Kamis, 14 April 2022

Beakala

 



Sidi
Kulit sayut
Kulit peras dr pandan medui
Raka
Nasi metimpuh metajuh
Kojong rasmen
Ceper: misi taluh matah,
peselan, sesabet, 2
takir yi 1 tepung tawar
n beras kuning
Takir 2 misi 2 pis
bolong benang barak.
Peselan yi 3 don dadap,
1 base, seet mimang,
don selasih, padang
lepas digulung iket dg
benang barak.
Peras tulung payasan pesucian
Payuk pere padma
Sampyan nagasari endong
Penyeneng endong
Lis endong







Senjata Dewata NawaSanga




Euforia Manusia Bali mengenai ageman yang dianutnya dimulai era Akhir 80 an, semuanya Mulai #mencari dengan mengabaikan #Catur_Asrama , dan lebih paranoidnya hampir semuanya mencari #Keluar_diri.

Apakah ageman Bali, kekurangan literasi sehingga sampai mencari keluar?.
Jawabannya; tidak, literasi di Bali Super lengkap, Hanya Sayangnya Kurang diselami lebih dalam Lagi.
Senjata pada Dewata NawaSanga bukanlah Senjata #nyata, Seperti pemikiran Kebanyakan orang, akan tetapi adalah sebagai Simbul #Kekuatan_Pengharapan yang ingin dicapai dari Suatu Yadnya.
1. #Bajra ,#Iswara, Timur(Purwa) , Sang, ...sebagai "Pengharapan Keselamatan & Kesejahteraan alam semesta ".
2. #Dupa, Mahesora, Tenggara (Gneyan), Nang.... Simbul #ApiSuci Untuk #membakar segala Bentuk adharma.
3. #Gada, Brahma, Selatan(Daksina), Bang .... #Pemukul semua Bentuk ke #angkara_murkaan.
4. #Moksala, Rudra , Baratdaya( Neritti) , #Mang... Sebagai Pengharapan #Kedamaian ( kesentausaan, pelestarian, keseimbangan, keharmonisan).
5. #Nagapasha, Mahadewa, Barat ( Pascima) ,#Tang..... Sebagai simbul #Kemahakuasaan ( pemusnah Dan penghancur kejahatan).
6. #Angkus / #Dwaja , Sankara, Barat Laut (Wayabya), Sing.... #Kekuatan_Suci ( Pelindung alam semesta dari adharma).
7. #CAKRA, Wisnu, uttara , Ang ... "Mengatur isi alam semesta agar tetap #harmonis ".
8. #Trisula, Sambu , Ersania ( Timur Laut), Wang..... Memusnahkan segala Bentuk kekuatan adharma, agar tercapainya Kedamaian Dan kesejahteraan.
9. #Padma#Siwa_Guru , Tengah ( madya) , Yang....... AIR SUCI KEHIDUPAN.
Implementasi dari simbul SENJATA ini adalah banten #SESAYUT atau #TEBASAN.
Ong Bajrayantu namatesmetika snarayawe namo namah, purwa desa Raksa daya, Kalarajastre Sarwa satru byo namah Swaha.





Menyingkap Rahasia Roh dan Reinkarnasi

 


Ketika kita meninggal roh kita berada di luar badan kasat/badan fisik dan sudah tidak dapat masuk kembali. Mereka yang meninggal dengan penuh kesadaran/kebijaksanaan dapat menikmati proses kematian, hal itu disebabkan karena sebenarnya mereka sudah pernah mengalami perpisahan roh dengan badan fidik beberapa kali saat meditasi.
Ketika kita meninggal terasa seolah-olah kita memasuki terowongan panjang yang bercahaya. Bila kita meninggal dengan penuh kesadaran begitu keluar dari terowongan itu roh kita akan langsung memutuskan hubungan dengan badan fisik. Hanya diniatkan saja (karena kita masih memiliki pikiran dan dapat memikirkan apapun) maka hubungan kita dengan badan fisik akan benar-benar putus . Setelah itu kita akan melihat cahaya yang mengantar kita untuk memasuki alam lain yang lebih indah.
Apabila masih ada kemelekatan dengan keluarga atau apa pun yang kita tinggalkan, cahaya tidak akan terlihat atau bila ia terlihat akan segera lenyap.
Ketika terlihat cahaya lupakan segalanya dan ikuti cahaya itu. Kita akan merasa seolah-olah sedang melayang. Keadaan seperti demikian, perasaan demikian tidak asing bagi para meditator sejati (termasuk para pertapa, yogi, maharsi, nabi, biksu dll) karena mereka sudah merasakannya dalam alam meditasi. Jadi tidak ada rasa takut.



Dalam alam halus yang sedang kita jelajahi niat kita menjadi sangat penting. Apa pun yang kita niatkan itulah yang terjadi.
Ketika melihat cahaya, jika tidak ada niat untuk mengikutinya akan terjadi blackout, gelap gulita tanpa setitik pun cahaya. Itulah yang biasa terjadi dengan mereka yang tidak pernah menyelami alam meditasi/yang hidup tanpa kesadaran.
Setelah gelap gulita yang terasa sangat menyeramkan itu (yang disebut “rasa sakit” dalam alam maut) kita yang masih terikat dengan dunia benda tetap berada di alam dunia benda atau di dunia ini tetapi tanpa badan fisik (Kita akan wara-wiri di dunia ini, mengunjungi tempat-tempat di mana kita biasanya bersenang-senang semasa kita hidup atau mengikuti orang-orang yang kita cintai).
Ketika akhirnya kita lelah, yang terjadi setelah beberapa waktu itu atau waktu yang lama sekali, maka mekanisme alam mulai bekerja secara otomatis. Kita lahir kembali mengikuti proses daur ulang alami. Kita akan lahir dalam keluarga tempat kita dapat menyelesaikan pelajaran-pelajaran berikutnya. Dalam keluarga tersebut kita dapat menyelesaikan hutang piutang karma kita. Semua itu terjadi tanpa kita ketahui saat kelahiran kita kembali (Karena kemelekatan kita dengan keluarga kita, biasanya kita lahir kembali di keluarga yang itu-itu saja).
Apabila ketika melihat cahaya, kita mengikutinya dengan tetap sadar maka kita akan merasakan kenikmatan yang tak terhingga. Cahaya itu membakar badan halus kita atau apa yang disebut etherik body dan kita mendapatkan badan yang lebih halus lagi yang biasanya disebut badan astral/astral body/badan cahaya. Badan cahaya ini akan mengantar kita ke alam yang indah sekali/alam cahaya. Barangkali kita tidak akan menemukan sorga dan neraka seperti sorga dan neraka yang diceritakan dalam kitab-kitab agama.
Dalam alam cahaya ini kita akan melakukan introspeksi diri, apakah masih ada pelajaran-pelajaran yang harus diperoleh dari kehidupan di bumi, apakah masih ada orang-orang yang perlu kita temui. Berdasarkan introspeksi demikian kita akan menentukan kelahiran kita berikutnya, lahir di mana, di keluarga siapa dsb. Biasanya mereka yang sudah mencapai kesadaran semacam itu setelah kelahirannya akan segera menyadari tujuan hidupnya dan melanjutkan pelajarannya.



Mereka yang sudah mencapai kesadaran yang lebih tinggi lagi (bagi jiwa-jiwa yang sudah matang) dapat berada di alam cahaya/alam para dewa-dewi atau malaikat dalam waktu yang lama. Alam ini memang sangat menyenangkan. Mereka dapat bertemu dengan orang-orang yang mendahului mereka, apabila orang-orang yang mendahului itu meninggal dengan penuh kesadaran juga. Di alam cahaya ini pula kita dapat menemui begitu banyak guru rohani, para master dsb.
Mereka yang sadar bahwa alam ini pun tidak perlu dilekati akan melampaui alam cahaya/alam para dewa-dewi atau malaikat ini dan memasuki “kehampaan, kesunyataan, kekosongan abadi” yang tak terjelaskan dengan kata-kata. Mereka mengalami kebahagiaan sejati yang tak terungkapkan.
Setelah ini mereka akan mengalami kelahiran kembali satu kali saja, untuk menyelesaikan mata pelajaran yang terakhir, untuk menyelesaikan hutang piutang dan hubungan-hubungan karma yang tersisa. Selanjutnya ketika mereka meninggal mereka kembali ke alam cahaya itu dan melampauinya dan menyatu dengan Semesta, Hyang Maha Tunggal, Hyang Maha Ada untuk selama-lamanya.
...........
Disadur dari buku Soul Awareness, Menyingkap Rahasia Roh dan Reinkarnasi karya Guruji Anand Krisna, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama.


Banten saraswati

 


amas, 5 celemik diisi boreh miik n seseb dadap n jaja puun n baas kuning n jaja kepehn cacalan, raka, carang cemara, celemik besar isi jaja saraswati, carang bingin, sampyan nagasari, penyapuhan.



ALASAN RUMAH KOSONG ITU ANGKER

 


Bukan hanya mitos, diBali jika rumah tidak ditinggali lebih dari "ataun" satu tahun maka rumah itu akan angker. Rumah kosong "karang suwung" bisa disebabkan banyak hal, misalnya akibat pemiliknya "anilar kedatuan" pindah rumah tetapi rumahnya dibiarkan sepi tanpa penghuni, sehingga palinggih bangunan suci "tanpa aci" tidak ada upacara yang dilakukan.
Ada 7 alasan kenapa rumah kosong itu angker menurut teks lontar "Sahananing caru karang angker"
1. TANPA ACI (Tanpa upacara)
Rumah yang dibiarkan kosong lalu tidak pernah melakukan upacara "mebanten" dipalinggih yang ada dirumah, adalah penyebab rumah angker. Sebaiknya jika rumah pekarangan akan ditinggalkan secara permanen maka Sebaiknya palinggih ataupun rumah Sebaiknya di-pralina di-tuntun ( dilebur dipindahkan)
Agar rerancang (bawahan) Bhatara terutama di "tugu karang" tidak "ngurebeda" mengganggu. Ini sangat bisa menyebabkan karang menjadi angker karena sosok penunggu dipalinggih itu yang berwujud "Hyang durga manik" mampu MASILUMAN, berubah wujud.
Sosok tinggi hitam, berwujud "anak istri" wanita, binatang aneh adalah akibat pasiluman tugu karang.
2. Dirasuki I BUTA DADIH DARAH
I buta dadih darah adalah sosok halus "rerencang uluning desa" (mahluk bawahan pura sebagai pusat desa setempat), dirupakan sebagai sosok berambut panjang nyapuh jagat, kedua tangan berjari panjang tajam. Dua wajah bertaring menyeramkan, tanpa kaki. Mata melotot tajam, lidah menjulur. Sosok gaib ini bertugas merasuki rumah yang ditinggal kosong begitu saja.
Pasilumannya adalah pada "longan bale" bawah ranjang, semer (sumur), pamesu (pintu masuk). Wujud ini penyebab karang suwung menjadi angker. Bau amis, busuk, penampakan putih melayang adalah jejadian mahluk ini. Sepintas mirip dengan perwujudan kuntilanak, bisa jadi sosok i buta dadih darah ini mahluk sejenis.





Lima dasar yadnya itu, setelah Iksa, sakti, Desa, kala lalu TATTWA.

 



attwa itu tentang makna, arti, filosofi yadnya. Perkara ini walaupun berada pada poin lima sesungguhnya bukan berarti paling tidak penting justru sebaliknya.
Pada TATTWA ini, yadnya yang dilakukan nanti bukan hanya sebatas karma-marga (jalan persembahan melalui aktivitas fisik),sepatutnya juga adalah bhakti marga lalu jnana yoga.
Yadnya yang berpengetahuan, yadnya yang menaikkan kualitas batin, yadnya yang membebaskan.
Untuk mencapai tahap ini antara sang Yajamana (yang melakukan persembahan) dengan sang Sadaka (sulinggih) wajib "madumuka". Pada tahap ini pola asuh pengajaran tradisional terjadi. Maka saat ini muncul sebutan Siwa-sisya (guru dan murid)






TIGA -SRAYA

 



(Tiga upaya pemimpin memohon bantuan niskala)
Teks Raja-bhosana menyebut ada 3 upaya raja (pemimpin) yang patutnya dilakukan untuk memohon kesiddhian (keberhasilan memimpin).
Raja-bhosana berbeda dengan teks kepemimpinan Hindu misalnya Nitisastra, Rajapati Gondala karena lebih memuat upaya magis, kemampuan bhatin yang harus dimiliki "sang anggawa rat"
Untuk mendapat kesiddhian ada tiga prosesi asraya (permohonan bantuan) yang patut dilakukan meliputi:
1. Dewa-sraya (memohon pertolongan para Dewa) 2. Dharma-sraya (momohon bantuan kerabat)
3. Bhuta-sraya (memohon bantuan entitas halus)
Lalu tentang kewajiban sang Nata(pemimpin) setelah "pangasraya tiga" melakukan tiga upaya permohonan maka ada hal penting yang harus dilakukan yaitu: "mngrengo sabdaning bahya-dyamika" mendengar suara "halus" bhatin dan suara nyata.
Bisa jadi sabda-bahya (suara nyata) ini adalah juga tentang keluh kesah masyarakat terhadap kehidupan, kebijakan pemimpin.
Jika sang prabu tidak mampu mendangar "suara" halus(batin) dan nyata maka disebut ada kutuk: telinga sang raja dirasuki bhuta Karnasula (sakit telinga).