Rabu, 12 Oktober 2022

Sambutan

 Sambutan 

Ngiu, taledan, beras mepinda manusa, 4 tumpeng, raka, kojong rasmen, 2 njek kebo isi isin daksina, 2 cau mejenggot isi nasi rasmen, ceper tipat sambutan (5 macam tipat yi taluh, sari, bagia, nasi, inih-inih), taluh ayam mentah, nyuh daksina isi benang tukelan, bebuat (2 penyeneng tidak mesesapi n 2 penyeneng mesesapi), sri gunting, 2 sampyan pusung, sampyan sambutan 


















Banten Saraswati

 Banten Saraswati 

tamas, raka, celemik rasmen, 7 celemik isi dadap meseseb, beras kuning, sisig, boreh miik, tepung tawar, don pucuk meseseb, jajan saraswati, penyeneng, nagasari, canang, don bingin, don cemara 



- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

Ayaban Tumpeng Solas

 Ayaban Tumpeng Solas 








pejati suci

gebogan

jerimpen punggul

peras

pengambean

sayut

sodan 

penyeneng

dapetan

pengiring

pengapit 

sayut pebersihan

sayut sidapurna

sayut merta utama

teterag 



Tetandingan nyane 

jerimpen punggul

wakul, raka, tumpeng, kojong rasmen 


peras: 

taledan, beras porosan benang pis bolong, kulit peras, raka, nasin peras, kojong rasmen, sampyan peras 


pengambean: 





sayut

sodan 

penyeneng

dapetan

pengiring

pengapit 

sayut pebersihan

sayut sidapurna

sayut merta utama












Sesayut Salah Ukur

 Sesayut Salah Ukur 

1 tempat terdiri dari 2 tandingan marep keluan n keteben

marep keluan

Kulit sayut, raka, kojong rasmen, 6 tumpeng ,   peras tulung sayut,  ayam panggang, payasan, pesucian, canang 

marep keteben
Kulit sayut, raka, kojong rasmen, 6 tumpeng ,   peras tulung sayut,  bebek panggang, payasan, pesucian, sampyan canang 

sampyan tangga 4 direbahkan 


Sesayut Petemon atau sayut Dampati

Sesayut Petemon atau sayut Dampati 

terdiri dari 2 tanding 

1.   kulit sayut, raka, kojong rasmen, 2 tulung sangkur, tumpeng barak meplekir ditancepin kuangen n bunga merah, meulam ayam biing panggang, peras tulung sayut,  payasan, pesucian, sampyan penyeneng,  nagasari, canang 


2.   kulit sayut,  raka, kojong rasmen, 2 tulung sangkur, tumpeng  meplekir ditancepin kuangen n bunga putih, meulam ayam putih panggang, peras tulung sayut,  payasan, pesucian, sampyan penyeneng,  nagasari, canang 









Sesayut Manik Sekecap

 Sesayut Manik Sekecap 

Kulit sayut, raka, kojong rasmen, 2 tulung sangkur isi nasi rasmen,  nasi sodan diatasnya sepotong pisang di belah ditancepin gula merah, peras tulung sayut,   payasan, pesucian, sampyan penyeneng,  nagasari, canang 






Caru Natah

 Caru Natah

  Urip 

saptawara               pancawarna                  

redite        5            putih                              5

soma         4            barak                             9

anggara     3            putih siungan/kuning    7

buda          7           selem                              4

wrespati    8           brumbun                         8

saniscara   9




Caru Brumbun nuju dina buda


Caru Brumbun manca desa nuju dina buda

sengkui

5 taledan, 1 daksina telor ayam, 5 raka, 5 kojong rasmen, 

Purwa: tumpeng putih, ketengan 4 (4 kaput lawar n 1 sate lembat) bayuhan 1 (1 kaput n 5 sate lembat) pajegan 7 (7 kaput lawar n masing-masing 4 jenis sate yi lembat, asem, empal, jeroan), takir isi 5calon 

Daksina: barak, ketengan 4 (4 kaput lawar n 1 sate lembat) bayuhan 1 (1 kaput n 9 sate lembat) pajegan 7 (7 kaput lawar n masing-masing 4 jenis sate yi lembat, asem, empal, jeroan), takir isi 9calon 

Pascima: kuning, ketengan 4 (4 kaput lawar n 1 sate lembat) bayuhan 1 (1 kaput n 7 sate lembat) pajegan 7 (7 kaput lawar n masing-masing 4 jenis sate yi lembat, asem, empal, jeroan), takir isi 7calon 

Utara: selem,  ketengan 4 (4 kaput lawar n 1 sate lembat) bayuhan 1 (1 kaput n 4 sate lembat) pajegan 7 (7 kaput lawar n masing-masing 4 jenis sate yi lembat, asem, empal, jeroan), takir isi  4calon 

5 sampyan nagasri pada masing2 warna tumpeng

aled

bayang bayang ayam brumbun 

rurub

payuk pere 

bungkak gadang 

gelarsanga

di sanggah cucuk sodan 


Ayaban caru 

klatkat atau ebeg

peras

pengambean

dapetan

sayut 

sodan 

penyeneng, peras tulung sayut


pejati pertiwi

Tebasan 

pemali

jaga satru

sapuh awu

panca kelud

lara melaradan 



Tetandingan Tebasan 

Pemali

tamas, raka, kojong rasmen, tumpeng,peras tulung sayut, payasan, bungsil, pecahan genteng dg tapak dara, payuk pere bolong, don gegirang n awar-awar, sampyan nagasari, canang,  buu




jaga satru

tamas, daksina telor ayam,  raka, tumpeng barak, kojong rasmen, peras, sodan, tipat kelanan,  9 dupa, 9 muncuk lalang, 9 lidi, peras tulung sayut,  nasi wong barak n nasi wong putih,payasan, sampyan nagasari, canang




sapuh awu

tamas, daksina telor ayam,  raka, tumpeng, kojong rasmen, peras, sodan, tipat kelanan, paang, linting, danyuh, yeh tukad, yeh pasih, peras tulung sayut,  payasan, sampyan nagasari, canang



panca kelud

tamas, daksina telor ayam,  raka, tumpeng 5 warna (putih, barak, kuning, selem, brumbun), kojong rasmen, peras, sodan, tipat kelanan, peras tulung sayut,  payasan, sampyan nagasari, canang


lara melaradan 

tamas,   raka, kojong rasmen, nasi urab sesuai urip saptawara,  peras tulung sayut,  payasan, sampyan nagasari, canang



- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI







CARU,
Pengetahuan ini bersifat rahasia, sangat pingit. Jika ada pihak yang menghina kegiatan CARU, diam saja. Maafkan mereka yang belum mengerti.
Caru artinya (kemBali) 'harmonis'. Leluhur punya beberapa teknik merubah sifat energi bhuta menjadi dewa (nyomia), ini salah satunya.
Sarana nyomia ada juga yang tanpa membunuh binatang. Tentu teknikal beda, mantra beda, sarana Banten beda, juga kemampuan, kompetensi, sertifikasi profesional pemuput/sulinggihnya harus mumpuni. Agar ritual caru tanpa membunuh binatang berjalan sesuai harapan sang yajamana.
----------++++++-----------
JEJAK TANTRA PADA RITUAL MASYARAKAT BALI KUNO
MA Kresna Dwaja
# Sanggar bhudaireng #
Tantra bagi kami adalah sebuah perubahan sifat energi dari bergejolak dan reaktif menjadi tenang, damai dan harmoni.
Bisa juga dimaknai sebagai pencapaian spiritual yang tinggi, kecerdasan genius, kesadaran yang sangat dalam, serta kemampuan pengelolaan energi yang mumpuni (Rajayoga).
Jejak tantra dalam ritual masyarakat Bali kuno adalah pengejahwantahan filsafat ajaran yang supralinguistik melalui sadhana massal yang praktis untuk mencapai tujuan daripada filosofi yang tinggi-tinggi tsb.
Salah satunya adalah proses 'somya' pada ritual bhuta yajnya yakni merubah sifat energi dari yang ganas, kasar dan rajas ( bhuta ) menjadi sifat yang halus, tenang dan satwika ( dewa ).
Ritual ini adalah wujud kontemplasi bathin para manggala (terutama pemuput upacara) didalam tubuhnya, yang mampu memproses dan memancarkan cahaya energi tantranya pada saat mentransformasikan energi bhuta menjadi dewa ( soma ya ).
Pada saat proses penyebrangan roh binatang (pengaskara-an) terjadi pengelolaan tubuh hewan caru, yang rohnya sudah tidak ada ini digunakan sebagai tubuh baru bagi para roh gentayangan yang bersifat ganas, kasar dan rajas tersebut.
Memahami dan peka terhadap kehidupan setelah kematian juga sangat diperlukan pada proses ini.
Sebagian masyarakat mengatakan ritual caru hanyalah sebuah ritual biasa yang hanya berdasarkan pada keyakinan/srada semata. Kemampuan kontemplasi bathin tidak ditemukan, dan bahkan akan menganggap ritual ini melenceng dari ajaran Weda.
Fenomena caru ini membuat sebagian masyarakat kebingungan mencarikan dasar sastra, tatwa pelaksanaan nya. Apalagi dengan kebiasaan ber-ritual hanya sekedar melaksanakan tanpa pernah 'mengalami', maka tidak akan pernah memahami ajaran tantra itu sendiri.
Memperlihatkan kebodohan yang berkedok advokasi tafsir Weda yang kurang pas, yang menyatakan bhuta yajnya sbg ritual himsa karma. Mereka tidak pernah memahami bahwasanya bhutayajnya di Bali adalah warisan ajaran tantra yang berlandasakan pada aspek transformasi roh binatang, bukan pembunuhan standar dagang sate atau babi guling.
Demikianlah penggalian kami tentang jejak tantra pada pelaksanaan ritual bhuta yajnya di Bali pada khususnya dan nusantara pada umumnya.
Semoga pemaparan ini bisa dijadikan komparasi kepada penggalian ajaran sahabat saat ini yang hanya memahami sebuah ritual sebagai dasar srada - bhakti, bukan pada proses transformasi energi yang sangat dikuasai oleh para praktisi tantra sebagai sulinggih, pemuput upakara.
Om, Yamaraja Ya Nama Hum.