, dan ubun-ubun. Kemudian si bayi dipakaikan gelang dari benang putih. Dengan mengenakan
gelang dari benang putih, maka runtutan ritual sudah dianggap selesai.

Soal upacara, sudah sejak tahun 1980an ada umat yang tangkil ke Griya Wayahan Buruan Manuaba untuk melangsungkan berbagai upacara Manusa Yadnya. Terlebih biayanya bisa dikatakan cukup terjangkau.

“Penanganan cara ini untuk membantu masyarajat yang kurang mampu, karena Yadnya tidak bisa diukur dengan besar kecil. Sebab, yang terpenting adalah tulus ikhlas. Jangan memandang banten begini atau begitu, karena apapun bisa kurang kalau dikatakan kurang, dan bisa lebih bila dikatakan lebih. Jangan berpatokan banten besar atau kecil, tetapi kembali ke ukuran kita masing-masing,” pesannya.

Sebab dinamika belakangan ini, lanjutnya, banyak umat yang usai menggelar upacara Yadnya malah stres karena memiliki utang. Ia berharap masyarakat bisa terbantu dengan menggelar upacara di griya. “Agar jangan sampai kita berutang saat memiliki Yadnya. Begitu selesai berupakara malah stres memikirkan utang. Dan, kita juga ngayah disini, tidak mematok berapa biayanya, intinya tulus dan ikhlas,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu anak yang mengikuti upacara Satu Oton di Griya Wayahan Buruan Manuaba adalah I Dewa Gede Sandya Pena Mahottama. Bahkan, bayi lucu yang lahir Februari 2019 lalu ini, juga melangsungkan upacara tiga bulanan atau Nelubulanin di Griya tersebut.

“Di era seperti saat ini menggelar upakara Yadnya tidak perlu dijadikan beban, sehingga kami memilih menggelar upacara Nelubulanin hingga Satu Oton di griya, karena upacara di rumah atau griya sama saja, yang penting niatnya tulus dan ikhlas,” ujar sang ayah, I Dewa Gede Rastana.

Ia pun berharap putra pertamanya senantiasa sehat dan dianugerahi keselamatan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa, serta tumbuh menjadi anak yang suputra.
Melayani pembuatan aneka banten untuk upacara \hindu Bali
piodalan
pawiwahan
otonan
tiga bulanan


Melayani aneka Upacara
Ngelangkir
Menikah
Ngaben

hubungi via WA, Telp atau sms
0882 - 9209 - 6763
0896-0952-7771

Telp
0361 - 464096

alamat
jl Gandapura Gg 1c No1 Kesiman Kertalangu
dan
jl sedap malam 117a kebon kuri
Denpasar

Pesan Via Facebook Klik Disini

Melayani pembuatan aneka banten untuk upacara pawiwahan

 





UPACARA DAN UPAKARA PERKAWINAN



1. Banten yang dibawa saat mejauman canang pengraos, Pejati, Tipat Bantal. Sane munggah ring merajan: Pejati, Tumpeng 7, Tebasan 3, Gebogan, Nasi Rongan, Sate Rongan, Tegen-tegenan.

2. Banten ketika menyambut pengantin di depan rumah: Segehan cacahan dan api takep.

3. Tidak ada

4. Setelah pengantin masuk rumah kemudian ke Kamar.

5. Prosesi acara ngekeb: matatab/natab banten pangekeban, Ngaturang bakti/muspa, berdiam diri di kamar sampai pagi hari.

6. Banten ngekeb yaitu tumpeng solas beserta runtutannya. Banten tersebut ditempatkan di kamar.

7. Upacaka perkawinan dilaksanakan di halaman rumah.

8. Banten makalan-kalan yaitu Tumpeng 7 dan runtutannya, nanceb kayu sakti (carang dadap berisi uang kepeng diikat dengan benang tatebus).

Banten kalan-kalan isinya Daksina suci jangkep, sorwan wadah ngiu, sambuk dibelah tiga bagian didalamnya berisi telur dan kuangen serta lidi 3 katih diikat dengan benang tridatu yang akan digunakan untuk matanjung sambuk. Kemudian dilanjutkan dengan madagang dengan membawa sok yang isinya payuk perumpung berisi andong, pohon kunyit, pohon keladi, nasi satu bungkus, kebasa satu bungkus, lengis satu bungkus, sera satu bungkus yang akan dibawa oleh pengantin wanita sedangkan Pengantin Laki-laki akan berbelanja dengan membawa cangkul.

9. Upacara Kanistan memakai Pulagembal dan Tumpeng 22 beserta runtutannya. Pelaksanaanya di Balai Adat.

10. Jika nuur Sulinggih banten tatabannya Sesayut anten serta isinya Biu, Jaja, Tebu, Jaja Kukus.

11. Jika nuur Sulinggih banten tatabannya yaitu Pulagembal, Tumpeng 22 beserta runtutannya. Menambahkan daksina gede, banten pelisan berisi pungun-pungunnya, dan nancep surya. Banten di surya yaitu Dewa-dewi, suci asoroh, peras gede.

12. Sesayut Engengan dan isisnya Nasi, Rasmen, Jaja.

13. Dihaturkan Daksina Suci Asoroh.

14. Pada palinggih/merajan dihaturkan Daksina Suci Asoroh.

15. Banten caru pada saat upacara perkawinan adalah Caru Brumbun. Isinya yaitu:

- Ulun Caru: suci asoroh lengkap

- Tumpeng 7 beserta runtutannya

- Caru dengan ayam brumbun lengkap

- Surya Caru: suci asoroh lengkap

- Pabia kala: prayascita dan panimpug

Melayani pembuatan aneka banten untuk upacara \hindu Bali
piodalan
pawiwahan
otonan
tiga bulanan


Melayani aneka Upacara
Ngelangkir
Menikah
Ngaben

hubungi via WA, Telp atau sms
0882 - 9209 - 6763
0896-0952-7771

Telp
0361 - 464096

alamat
jl Gandapura Gg 1c No1 Kesiman Kertalangu
dan
jl sedap malam 117a kebon kuri
Denpasar

Pesan Via Facebook Klik Disini


tutug kambuhan/42 hari bayi

 



Upacara Tutug Kambuhan bermakna membersihkan jiwa raga sang bayi dari pengaruh buruk, sedangkan untuk ibu membersihkan dari segala noda dan kotoran, ungkapan rasa berterima kasih kepada Nyama Bajang bayi atas bantuannya menjaga bayi sewaktu masih dalam kandungan juga mohon agar mereka kembali ke tempat asalnya masing-masing.

Tutug Kambuhan bisa juga disebut Bulan Pitung, Dina atau Macolongan, upacara ini dilaksanakan saat bayi berumur 42 hari, perhitungan ini mengikuti wuku yaitu selama 6 wuku, satu wuku 7 hari, jadi satu bulan Bali sama dengan 35 hari (5 minggu). Upacara ini termasuk dalam upacara manusa Yadnya, Karena upacara ini dilakukan pada seorang manusia (bayi), manusa Yadnya adalah upacara persembahan suci yang tulus ikhlas kepada manusia.

Adapun yang dimaksud dengan Nyama Bajang adalah merupakan manifestasi kekuatan Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) yang membantu tugas-tugasKanda-Pat dalam hal menjaga dan memelihara bayi, sejak mulai tumbuhnya benih sampai saat kelahiran bayi. Setelah bayi lahir, tugas-tugas Nyama Bajang ini berakhir sedangkan yang dimaksud dengan Kanda-Pat adalah: Ari-ari, Lamas, Getih dan Yeh-Nyom. Berbeda dengan Nyama Bajang, Kanda-Pat selalu senantiasa menemani manusia, sejak bayi masih dalam kandungan sampai manusia menjadi tua dan akhirnya meninggal dunia.


Upacara Tutug Kambuhan ini sangat penting untuk dilaksanakan tepat pada waktunya, ini semua berguna unutk pembersihan raga bagi bayi, karena pada usia 42 hari, tali pusar sudah putus, lapisan kulit yang paling tipis sudah berganti, peredaran darah dan konsumsi makanan sudah lancar sehingga keringat, air mata, ludah, kencing, dan kotoran sudah keluar dan untuk pembersihan raga ibu ditandai oleh terhentinya aliran kotoran dari rahim.


Upacara Tutug Kambuhan ini sebaiknya diusahakan terlaksana, walaupun sangat sederhana. Upacara ini merupakan batas waktu bagi kebersihan jiwa si bayi dan ibunya yang biasa disebut lepas sesebelan atau cuntaka. Setelah sesebelan/cuntaka ini bayi dan ibunya boleh diperkenakan masuk ke dalam Pura, namun saat memasuki pura, ibu dilarang menyusui anak, karena air susu yang menetes membawa “keletehan atau membuat kotor tempat suci. Sedangkan untuk sang ayah, batas waktu sesebelan/cuntaka adalah ketika si bayi putus tali pusarnya. Pada saat itu ayah harus melakukan natab bea kala dan ngayab prayascita.

Upacara Tutug Kambuhan ini dipimpin oleh pendeta/Sulinggih dan dilaksanakan dirumah, ada 3 tempat lokasi dalam melakukan upacara ini yaitu:Di dapur, pemujaan/persembahan terhadap Dewa Brahma.
Di tempat pemandian pemujaan/persembahan terhadap Dewa Wisnu.
Di sanggah kamulan pemujaan/persembahan terhadap Dewa Siwa.

Pelaksanaan upacara diawali dengan membaca doa dan menghaturkan puja puja oleh Pendeta/Sulinggih dengan mempersembahkan beberapa sesajen yang berfungsi untuk membersihkan jasmani bayi agar memperoleh kesucian, kesejahteraan, juga sebagai permohonan agar diberikan kesuksesan hidup, lalu diadakan upacara byakala untuk pembersihan lahir dan bathin juga menghilangkan segala bentuk pengaruh - pengaruh negatif, upacara selanjutnya dilukat dannatab, rangkaian upacara Tutug Kambuhan ini diakhiri dengan melakukan persembahyangan.

(Artikel dari berbagai sumber)


Melayani pembuatan aneka banten untuk upacara \hindu Bali
piodalan
pawiwahan
otonan
tiga bulanan


Melayani aneka Upacara
Ngelangkir
Menikah
Ngaben

hubungi via WA, Telp atau sms
0882 - 9209 - 6763
0896-0952-7771

Telp
0361 - 464096

alamat
jl Gandapura Gg 1c No1 Kesiman Kertalangu
dan
jl sedap malam 117a kebon kuri
Denpasar

Pesan Via Facebook Klik Disini


kepus pungsed bayi





Bicara agama Hindu, khususnya umatnya yang ada di Bali memang tak lepas dari yadnya yang selalu dilaksanakan. Yadnya yang merupakan sebuah usaha untuk menjembatani diri dengan kebenaran tertinggi yakni Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Di Bali sendiri beragam tradisi maupun yadnya yang masih erat kaitannya dengan upacara agama, yang tetap melekat dalam diri umatnya. Seperti Upacara Kepus Pungsed atau ada juga yang menyebut Kepus Udel dan Kepus Puser. Upacara ini biasanya dilaksanakan ketika si jabang bayi setelah beberapa hari lahir, tali pusarnya yang menempel di pusarnya sejak lahir terlepas secara alami.

Upacara ini pun menurut sumber lainnya disebut dengan istilah Upacara Mepenelahan atau Penelahan, yang bersumber dari kata telah yang memiliki arti habis. Hal ini tentu saja tak lepas dari keyakinan bahwa ketika bayi tersebut masih dalam kandungan, dijaga oleh empat unsur, yang biasa disebut Catur Sanak. Meliputi yeh nyom, ari-ari, dan getih, tiga dari empat unsur tersebut sudah terlepas disaat bayi tersebut lahir. Sedangkan satu unsur lainnya yang tetap melekat saat bayi itu lahir yakni puser atau udel.


Maka ketika lepasnya sisa tali pusar atau udel tersebut, maka terlepas sudah semua unsur Catur Sanak yang sebelumnya melekat pada bayi tersebut, baik ketika masih di dalam kandungan maupun ketika lahir. Inilah yang membuat terlepasnya sisa tali pusar itu diupacarai dengan Upacara Mepenelahan.


Lantas apa maksud dari upacara ini, menurut Mangku Nyoman Suparta serta beberapa sumber disebutkan, upacara ini bermakna pembersihan raga dan jiwa dari jabang bayi tersebut. Karena lepasnya satu unsur terakhir itu, membuat bayi tersebut sudah lepas dari pengaruh Catur Sanak. Pengertian yang nyaris sama juga tertulis dalam salah satu artikel yang termuat dalam situs PHDI. Disebutkan, bahwa setelah puser bayi terlepas, maka akan dibuatkan upakara. Tujuannya untuk membersihakan secara spiritual tempat-tempat suci dan bangunan-bangunan yang ada di sekitarnya.

Lantas bagaimana dengan puser si jabang bayi yang sudah terlepas. Masih dalam artikel PHDI itu, puser tersebut selanjutnya dibungkus dengan secarik kain, yang selanjutnya dimasukkan dalam sebuah kulit ketupat kecil. Tak hanya itu, ketupat tersebut juga disertai dengan sejenis rempah-rempah yang khasiatnya menghangatkan, seperti cengkeh. Ketupat kecil ini kemudian digantungkan pada arah kaki tempat tidur si bayi.

Sedangkan di beberapa daerah di Bali, seperti diutarakan Mangku Nyoman Suparta, begitu tali pusar itu terlepas maka akan dimasukkan ke dalam sebuah potongan bambu kuning berukuran kecil. Secara kasat mata, ukurannya bambu tersebut tak lebih dari seukuran pensil, dengan panjang sekitar 3cm. Selanjutnya di tiap ujung lubang bambu kuning itu ditutup dengan menggunakan tetesan lilin, atau jika ada lebih baik lagi dengan menggunakan malem (lem dari sarang lebah). Tujuannya tak lain supaya tidak ada bagian dari puser tersebut yang terlihat dari luar. Lalu setelah tertutup setiap ujungnya, bambu tersebut diikat menggunakan benang, dan benang diikatkan pada tangan sang bayi. “Tapi tiap daerah memang berbeda-beda, cuma mungkin maknanya sama,” papar Mangku Nyoman Suparta.




Sedangkan terkait dengan upacara tersebut, disebutkan jika menurut kepercayaan umat Hindu, maka mulai saat upacara itu dilangsungkan, maka ketika itu pula bayi tersebut mulai diasuh Sang Hyang Kumara. Karena itulah, maka dibuatkan sebuah stana Sang Hyang Kumara di atas kepala bayi tersebut ketika tidur, yang disebut Pelangkiran Kumara. Sang Nyang Kumara akan menjadi pelindung dan pengasuh bayi tersebut sebelum gigi bayi tersebut tanggal.

Sementara itu, terkait dengan sarana banten yang digunakan saat Upacara Kepus Pungsed, meliputi Ajuman yakni Ajengan, Sodan, Rayunan, memakai nasi putih dan kuning yang berisi lauk telur dadar, dan rerasmen, raka-raka, dan sampyan plaus, termasuk beberapa perlengkapan lainnya. Dalam bebantenan itu juga berisi kekiping, pisang emas, tebu nyah-nyah geringsing, canang sari, canang burat wangi, lenge wangi, miyik-miyikan (bunga-bunga yang harum terutama yang berwarna putih kuning).

Tak hanya itu, seperti tertulis dalam salah satu artikel di situs PHDI itu, sarana bebantenan juga disertakan dengan guli-guli, batu buah salak, ketela rambat, keladi, kunyit. Sarana upacara atau bebantenan itu pun diakui Mangku Nyoman Suparta hampir sama dengan yang biasa digunakan di daerahnya.

Lantas dimana saja upacara tersebut dilaksanakan. Menurutnya, ada beberapa tempat yang biasa menjadi rangkaian pelaksanaan Upacara Kepus Pungsed. Mulai dari di sungai atau tukad, kemudian di nyaman (saudara) sang bayi (tempat ari-ari dikubur), dan di paon (dapur). Kemudian barulah sang jabang bayi metataban. “Untuk rangkaian ini bisa jadi berbeda-beda dari satu daerah dengan daerah lain. Tapi maknanya hampir sama,” pungkasnya.


aneka banten untuk upacara kelahiran bayi Upacara kelahiran (Jatakarma Samskara).







Upacara ini dilaksanakan pada waktu bayi baru dilahirkan. Upacara ini adalah sebagai ungkapan kebahagiaan atas kehadiran si kecil di dunia.
Sarana


Dapetan, terdiri dari nasi berbentuk tumpeng dengan lauk pauknya (rerasmen) dan buah-buahan.
Canang sari / canang genten, sampiyan jaet dan penyeneng.
Untuk menanam ari-ari (mendem ari-ari) diperlukan sebuah kendil (periuk kecil) dengan tutupnya atau sebuah kelapa yang airnya dibuang.

Waktu
Upacara Jatakarma dilaksanakan pada waktu bayi baru dilahirkan dan telah mendapat perawatan pertama.
Tempat Upacara Jatakarma dilaksanakan di dalam dan di depan pintu rumah.
Pelaksana Upacara kelahiran dilaksanakan atau dipimpin oleh salah seorang keluarga yang tertua atau dituakan, demikian juga untuk menanam (mendem) ari-arinya. Dalam hal tidak ada keluarga tertua, misalnya, hidup di rantauan, sang ayah dapat melaksanakan upacara ini.

Tata Cara
1 Bayi yang baru lahir diupacarai dengan banten dapetan, canang sari, canang genten, sampiyan dan penyeneng. Tujuannya agar atma / roh yang menjelma pada si bayi mendapatkan keselamatan.
2 Setelah ari-ari dibersihkan, selanjutnya dimasukkan ke dalam kendil lalu
ditutup. Apabila mempergunakan kelapa, kelapa itu terlebih dahulu dibelah menjadi dua bagian, selanjutnya ditutup kernbali. Perlu diingat sebelum kendil atau kelapa itu digunakan, pada bagian tutup kendil atau belahan kelapa bagian atas ditulisi dengan aksara OM KARA (OM) dan pada dasar alas kendil atau bagian bawah kelapa ditulisi aksara AH KARA (AH) .
3 Kendil atau kelapa selanjutnya dibungkus dengan kain putih dan di dalamnya diberi bunga.
4 Selanjutnya kendil atau kelapa ditanam di halaman rumah, tepatnya pada bagian kanan pintu ruangan rumah untuk anak Iaki-laki, dan bagian kiri untuk wanita bila dilihat dari dalam rumah.

Mantram
Menanam ari- ari. Artinya:
Om lbu Pertiwi rumaga bayu, rumaga amerta sanjiwani, angermertani sarwa tumuwuh si anu (kalau bayi sudah diberi nama sebutkan namanya) mangde dirgayusa nutugang tuwuh. Om Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi sebagai pertiwi, penguasa segala kekuatan, penguasa kehidupan menghidupi segala yang lahir/ tumbuh, si anu (nama si bayi) semoga panjang umur.

Melayani pembuatan aneka banten untuk upacara \hindu Bali
piodalan
pawiwahan
otonan
tiga bulanan


Melayani aneka Upacara
Ngelangkir
Menikah
Ngaben

hubungi via WA, Telp atau sms
0882 - 9209 - 6763
0896-0952-7771

Telp
0361 - 464096

alamat
jl Gandapura Gg 1c No1 Kesiman Kertalangu
dan
jl sedap malam 117a kebon kuri
Denpasar

Pesan Via Facebook Klik Disini



- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI