Sabtu, 01 Oktober 2016

macam-macam tipat




Tipat (Ketipat atau Ketupat) adalah hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (busung) yang masih muda.

Konsep didalam Agama Hindu di Bali khususnya biasanya beragam jenis ketupat dalam salah satu artikel Udayana disebutkan digunakan untuk perlengkapan upakara (banten) dan dalam budaya Bali, konsep ini kemudian dipraktekan dengan wujud seni sebagai simbol kemakmuran dan kelimpahan rejeki yang harus disyukuri tiap harinya;
Jika hari raya tiba, setelah bersembahyang di Pura mereka saling mengunjungi dan saling “ngejot” (berkirim makanan ke tetangga dan sanak saudara). 
Ketupat di Pulau Bali, juga sering dipersembahkan sebagai sesajian upacara, menggabungkan antara Agama Hindu dan Budaya Jawa, janur (busung) dibentuk beraneka ragam yang melambangkan simbol ritual acara persembahyangan.

Dan adapun tipat sebagai perlengkapan banten yang digunakan dalam upacara Agama Hindu yaitu :
  • Tipat Nasi, sebatang janur lidinya disisakan lebih kurang 3cm.
  • Tipat Sirikan, Janur dililitkan pada telapak tangan.
  • Tipat Gatep, Janur dibentuk lingkaran vertikal.
  • Tipat Taluh, dibentuk 2 buah lingkaran.
  • Tipat Kukur, berbentuk burung perkutut.
  • Tipat Sari, berbentuk segitiga membucu.
  • Tipat Dampulan, bentuk kura-kura yang terbuat dari janur
  • Tipat Gong, agar mendapatkan kesembuhan dari berbagai penyakit.
Menelusuri jejak sejarah ketupat memang unik dan menyenangkan, belum tahu persis siapa pencipta awal mula ketupat ini, jika melihat fakta kebudayaan Jawa sebagai pusat episentrum budaya, maka tak salah jika berasal dari Tanah Air, hasil kreasi asli anak Bangsa, sehingga bisa menyebar menjadi hidangan khas Asia Tenggara.

Dan sebagai tambahan :
  • Ketipat Kelanan merupakan lambang terkendalinya sad ripu sehingga ada keseimbangan hidup.
  • Tipat Bantal sebagai rasa bhakti untuk memuja Dewa Sangkara dalam hal perlindungan bagi tumbuh-tumbuhan.
  • Belajar mengenal beberapa jenis tipat (IG) :
    • 1. Tipat lepet
    • 2. Tipat taluh
    • 3. Tipat sari
    • 4. Tipat sidakarya
    • 5. Tipat lepas lanang istri
    • 6. Tipat bagia
    • 7. Tipat gatep
    • 8. Tipat sedayu
    • 9. Tipat gelatik
    • 10. Tipat dampulan
    • 11. Tipat manuk dewata
    • 12. Tipat sidapurna
    • 13. Tipat kukur
    • 14. Tipat cakra
    • 15. Tipat pengambean
    • 16. Tipat pagehan
    • 17. Tipat lawangan
    • 18. Tipat sesapi
    • 19. Tipat pusuh
    • 20. Tipat lojor
    • 21. Tipat sirikan

Panjang ilang





Matah lebeng 
beras 
pis bolong 5 keteng 
matah-matah 1
beras ketan n benang putih
beras merah n benang merah
beras putih n benang kuning 
beras hitam n benang hitam
jijih
oot
jagung
saga-saga
jali-jali
daun dagdag
buah bluluk 
gebogan
pis bolong 5 biji diikat benang tridatu
peras tulung 
batu celagi 
ambengan
sampat 
serit
bungbung misi jaum
nasi meguling 
pesor matah lebeng 
padi 
kekecer
pesel-peselan 
blayag 5 matah lebeng 
tipat sirikan masing-masing 5 matah dan lebeng 
tipat nasi masing-masing 5 matah dan lebeng 
daun bambu 
sujang 
telor meguling 
nasi bangkal
nasi bulan matan ai 
sate panjang 
panak biu 
nyuh 1 
taluh siap 

Pisang Jati (Adegan)






matah-matah
beras ketan n benang putih
beras merah n benang merah
beras putih n benang kuning 
beras hitam n benang hitam 
cabe lombok 
daun bayam 
saga-saga
jagung 20 biji
peras mewadah tamas n sodan
tipat sari bagya 
peras tulung 
kesuna 2 iris 
daun semar menjangan 
rambut (pis bolong meronce) 
bungkung misi kapas dan jarum 










Pisang jati (atau biasa disebut Adegan) adalah simbolik dari swadharma manusia utama ketika mereka masih hidup di dunia.
Dimana dalam naskah Yama Purwwa Tattwa disebutkan bahwa pisang jati sebagai warna yang menurut penggolongan catur warna didasarkan atas fungsi dan profesi yang bersifat dinamis.

Sebagai salah satu perlengkapan upacara pitra yadnya disebutkan bahwa :
Adegan artinya perwujudan dari orang mati tempat berstananya Panca Maha Bhuta
Adegan ini terdiri dari ortenan daun rontal dengan dihiasi kertas sedemikian rupa, lengkap dengan rambutnya.

Pada ortenan (lukisan) daun rontal ini ditancpkam lukisan orang-orangan, yang dilukiskan pada sebilah kayu cendana atau majegau

Lalu dihadapannya ditaruh anak pisang. 
Karenanya upakara ini disebut Pisang Jati. 

Pisang Jati merupakan simbolik dari swadarma manusia utama. Ia tidak akan berhenti nangun yasa kerti atau jasa. 

Bagaikan si pisang, tidak akan mati sebelum dapat mempersembahkan buahnya yang lezat. Pisang Jati diletakkan pada hulu dari pada sawa, sebagai perwujudan manusia utama.




Pregembal/Pulagembal



Pulagembal/Pregembal (tumpeng 22)

Ulu :  2 tamas sodan cantik meserembeng isi gigin barong,  
          matah-matah 2, nyuh 2
          peras tulung 2, taluh 2
          sangurip 2 
          sampyan pusung 4 
          ole-ole 4 
          teterag 2 
     
 Awak : tumpeng bungkul (pengiring) 2 soroh sampyan jit goak
            tumpeng udel (tapuk pinang/kesuna) sampyan jit goak
            tumpeng 2 anak 5(kurenan) sampyan jit goak
            tumpeng 2 pengapit asoroh sampyan jit goak 
            tumpeng 2 asoroh  (pregembal) sampyan jit goak
            tumpeng 3 penyeneng 
            tumpeng 1 ___ isi daun ancak / tumpeng 4
            tumpeng 1 ___ isi daun bingin / tumpeng 5
            ungang : tumpeng 1 isi ikan ungang/tabya
            tumpeng gook
            tumpeng pancoran
            tumpeng bulakan
            pengebek   tumpeng 5
            tumpeng guru anak 5 sampyan nagasari 

 Runtutan : Pejati, serodan, nasi jauman n sate n lawar, suci, 
                  rantasan 
                      Peras pengambean 
                 Sodan + pengideng-ngidengan
                 Gebogan sampyan sodan
                 Pegoyan sampyan tangga n penyeneng 


           
  Tebasan :  Tebasan siddhapurna,sampyan nagasari n penyeneng
                Tebasan merta utama sampyan nagasari n penyeneng

-             Tebasan mertadewa sampyan nagasari penyeneng
              Tebasan candra geni sampyan nagasari n penyeneng
              Tebasan tirtha  sampyan nagasari n penyeneng


-      

Ikut : tamas ntal meserembeng cantik, 2 aled yi sodan dan peras,  suci, soroan, daksina, daksina 2 untuk jerimpen

Terima Pesanan Banten Odalan




Melayani pembuatan aneka banten untuk upacara \hindu Bali
piodalan
pawiwahan
otonan
tiga bulanan


Melayani aneka Upacara
Ngelangkir
Menikah
Ngaben

hubungi via WA, Telp atau sms
0897 - 6687 - 246
0882 - 9209 - 6763


Telp
0361 - 464096

alamat
jl Gandapura Gg 1c No1 Kesiman Kertalangu
dan
jl sedap malam 117a kebon kuri
Denpasar

Pesan Via Facebook Klik Disini

Ngodalin dengan ayaban bebangkit




Dagang Banten Bali



Tebasan :
      siddhapurna
      mertha uttama/baas kuning
      geni/damar
      tirtha/merta sari 
      dharma wiku 
      puja kerti/siap putih
      pemelaspas
      pasupati
      sapulaken
      siddhakarya
nasi pemelaspas 

Rabu, 28 September 2016

SEGEHAN






Dagang Banten Bali


Segehan berasal dari kata sege atau dalam bahasa jawa kuno sego yang artinya nasi, nasi sebagai sumber kehidupan dan sebagai rasa terimakasih kepada Ida Sang Hyang Parama Kawi.
Segehan adalah suguhan, dalam hal ini disuguhkan kepada Bhutakala atau sering juga disebut sebagai Ancangan iringan Para Bhatara dan Bhatari.
Bhutakala berasal dari kata Bhuta yang artinya pengisi semua ruang yaitu Panca Mahabhuta, sedangkan Kala adalah perputaran waktu sehingga terciptalah kehidupan di mayapada ini.
Segehan juga dapat diartikan sebagai lambang harmonisnya hubungan manusia dengan ciptaan Ida Sang Hyang Widhi yang lain (Palemahan).
Dengan segehan diharapkan dapat menetralisir dan menghilangkan pengaruh negatif dari ruang dan waktu, yang tak lain adalah akumulasi dari kotoran yang dihasilkan oleh pikiran, perkataan, dan perbuatan manusia dalam kurun waktu tertentu.
Segehan terdiri dari:
Nasi warna putih di timur.
Nasi warna merah di selatan.
Nasi warna kuning di barat.
Nasi warna hitam di utara.
Nasi warna berumbun (campuran keempat warna di atas) di tengah.
Segehan dilengkapi bawang (Brahma), jahe (Siwa), dan garam (Wisnu).
Jaman dulu segehan dihaturkan ketika bertepatan dengan Panca Wara kliwon (Setiap 5 hari sekali), namun seiring waktu segehan dihaturkan setiap hari biasanya pas sandikala atau menjelang malam.