Senin, 14 November 2016

NEGTEGAN KARYA


NEGTEGAN KARYA



UPACARA :        NEGTEGAN KARYA
                 : MAPANGALANG
                 : MAGURU DADI
                 : MAPASANG SUNARI
                 : NGADEGANG BHATARI TAPINI
                 : NGADEGANG BHATARA RARE ANGON
Rahina   :
Tanggal :
Galah     :
Genah    :
UPAKARA SANE KABUATANG
1.  a.     Upakara ring Sanggar Surya

  •   Daksina gede 1
  •   Santun alit 2, suci 2 soroh
  •   Banten peras, pengambian, ketipat kelanan, santunan alit
  •   Rayunan putih kuning, sesayut ardanareswari
  •   Pasucian, rantasan putih kuning
  •   Kalungah nyuh gading kinasturi 1
  •   Genep salan-laning upakara ring sanggar surya

     b. Upakara sor sanggar surya

  •   Banten pejati asoroh
  •   Banten glar sangha soroh
  •   Segehan cacahan

2.  Upakara ring sowang-sowang pelinggih

  • Banten pejati saha suci pada asoroh

3.  Upakara ring genah negtegan

  • Banten ayaban (pemereman) maulu pregem-bal, sekar taman, suci
  • Daksina gede 1
  • Cawu dandan, cawu petik, cawu bulan, cawu anut pañca warna dadi atanding
  • Tatebasan bagia setata sari, sesayut saru uttama, sesayut siddha malungguh, sesayut giri kusuma, tatebasan laba teka sahi, sesayut langgeng amukti sakti.
  • Panging/carang dapdap mecanggah 3, maji-nah 225 keteng medaging masapsap lan kawangen, lawe tri datu.

4.  Upakara pamitegep ring penetegan

  • Daksina mahyas/tapakan 2
  • Daksina mahyas/tapakan rare angon 1
  • Daksina mahyas/tapakan Bhatari Tapini 1
  • Beras, injin, ketan, beras merah, kacang-kacangan, jinah bolong, tingkih, pangi, taluh, kelapa, basa-basa jangkep, minyak kelapa, gula, pesel-peselan, bijaratus (gegantusan), busung, slepan, ron, semat, saang sami eteh-eteh punika padha mawadah sok alit.

5.  Upakara pangalang sasih
     (Magenah ring samping pemedal ring jaba tengah)
     a. Munggah banten sarwa mentah :
Beras, injin, ketan, beras merah, tingkih, pangi, pisang, taluh, kelapa (akeh nyane manut uriping saptawara), minyak basa-basa akaputan, slepan, busung, ron, semat, saang.
     b. Banten rateng :
Banten pejati saha suci, sukla pawitra, tadah pawitra, pasucian, rantasan, sesayut bang mawa-dah sesenden anyar merajah Brahma Agini, sega pangkonan, ulam kawisan, lenga wangi, burat wangi, toya empul mawadah payuk/pange-dengan, sewer cemeng.
6.  Upakara laban Åûì Gana (pangemit karya)
     (Magenah ring arepan linggih susunan)

  • Tumpeng agung 1, metatakan uteran marajah naga, raka-raka sarwa galahan, sedah ambungan, buah bancangan, bantal, tebu, pisang, woh-wohan, genep sarwa galahan, sedah putih ijo, iwak guling itik mabetutu mawadah dulang anyar marajah candra, maduluran suci asoroh, peras ajuman, sorohan, lis, tepung tawar, tatebusan.
  • Ring sor segehan cacahan

7.  Upakara ring sanggar Guru Dadi

  • Sesantun Gede, sarwa 4 asoroh
  • Peras pejati, sici, rayunan putih kuning
  • Tigasan putih kuning, ajengan kepelan, ulam taluh, metatakan daun pisang
  • Banten sorohan, sedah woh, sukla pawitra

     Upakara sor Sanggar Guru Dadi

  • Nasi kepelan mawadah kawubulu, ulam getih matah, balung 3 tunggel.

8.  Upakara Wong Samar

  • Santun, peras ajengan, nasi pangkonan 3, ulam kawisan, bebakaran, bol celeng, nasi takilan 33, basa-basa genep.

9.  Laban Asu

  • Sega/nasi mawadah tengkulak anyar, sane kari klapa/isinnyane, iwak jejatah, susunin canang uras atanding.

10.   Laban Gagak (Magenah duwur raab wewangunan)

  • Nasi apunjung maulam taluh 1, Nasi sasahan maulam be celeng matah, saha getih atakir.

11.   Upakara ring Pañca Åûì (Nanceb sanggar agung)
     (Pinaka pangemit karya, saha penjor nyatur desa, makober manut paideran)

  1. Upakara ring purwa (timur) : Banten pejatian asoroh, suci asoroh, tumpeng putih 1, maulam ayam putih mapanggang, tadah sukla, canang sagenepa.
  2. Upakara ring Daksina (Selatan) : Banten pejati asoroh, suci asoroh, tumpeng barak 1, maulam ayam biying pinanggang, tadah sukla, canang sagenepa.
  3. Upakara Ring Pascima (Barat) : Banten pejati asoroh, suci asoroh, tumpeng kuning 1, maulam ayam putih siungan pinang-gang, tadah sukla, canang sagenepe.
  4. Upakara ring Uttara : Banten pejati asoroh, suci asoroh, tumpeng brumbun 1, ulam ayam brum-bun pinanggang.

Upakara pangemit bilang bucu penyengker pura  (nanceb sanggar cucuk ukuran 40 x 40 cm ).

  • Bucu kaja kangin  :  Banten pejati asoroh, tipat gong, taluh bekasem

  1.     Ring sor          : Segehan selem putih (biru) atanding
  2.     Sambat             : Sang Hyang Sri Raksa

                                    Sang Bhùta Ulu Kumba

  • Kelod Kangin : Banten pejati asoroh, tipat lepet, ulam balung-balung
  • Segehan           : putih barak (dadu) atanding
  • Sambat            : Sang Hyang Guru Raksa

                                    Sang Bhùta Ulu Singa

  • Kelod Kauh     : Banten pejati asoroh, tipat gangsa, ulam sarwa dwi-dwian
  • Segehan           :  Barak kuning (jingga) atanding
  • Sambat            : Sang Hyang Rudra Raksa
Sang Bhùta Ulu Gajah
  • Kaja Kauh       : Banten pejati asoroh, tipat kukur/kedis, taluh matah
  • Segehan           : Kuning selem (gadang) atanding
  • Sambat            : Sang Hyang Kala Raksa

                                    Sang Bhùta Ulu Wek
12.    Laban Semut/Sepuh/Tetani lan salwiring Krimi

  • Nasi mewadah tengkulak, maulam urab barak urab putih, kelapa sasigar, canang atanding.

13.    Upakara Ring Linggih Bhatari Tapini
     (Ngadegan sanggar agung ukuran 60 x 60 cm)

  • Daksina gede 1
  • Banten pejati asoroh, suci asoroh
  • Rayunan, pasucian, rantasan saperadeg
  • Ketipat kelanan, katipat dampulan, base lekesan
  • Sesanganan mentah putih kuning
  • Ring sor : segehan cacahan

14.    Upakara ring Linggih Bhatara Rare Angon
     (Ngadegan Sanggar agung ukuran 60 x 60 cm)

  • Daksina gede 1
  • Banten pejati asoroh, suci asoroh
  • Rayunan putih kuning, nasi takilan 33
  • Pesucian, tantasan saparadeg, lengawangi, burat wangi
  • Genep salan-laning upakara munggah ring sanggar Rareangon
  • Ring sor : segehan cacahan

15.    Upakara Ngunggahang Sunari

  • Banten pejati asoroh, suci asoroh, rayunan putih kuning
  • Ring sor   :   segehan cacahan

     Genah sunari  : Ring linggih Rare angon 1
                         Ring bucu-bucu mwah ring tengah 5
                         Ring genah tawur 1
16.    Upakara ring Bale Pawedan

  • Banten pangresikan : Banten Bayakaon

                                    : Tatebasan Durmanggala
                                    : Tatebasan Prayascita
                                    : Banten pangulapan
                                    :  Lis Bale Gading, kukusan, sibuh pepek

  • Banten arepan sang muput, sejangkep nyane

17.    Upakara Ring Natar Pura

  • Banten caru ayam brumbun asoroh
  • Glar sangha asoroh
  • Segehan warna lima asoroh

18.    Upakara Pakideh Pangemit Karya
     (Nanceb Sanggah Cucuk)
Ring genah sumur, ring pawon/pawaregan suci, ring genah mebat/maolahan, ring genah netegan, saha ring pananggun desa (manut desa mawacara).

  • Upakara sane munggah : banten pejati asoroh
  • Ring sor nyane : segehan manut genah pada atanding

     Pakeling :
Banten pangemit karya lan banten ne sami, mang-dane kemargiang sarahina-rahina ngawit saking karya netegan jantos karya panyineban, upakara nyane mangda kemargiang sadurung karya sane siyosan kemargiang/galah semeng nyane.
19.    Piranti Pamitegep :

  • Sanggar agung ukuran 60 x 60 cm = 2
  • Sanggar agung ukuran 75 x 75 cm = 3
  • Sanggar agung ukuran 50 x 60 cm = 12
  • Sanggar cucuk 15
  • Bale genah netegan ukuran 2 x 4 meter
  • Banten gambelan, banten santhi
  • Upakara sane siyosan manut saka buatan

Ida Panditha Mpu Jaya Wijayanandha
Griya Kutuh
Jln. Ciung Wanara No. 8 Kuta







wong-wongan bilang bucu           
banten bilang bucu 

sodan + peras tulung, 2 segehan gadang n telor ayam mentah barat laut 
sodan + peras tulung, 2 segehan oranya n takir misi balung  barat daya  
sodan + peras tulung, 2 segehan merah muda n pandan medui/dui  ..... tenggara 
sodan + peras tulung, 2 segehan klau telor bebek mentah timur laut 
sodan + peras tulung, 2 segehan brumbun n telor bebek mentak n telor ayam lebeng di tenga

CARA MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN ALTERNATIF KLIK DISINI

 labaan semut : tamas, celebungkah ......., takir misi lawar, takir misi gula 
labaan goak : peras tulung, ceper misi nasi, ceper misi nasi jauman, ....... 
labaan asu : tamas, celebongkah, ......  takir misi sate 1, takir misi balung 

pejati wong samar 
pejati misi nasi rong/sate karangan 


Minggu, 13 November 2016

Hari Kasih Sayang menurut versi Hindu




Dagang Banten Bali




Kerinduan Dewa Ciwa akan Dewi Uma, yang sudah lama dilupakannya.
Pada suatu ketika Dewa Smara atau sering disebut dengan Dewa Kama yang memengaruhi rasa cinta pada lelaku, sangat rindu kepada kekasihnya Dewi Ratih. Ketika itu ia sedang berburu di lereng sebuah gunung. Maka melepas rasa rindunya ia melepaskan anak panahnya ke udara. Anak panah ini ternyata nyasar mengenai Dewa Ciwa yangs edang bertapa. Singkat cerita Dewa Ciwa marah bukan kepalang karena ada yang menganggu pertapaannya, sehingga dalam kemarahannya mengeluarkan kemampuannya mengeluarkan api sehingga Dewa Smara hangus karena api semburan Dewa Ciwa itu.
Mengetahui hal itu Dewi Ratih memohon kepada Dewa Ciwa agar dibunuh dengan api yang sama, sebagai kesetiannya kepada Dewa Smara. Karena permohonan yang memelas maka Dewa Ciwa mengabulkannya dan membakar dengan api yang sama untuk Dewi Ratih sehingga dia menjadi abu, tepatnya seonggok abu yang berkumpul dengan abu jenasah Dewa Smara. Setelah kejadian itu Dewa Ciwa sadar akan kekasih yang telah lama ditinggal sehingga kerinduannya memuncak untuk menjumpai Dewi Uma.
Dewi Uma dan Dewa Ciwa pun bercengkerema, dalam perjalanan cengkeremaan ini mereka bertemu dengan onggokan abu. Dewi Uma menanyakan ke Dewa Ciwa tentang abu apa itu?. Dewa Ciwa pun menjelaskan bahwa itu dua kekasih yang sangat satia, yaitu Dewa Smara dan Dewi Ratih yang telah ia bunuh karena kelalaiannya, dan permintaan karena setianya.
Sewi Uma timbul rasa kasihannya, padahal sebenarnya beliau ikut berperan disana agar Dewa Ciwa mengingatnya. Untuk itu Dewi Ratih memohon kepada Dewa Ciwa untuk menghidupkan kedua kekasih itu kembali. Permintaan Dewi Uma yang Ciwa sangat cintai tak dapat ditolaknya, sehingga abu tersebut di hidupkan kembai dan Dewa Smara dan Dewi Ratih pun tetap bertugas memupuk dan menciptakan rasa cinta dua pasang insan yang berlainan jenis.
Nah sebagai perayaan kembalinya Dewa Dewi Smara Ratih ini kemudian dirayakan sebagai Hari Kasih Sayang dalam Hindu, dan diperingati pada saat Tumpek Klurut.

Panca Klesa.







doa yang sering diucapkan pendeta saat pembersihan, yaitu “Sarwa Klesa Winasa ya”.

Panca Klesa.
lima Klesa yang menghambat pencapaian tujuan, pelepasan atma untuk menyatu ke asalnya.

Klesa itu, berasal dari bahawa sansekerta yang artinya ‘penyakit’, penderitaan atau hal-hal yang tidak baik yang menghalang pada pelepasan seseorang. Singkatnya klesa adalah penyebab orang sulit mencapai pelepasan dirinya sebagai tujuan hidup umat hindu.
Awidya adalah kebodohan.
Asmita adalah pandangan yang salah
Raga adalah nafsu
Dwesa adalah kebencian
Abinewesa adalah rasa takut akan kematian

Jadi dengan doa Sarwa Klesa Winasa ya, artinya berdoa agar segala penghalang, segala sakit yang merintangi kita untuk mencapai tujuan, atau pelepasan


Rai Djendra, Ida Bagus, “Hindu Agama Universal”, Paramita, Surabaya, 2013.




- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI



 

Jumat, 11 November 2016

SANG KALA TIGA





Om Swastyastu
APA DAN SIAPA yang dimaksud Sang Kala Tiga yang menggoda manusia tatkala hendak mencapai Kemenangan
....???
1. Sang Kala Galungan artinya "berperang",
2. Sang Kala Dungulan = "menundukkan".
3. Sang Kala Amangkurat = "menguasai".
Galungan bermakna peperangan melawan sifat adharma, dan ketika telah ditundukkan lalu dikuasai, maka dirayakan dalam bentuk puja puji syukur kehadapan Dewa Dewi dan para leluhur sebagai hari kemenangan dharma melawan adharma.
DUMOGI NGEMANGGIHIN GALANG rikala GALUNGAN. Suksma. Ampura. Gama Bali / Hindu Bali / Gama Tirtha.

REINKARNASI: SAMSARA/KELAHIRAN DAN KEMATIAN BERULANG KALI




Hindu adalah agama tertua di dunia yang meyakini kelahiran dan kematian terjadi berulang kali (reinkarnasi) dalam hal ini, Veda menyebutnya sebagai Samsara atau Punarbhawa. Tadi sore, saya ditanya panjang lebar oleh sahabat mengenai reinkarnasi, apakah ada studi ilmiahnya? Saya jawab dengan tulisan ini. Jadi sahabat pelan-pelan bacanya ya..hehee
Seorang yang bernama Conel Albert de Rochas pada tahun 1980, yang merupakan seorang ilmuwan kebangsaan Perancis mulai mempelopori sains untuk studi reinkarnasi. Sejatinya metode keilmuwan yang dipergunakan untuk meneliti kehidupan masa lalu ini sudah dijalankan oleh seorang dokter bernama Franz Anton Mesmer yang berkebangsaan Austria. Dalam bentuk regresi hipnotis yang si pasien akan bertutur tentang kehidupan masa lalunya dengan gamblang.
Kemudian beberapa decade berikutnya, Dr. Raymond Moody mengakui bahwa apapun yang dituturkan oleh seorang yang menjadi subyek sain reinkarnasi ini menuturkan dengan jelas dan dapat dibuktikan dengan benar setiap perkataannya. Ini menjadi bukti sains ilmiah yang kemudian hari memperkuat keyakinan Hindu tentang perpindahan jiwa dari satu badan ke badan yang lainnya.
Dalam beberapa pandanga, reinkarnasi tidak diakui, Namun agama timur seperti Hindu meyakini reinkarnasi sebagai sebuah siklus hukum karmaphala (sebab-akibat). Beberapa decade setelahnya, sederetan ilmuwan dunia tampil dengan penelitian reinkarnasi dan fakta akurat yang kemudian mengukuhkan bahwa keyakinan ini benar adanya dan merupakan hal yang ilmiah.
Teknik dalam mencari kehidupan masa lalu yang merupakan perjalanan jiwa dari satu bentuk kehidupan ke kehidupan yang lainnya disebut dengan far age regression atau kembali ke masa lalu. Teknik ini kemudian dipergunakan oleh banyak ahli psikiater dan psikologis lainnya seperti Dr. Hellen Wambach dan Dr. Alexander Cannon. Lebih dari 1000 kasus telah ia selidiki, dan dia menyatakan bahwa reinkarnasi benar-benar ada.
Beberapa dari ilmuwan dunia kemudian mulai menuliskan buku dari hasil penelitian mereka tentang reinkarnasi seperti Dr. Brian L Weis M.D. dengan judul “many Life Many Master” ada banyak kehidupan dan banyak guru. jiwa berpindah dari satu badan ke badan lain dengan periode waktu yang sangat lama. Maka kehidupan manusia adalah sudah terjadi milyaran kali, bahkan tak terhitung jumlahnya.
Dalam agama Hindu, reinkarnasi itu adalah jawaban logis mengapa ada banyak orang baik, kemudian dalam kehidupan ini mereka sengsara. Dan ada banyak orang jahat mereka bahagia dan kaya raya dalam kehidupan sekarang. Ini disebabkan karena mungkin orang tadi, masa lalunya berbuat jahat sehingga dalam kehidupan sekarang dia menerima hasil karmanya. Demikian sebaliknya.
Bahkan reinkarnasi itu dapat berpindah dari satu badan laki-laki menuju badan wanita. Atau badan manusia menuju hewan (seperti kisah Jadabharata dalam kitab Vishnu-Purana). Pada tahun 1953, seorang peneliti bernama Dr. Stevenson seorang ahli psikiatri dari Fakultas Kedokteran Universitas Virginia AS, menjadikan reinkarnasi sebagai obyek penelitian ilmiah dan dikaji dalam sudut pandang Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi secara keilmuwan. Hasilnya sangat mengagumkan. Kemudian dia mulai merintis “The American Associantion of the Advancement” asosiasi ilmuwan terbesar di dunia tentang sains reinkarnasi. Sudah ada 69 judul buku tentang reinkarnasi.
Nah, para Balian kita di Bali di juga sudah eksis membicara dan meyakini reinkarnasi sejak ribuan tahun lamanya dan kini sedang masuk dalam dunia reinkarnasi dengan intuisi mereka masing-masing. Cuma metode mereka lebih magis dan gaib. Sebab menerawang dengan masuk meminjam sukma atau badan halus seseorang untuk mencari tahu, siapakah bayi yang lahir ini?
Jawabannya beragam. Ada yang menyatakan sang buyut lahir untuk memperbaiki karma (ngidih nasi). Ada yang lari dari hukuman di Yama Loka (akibatnya sang bayi meninggal ketika lahir). Ada yang belum lunas hutangnya pada yasa kerti kehidupan sebelumnya, maka dia lahir untuk itu. Atau karena pituduh Mbang, suatu ketika anak ini akan memangku tangggung jawab (maka ada bayi baru lahir sudah kesambut Widhi jadi jero mangku).
Maka kita akan menemukan ada banyak fakta yang nyata tentang ini. artinya, jauh-jauh hari sebelum sederetan nama ilmuwan dunia itu berikrar tentang penelitian mereka dalam reinkarnasi, para balian di Bali sudah menyatakan itu dengan gaya yang berbeda. Bahkan rakawi kita menuliskannya dalam kitab Aji Palayon dalam bahasa Jawa-Kuna bagaimana perjalanan jiwa lepas dari badan dan akan mencari badan baru kembali.
Ketika anda menyadari bahwa anda sudah berbuat baik, rajin sembahyang, metirtha yatra sangat rajin, medana punia rajin, dan ngayah rajin. Tapi hidup anda dirundung susah saja, maka jangan katakan Bhatara Guru tidak adil pada anda. Itu disebabkan karena kehidupan masa lalu anda berbuat jahat, maka anda terima balasannya dalam kehidupan sekarang.
Jadi, apa yang terjadi di kehidupan masa lalu dapat kita ketahui dari kehidupan kita sekarang, dan apa yang akan terjadi akan datang, dapat kita prediksi dari perbuatan kita sekarang.

CANANG




Kata "Canang" berasal dari Bahasa Kawi, terdiri atas dua suku kata yaitu: "Ca" yang berarti Indah, dan "Nang" berarti Tujuan, dengan demikian Canang dapat diartikan sebuah sarana yang bertujuan untuk memohon keindahan (sundharam) ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
Bagian-bagian dari Canang adalah sebagai berikut:
1. Ceper
Merupakan alas dari sebuah Canang yang memiliki bentuk segi empat dan melambangkan angga-sarira (badan). Keempat sisi ceper melambangkan pembentuk angga-sarira, yaitu Panca Maha Bhuta, Panca Tan Mantra, Panca Buddhindriya, dan Panca Karmendriya. Canang yang dialasi ceper merupakan simbol Ardha Candra, sedangkan yang dialasi oleh tamas kecil merupakan simbol dari Windhu.
2. Beras atau Wija
Melambangkan Sang Hyang Ātma atau yang membuat badan mejadi hidup, melambangkan benih di awal kehidupan yang bersumber dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam wujud Ātma.
3. Porosan atau Peporosan
Terbuat dari daun sirih, kapur, dan jambe (gambir) yang melambangkan Tri-Premana, yaitu Bayu (pikiran), Sabda (perkataan), dan Idep (perbuatan). Ketiganya membuat tubuh yang bernyawa dapat melakukan aktivitas. Porosan juga melambangkan Trimurti, yaitu Siwa (kapur), Wisnu (sirih), dan Brahma (gambir). Porosan mempunyai makna bahwa setiap umat harus mempunyai hati (poros) penuh cinta dan welas asih serta rasa syukur yang mendalam kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
4. Jajan, Tebu, dan Pisang
Menjadi simbol dari Tedong Ongkara yang melambangkan kekuatan Upetti, Stiti, dan Pralinan dalam kehidupan di alam semesta.
5. Sampian Uras atau Duras
Dibuat dari rangkaian janur yang ditata berbentuk bundar yang biasanya terdiri dari delapan ruas atau helai yang melambangkan roda kehidupan dengan Asta Iswarya-nya (delapan karakteristik) yang menyertai setiap kehidupan umat manusia.
6. Bunga
Diletakkan di atas sampian urasari melambangkan kedamaian dan ketulusan hati. Penyusunan bunga diurutkan sebagai berikut:
Bunga berwarna Putih disusun di Timur sebagai simbol kekuatan Sang Hyang Iswara.
Bunga berwarna Merah disusun di Selatan sebagai simbol kekuatan Sang Hyang Brahma.
Bunga berwarna Kuning disusun di Barat sebagai simbol kekuatan Sang Hyang Mahadewa.
Bunga berwarna Biru atau Hijau (Susah mendapatkan bunga berwarna hitam) disusun di Utara sebagai simbol kekuatan Sang Hyang Wisnu.
Kembang Rampai disusun ditengah sebagai simbol kekuatan Sang Hyang Panca Dewata.
7. Kembang Rampai
Kembang rampai diletakkan di atas susunan bunga dan memiliki makna sebagai lambang kebijaksanaan. Bermacam-macam bunga ada yang harum dan ada yang tidak berbau, melambangkan kehidupan manusia tidak selamanya senang atau susah. Untuk itulah, dalam menata kehidupan, manusia hendaknya memiliki kebijaksanaan.
8. Lepa atau Boreh Miyik
Merupakan lambang sebagai sikap dan perilaku yang baik. Perilaku menentukan penilaian masyarakat terhadap baik atau buruknya seseorang.
9. Minyak wangi atau Miyik-Miyikan
Menjadi lambang ketenangan jiwa atau pengendalian diri. Dalam menata kehidupan, manusia hendaknya menjalankannya dengan ketenangan jiwa dan pengendalian diri yang baik.


- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI