Rahajeng otonan.... Dumogi dirgahayu lan dirgayusa... Nyeneng setutug tuwuh...
8 tanding
sesuai urip
kamis brumbun
tebasan tutug tuwuh
Bayuh oton
Bayuh oton menek kelih daha Bayuh oton menek kelih taruna
Bayuh oton
Bayuhan: oton selasa warigadean
Tebasan kelahiran
selasa :
oranya
kulit sayut, tumpeng oranya (lahir selasa) meplekir, raka, kojong manak, kuangen 1, tulung sangkur 2 isi nasi oranya (selasa), sampyan tebasan/jit guak
Banten wuku
warigadean :
4 tanding :
1. tamas, aled, raka, penek dilingkari pis bolong satak, kojong rasmen, sampyan jit goak
2. tamas, aled, raka, 5 don bingin diatasnya tumpeng, kojong rasmen, sampyan jit goak
3. tamas, aled, raka, cobek tanah diatasnya nasin sodan agung, kojong rasmen, sampyan jit goak
4. tamas, aled, raka, ceper misi nasi n pis bolong 5 keteng (warigadean), sampyan jit goak
Banten otonnya :
Pengambean : tamas, aled n kulit sayut dibagi 3 bagian : peras, pengambean dan sayut. peras : aled (beras, porosan, benang, kulit peras, nasin peras 2, raka, sampyan peras), agak di luanan pengambean: (tumpeng 2, tulung pengambean misi nasi, raka, sampyan pengambean), sayut : kulit sayut, nasin sodan, raka, sampyan nagasari. kojong rasmen dan penyeneng tengah2 bareng2.
Tebasan penegteg bayu
Tebasan kelahiran
Banten wuku
Banten tumpeng pitu : tamas, aled, raka, tumpeng 7, kojong rasmen,
sambutan
tambahan
sodan
Bayuh oton menek kelih daha
+ sapu lara, sapu melaradan, banten dedari
Bayuh oton menek kelih taruna
Urip :
Redite = 5 putih
Soma = 4 hitam
Anggara = 3 oranya
Buda = 7 kuning
Wrespati = 8 brumbun
Sukra = 6 klau/abu-abu
Saniscara = 9 barak
utara = selem = 4
selatan = barak = 9
timur = putih = 5
barat = kuning = 7
timur laut = klau 6
tenggara= merah muda 8
barat daya = oranya 3
barat laut = hijau 1
- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI |
Otonan
Sarana Upacara Otonan
Dalam upacara otonan yang sederhana sarana cukup sebagai berikut:
- Banten Pejati (untuk Bhatara Guru/Kemulan)
- Dapetan (sebagai tanda syukur)
- Sesayut Pawetuan (untuk Sang Manumadi)
- Segehan (untuk Bhuta)
Selain itu boleh juga diisi kue Taart diatasnya dikasi canang sari dan dupa, kemudian didoakan.
Dalam prosesi otonan, terdapat sebuah simbolis yaitu pemasangan gelang ditangan berwarna putih. Kenapa menggunakan benang? karena benang mempunyai kontotasi “beneng” dalam bahasa bali halus. Yang dapat diartikan 2 hal yaitu:
Karena benang sering dipergunakan sebagai sepat membuat lurus sesuatu
yang diukur. ini maksudnya agar hati yang otonan selalu di jalan yang
lurus/benarDalam prosesi otonan, terdapat sebuah simbolis yaitu pemasangan gelang ditangan berwarna putih. Kenapa menggunakan benang? karena benang mempunyai kontotasi “beneng” dalam bahasa bali halus. Yang dapat diartikan 2 hal yaitu:
Benang memiliki sifat lentur dan tidak mudah putus sebagai simbol kelenturan hati yang otonan dan tidak mudah patah semangat.
Mantra/Doa Dalam Otonan
Mantra yang bisa digunakan dalam otonan yaitu sebagai berikut:
Mantra yang bisa digunakan dalam otonan yaitu sebagai berikut:
Mabya kala /bya kaon
Om shang bhuta nampik lara sang bhuta nampik rogha, sang bhuta nampik mala, undurakna lara roga wighnanya manusanya. Om sidhirastu Yanama Swaha.
Matepung tawar.Om shang bhuta nampik lara sang bhuta nampik rogha, sang bhuta nampik mala, undurakna lara roga wighnanya manusanya. Om sidhirastu Yanama Swaha.
Om purna candra purna bayu mangka purnaya manusa maring marcepada kadi langgenaning surya candra vmangklana langgenganipun manusyania
Om sidhirastu ya nama Swaha
Mesesarik
Kening; om sri sri ya nama swaha
Bahu kanan: om anengenaken phala bhoga ya nama swaha
Bahu kiri : om angiwangaken pansa bhaya bala rogha ya nama swaha
Telapak tangan : om ananggapaken phala bhoga ya nama swaha
Tengkuk : om angilangaken sot papaning wong ya nama swaha
Dada : om anganti ati sabde rahayu
Matebus benang.
om angge busi bayu premana maring angge sarire
Natab sesayut.
Dalam natab sesayut ada 2 mantra yang bisa dipergunakan untuk otonan sederhana
Sesayut bayu rauh sai
om sanghyang jagat wisesa, metu sira maring bayu, alungguh maring bungkahing adnyana sandi
om om sri paduka guru ya namah.
om ung sanghyang antara wisesa, metu sira maring sabda, alungguh maring madyaning adnyuana sandi
om om sri sri paduka guru ya namah.
om mang sanghyang jagat wisesa. metu sire maring idep. alungguh maring tungtungngin adnyana sandi
om om sri paduka guru ya namah
sesayut pangenteg bayu
om dabam jaya bayu krettan dasa atma dasa premanam sarwa angga ma sariram
wibbbbuh bhuanam dewat makam.
- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI |
sehe (see) yakni
Melingkarkan gelang benang dipergelangan tangan : "Ne cening magelang benang, apang ma uwat kawat ma balung besi" (Ini kamu memakai gelang benang, supaya ber otot kawat dan bertulang besi).
1. Benang memiliki
konotasi beneng dalam bahasa Bali berarti lurus, karena benang sering
dipergunakan sebagai sepat membuat lurus sesuatu yang diukur. Agar hati
selalu di jalan yang lurus/benar.
2. Benang memiliki sifat lentur dan tidak mudah putus sebagai simbol kelenturan hati yang otonan dan tidak mudah patah semangat.
2. Benang memiliki sifat lentur dan tidak mudah putus sebagai simbol kelenturan hati yang otonan dan tidak mudah patah semangat.
Upacara otonan berikutnya sebelum natab, didahului dengan memegang dulang tempat sesayut dan memutar sesayut tersebut tiga kali ke arah pra sawia (searah jarum jam) dengan doa dalam bahasa Bali sebagai berikut: "Ne cening ngilehang sampan, ngilehang perahu, batu mokocok, tungked bungbungan, teked dipasisi napetang perahu bencah" (Ini kamu memutar sampan, memutar perahu, batu makocok, tongkat bungbung, sampai di pantai menemui kapal terdampar).
Makna:
1. "Ngilehang sampan ngilehang perahu"
bahwa hidup ini bagaikan diatas perahu yang setiap hari harus
kesana-kemari mencari sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup ini. Badan
kasar ini adalah bagaikan perahu yang selalu diarahkan sesuai dengan
keinginan sang diri yang menghidupi kita.
2. "Batu makocok" adalah sebuah
alat judi. Kita teringat dengan kisah pandawa dan Korawa yang bermain
dadu, yang dimenangkan oleh Korawa akibat kelicikan Sakuni. Jadi hidup
ini bagaikan sebuah perjudian dan dengan tekad dan keyakinan yang kuat
harus dimenangkan.
3. "Tungked bungbungan"
(tongkat berlobang) adalah bambu yang dipakai kantihan yakni sebagai
penyangga keseimbangan samping perahu agar tidak mudah tenggelam karena
bambu bila masih utuh memang selalu terapung. "Perahy hidup ini" jangan
mudah tenggel. oleh keadaan, kita harus selalu dapat mengatasinya
sehingga dapat berumur panjang sampai memper-gunakan tongkat (usia tua).
4. "Teked dipasisi napetang perahu bencah"
(sampai di pantai menemui perahu/ kapal terdampar). Terinspirasi dari
sistem hukum tawan karang yang ada pada jaman dahulu di Bali, yakni
setiap ada kapal atau perahu yang terdampar di pantai di Bali, rakyat
Bali dapat dengan bebas menahan dan merampas barang yang ada pada kapal
yang terdampar tersebut. Maksudnya supaya mendapatkan rejeki nomplok,
atau dengan usaha yang mudah bisa mendapatkan rejeki yang banyak.
Demikian luhurnya makna doa yang
diucapkan dalam sebuah upacara otonan bagi masyarakat Hindu Bali yang
dikemas dengan simbolis yang dapat dimaknai secara fisik maupun
psikologis, dengan harapan agar putra-putri yang menjadi tumpuan harapan
keluarga mendapatkan kekuatan dan kemudahan dalam mengarungi kehidupan.
Source: I Wayan Ritiaksa, M.Ag l Warta Hindu Dharma NO. 488 Agustus 2007
Di dalam bahasa Sanskerta kata yang mengandung pengertian kelahiran adalah “janma” dan kata “janmadina” atau “janmastami” mengandung makna “hari kelahiran” atau hari ulang tahun.
Hari kelahiran umat Hindu di Indonesia, khususnya di Jawa dan Bali diperingati berdasarkan kalender Bali-Jawa yang disebut pasaran.
Pemangku melakukan pembersihan diri terlebih dahulu seperti tahapan dibawah ini :
1. MASILA :
OM OM Padmasana ya namah
OM ANG Prasada sthiti sarira siwa suci nirmala ya namah
2. MEMBERSIHKAN TANGAN :
KANAN : OM Suddha mam swaha
KIRI : OM Ati Suddha mam swaha
3. PRANAYAMA :
RING HATI : OM ANG Brahma ya namah
RING AMPRU : OM UNG Wisnu ya namah
RING PAPUSUH : OM MANG Iswara ya namah
4. MENGHATURKAN DHUPA :
OM ANG Brahma-amretha dhipa ya namah
OM UNG Wisnu-amretha dhipa ya namah
OM MANG Iswara-amretha dhipa ya namah
5. METABUH ARAK/BEREM :
OM ANG KANG Kasol kaya swasti-swasti sarwa bhuta kala bokta ya namah
6. MERSIHIN ETEH-ETEH UPAKARA : Masarana antuk sekar lan bija.
OM Ghrim wausat ksama sampurna ya namah
7. NGUTPETI TOYA RING SANGKU :
OM I BA SA TA A
OM YA WA SI MA NA
OM MANG UNG ANG
8. PADMASANA RING TOYA :
OM OM Padmasana ya namah
OM OM Anantasana ya namah
9. DEWA PRATISTHA :
OM OM Dewa-Dewi pratistha ya namah
10. SEMBAH KUTA MANTRA :
OM Hrang Hring sah parama siwa adhitya ya namah
11. STITI KANG TOYA :
OM SA BA TA A I
OM NA MA SI WA YA
OM ANG UNG MANG
12. SEMBAH SIWA AMRETHA :
OM Hrang Hring sah parama siwa-amretha ya namah
13. ATURI KANG TOYA : Puspa, Ghandaksata, Wija lan Dhupa.
OM Puspa dhanta ya namah (sekar)
OM Sri Ghandeswarya ya namah (miyik-miyikan)
OM Kung kumara wija ya namah (bija/beras)
OM Ang dhupa dipa-astra ya namah (dhupa)
14. NEDUNAN BHATARA TIRTHA :
OM Gangga dewi maha punyam, Gangga salanca medini
Gangga tarangga samyuktam, Gangga dewi namu namah
OM Sri Gangga Mahadewi, Anuksma-amretha jiwani
Ongkara Aksara jiwatam, Tadda-amretha manoharam
OM Utpeti ka suram ca, Utpeti ka tawa goras ca
Utpeti sarwa hitan ca, Utpeti sri wahinam ya namah swaha
Raris uder kang toya ping tiga, saha uleng ning kahyun.
MANTRA : OM Bhur Bwah Swah swaha maha ganggayai tirtha pawitrani Ya namah swaha.
Risampune puput nedunan tirtha aturi : puspa, ghandaksata, wija lan dhupa sekadi menggah ring ajeng. Tumuli raris masirat ring angga ping tiga.
MANTRA : OM ANG Brahma-amretha ya namah
OM UNG Wisnu-amretha ya namah
OM MANG Iswara-amretha ya namah
15. RARIS DANE MANGKU AKNA BIJA/BASMA :
MANTRA :
OM Idham bhasman param guhyam, Sarwa papa winasa ya
Sarwa kalusa winasa ya, Sarwa rogha winasa ya namah
NGREMEKIN BIJA : Genahang bija ne ring tlapakan tanganne kiwa/kiri, uder antuk jari manise tengen/kanan.
MANTRA : OM Bang Bamadewa guhya ya namah
OM Bhur Bwah Swah amretha ya namah
APASANG BIJA :
Ring sirah : OM Ing Isana ya namah
Ring lelata : OM Tang Tatpurusa ya namah
Ring tangkah : OM Ang Aghora ya namah
Ring bahu kanan : OM Bang Bamadewa ya namah
Ring bahu kiri : OM Sang Sadya ya namah
16. NGASKARA BAJRA :
Sadurunge ngaskara bajra, siratin dumun bajrane tirtha, ukupin ring dhupane, wawu raris ngaskara.
MANTRA :
OM Kara Sadasiwa stham, Jagat Natha hitang karah
Abhiwada wadanyam, Ghanta sabdha prakasyate
OM Ghanta sabdha mahasrestah, Ongkara parikirtitah
Candra nada bhindu drestham, Spulingga siwa twam ca
OM Ghantayur pujyate dewah, Abhawa-bhawa karmesu
Warada labdha sandeham, Wara siddhi nih samsayam
NGASKARA :
OM OM OM (maklener apisan)
OM ANG UNG MANG (malih maklener)
OM Ang Kang Kasolkaya Iswara ya namah (malih maklener),
tur nglantur nywarayang ikang bajra, tumuli rasis siratin toya saha ghandaksata, bija mwah ukupin ring dhupane ikang bajra, wawu raris genahang.
17. NGAKSAMA :
OM Ksama swamam mahadewa, Sarwa prani hitang karah
Mamoca sarwa papebhyah, Phalaya swa sadasiwa
OM Papoham papo karmaham, papa-atma papa sambhahwah
Trahimam pundari kaksah, Sambhahya byantara suci
OM Ksantawya kayiko dosah, Ksantawyo waciko mama
Ksantawyo manaso dosah, Tat pramadat ksama swamam
NUNAS WARANUGRAHA :
OM Anugraha manoharam, Dewa datta nugrahakam
Arcanam sarwa pujanam, Namah sarwa nugrahakam
OM Dewa-dewi maha siddhyam, Yadnyanta nirmala-atmakam
Laksmi siddhisca dirgahayu, Nirwighna sukha wredhis ca
OM Anugraha ya namah swaha.
Sesampune puput nunas waranugraha, mawali malih nedunan Bhatara Tirtha, masarana antuk puspa, sawusan pinuja raris genahang sekare punika ring sangkune.
18. APSU DEWA STAWA :
OM Apsudewa pawitrani, Gangga dewi namo”stute
Sarwa klesa winasa ya, Toyane parisuddhaya te
OM Sarwa rogha winasa ya, Sarwa bhogam ewapnuyat
Sarwa petaka winasa ya, rogha dosa winasa ya
OM Sri kare sa-pahut kare, Rogha dosa winasanam
Siwa-lokam maha-yaste, mantre manah papa-kelah
OM Siddhim tri-sandhya sa-pala, Sekala mala malahar
Siwa-amretha manggalan ca, Nadinidam namah siwa ya
PANCA-AKSARA STAWA :
OM Panca-aksara maha tirtham, Pawitram papa nasanam
Papa kotti sahasranam, Aghandam bhawet sagaram
OM Panca-aksara parama-jnanam, Pawitram papa nasanam
Mantram tam parama-jnanam, Siwa logham pratisthanam
OM Namah siwa ya etyewam, Param Brahman atmane wandam
Param sakti panca diwyah, Panca Rsi bhawed agni
OM A-karas ca U-karas ca, Ma-karo windu nada kam
Panca-aksara maya proktam, Ongkara agni mantrake
Raris uder kang toya ping tiga, saha uleng ning kahyun.
MANTRA :
OM Bhur Bwah Swah swaha maha ganggayai tirtha pawitrani
Ya namah swaha.
Risampune puput ngastawa tirtha aturi : puspa, ghandaksata, wija lan dhupa sekadi menggah ring ajeng.
19. GANGGA SINDHU STAWA :
OM Gangga sindhu saraswati, Suyamuna godhawari
Kaweri sarayu mahendra, Tenaya carma wati we nuka
OM Badra netrawati maha suranadi, Kyata ca ya ghandaki punyah
Purnam jalah samudra sahitah, Kurwantu te manggalam
20. GANGGA DEWI STAWA :
OM Gangga dewi namaskaram, Onkara parikirtitah
Sarwa wighna winasyanti, Sarwa rogha winasa ya
21. NGURIPANG TIRTHA :
OM Hrang Hring Sah ksmung Ang Ung Mang
OM Swasti-swasti ksing-ksring, YA WA SI MA NA,
I BA SA TA A, Bhutih-bhutih bhur bwah swah swaha
OM Ang Ing Ung, Wyong Mang Wyang Ping Neng
OM OM I A KA SA MA RA LA WA YA UNG namo namah swaha
OM OM A RA KA SA MA RA LA WA YA UNG namo namah swaha
22. SEMBAH KUTA MANTRA :
OM Hrang Hring Sah Paramasiwa-amretha ya namah swaha
Sawusan muspa, sekare sane kaanggen muspa genahangring sangku genah tirthane, satwinaluya Ida Bhatara Tirtha malingga ring tirthane.
23. NGASTAWA PANCA GANGGA/PANCA DEWA :
( PANGLUKATAN ) : Sarana puspa ne sane kaanggen ngastawa sami kagenahng ring tirtha penglukatane.
OM Gangga muncar saking purwa, Tiningalana telaga noja
Jambangan nira selaka, Tinanceban tunjung petak
Padyusan nira Bhatara Iswara, Pangilanganing papa klesa
Moksah hilang, OM SANG ya namah.
OM Gangga muncar saking daksina, Tiningalana telaga noja
Jambangan nira Tembaga, Tinanceban tunjung bang
Padyusan nira Bhatara Brahma, Pangilanganing sarwa wighna, Moksah hilang, OM BANG ya namah.
OM Gangga muncar saking pascima, Tiningalana telaga noja
Jambangan nira mas, Tinanceban tunjung jenar
Padyusan nira Bhatara Mahadewa, Pangilanganing sarwa petaka, Moksah hilang, OM TANG ya namah.
OM Gangga muncar saking utara, Tiningalana telaga noja
Jambangan nira wesi, Tinanceban tunjung ireng
Padyusan nira Bhatara Wisnu, Pangilanganing sarwa satru, Moksah hilang, OM ANG ya namah.
OM Gangga muncar saking madya, Tiningalana telaga noja
Jambangan nira amanca warna, Tinanceban tunjung amanca warna,Padyusan nira Bhatara Siwa, Pangilanganing dasa mala
Moksah hilang, OM ING ya namah.
Risampune puput nedunan tirtha aturi : puspa, ghandaksata, wija lan dhupa sekadi menggah ring ajeng, raris siratin antuk tirtha ring sangkune.
MANTRA :
OM Atma-tattwatma suddha ya mam swaha
OM Pretama suddha, dwitya suddha, tritya suddha, caturti suddha. Suddha,
Sesampune puput ngastwa tirtha, raris masirat ring awang-awang ping tiga.
MANTRA :
OM Atma tatwa-atma suddha mam swaha
OM OM Ksama sampurna ya namah
OM Sri Pasupatye Hung Phat ya namah swaha.
24. ANGLUKAT BEBANTEN :
OM Pukulun Hyang-Hyang ning prana-prani, Hyang-Hyang ning sarwa Tumuwuh, pukulun manusan nira handa sih waranugrahan nira, handa tirtha panglukatan, ledang paduka bhatara anglukat anglebur dasa malaning bebanten kabeh. Yan hana kalangkahan dening sona, kaiberan dening ayam, kacekel dening wong camah, kaporod dening wek, ya ta kaprayascitta denira Sang Hyang Sucinirmala, mekadi Sang Hyang lewihing bebanten, wastu siddha paripurna.
OM Siddhirastu ya namah swaha.
25. NGAJUM TIRTHA BAYAKAON :
Tirtha sane ring sangkune briyokang kedik ring genah tirtha bayakaon ne, raris astawayang.
MANTRA :
OM Antiganing sawung, pangawak Sang Hyang Galacandu, sagilingan pangilanganing mala papa petaka. OM Bang Bamadewa
OM Dewa Bayu angiberaken lara rogha wighna
OM Sah wausat ya namah swaha
OM Sang bhuta nampik mala, Sang bhuta nampik lara
Sang bhuta nampik rogha,Undurakna sakwehing lara rogha wighna
OM Ksama sampurna ya namah.
26. NGAJUM TIRTHA DURMANGALA :
Taler tirtha sane ring sangkune briyokang kedik ring genah tirtha durmangala ne, raris astawayang.
MANTRA :
OM Mretyun ca rakta mara ya, Sarwa rogha upadrawa
Papa mretyu sangkara, Sarwa kala kalika syah
OM Wigraha ngawipada, Susupna durmangala
Papa krodha winasa ya, Sarwa wighna winasa ya namah
27. NGAJUM TIRTHA PRAYASCITTA :
Taler tirtha sane ring sangkune briyokang kedik ring genah tirtha prayascitta ne, raris astawayang.
MANTRA :
OM Siddhi guru srong sarasat, Sarwa rogha wighna winasa ya
Sarwa satru winasa ya, Sarwa klesa winasa ya namah
OM OM Paramasiwa-amretha ya namah
28. NGAJUM TIRTHA PANGULAPAN :
Taler tirtha sane ring sangkune briyokang kedik ring genah tirtha pangulapan ne, raris astawayang.
MANTRA :
OM Pukulun Sang Hyang Sapta Patala, Sang Hyang Sapta Dewata, Sang Hyang Wesrawana, Sang Hyang Trinadi Pancakosika, Sang Hyang Premana mekadi Sang Hyang Urip, sira amagehaken ri stanan nira sowang-sowang, pakenaning hulun hangeweruhi ri sira, handa raksanan den rahayu, urip waras dirghayusa sang inambian mwang sang inulapan.
OM Siddhirastu ya namah swaha.
PAKELING :
Sesampune puput ingajum tirtha pangresikan sane kabuatan, tumuli raris kon ngemargiang ring palinggihe sami, tur rawuhang ring upakara/bebantene sami.
Munggwing pemargin nyane :
Banten Bayakaone ring sor
Banten Durmangalane ring madya
Banten Prayascittane ring luhur
Banten Pangulapane ring luhur-luhur.
Pangilenan nyane :
Kapertama ring tatimpug/kakeplugan, ring Surya, ring Palinggih Pajenengan/Susunan, ring Palinggihe sami, rawuhang ring sumur lan ring upakara/bebantene sami.
Sesampun puput kemargiang pangresikane punika, genahang dumun, sampunang margianga dumun ring sang rare, sadurunge puput ilen-ilen upakarane kemargiang sami, lan sampun puput ngayab upakara/bebantene keluhur, wawu raris dane mangku ngemargiang eteh-eteh pangresikane ring sang rare.
29. NGASTAWA SURYA :
OM OM Padmasana ya namah
OM OM Anantasana ya namah
OM OM Dewa-Dewi pratistha ya namah
OM Aditya sya param jyotir, Rakto tejo namo”stute
Sweta pangkaja mandhyaste, Bhaskara dewa ya namo namah
OM Aditya garbha pawana, Aditya dewa raja twam
Aditya twam gatir asi, Aditya caksur ewa ca
OM Adityo jata wedasa, Aditya janopa suryah
Surya rasmir Hrsi kesa, Surya sattwam maha wiryam
OM Hrang Hring Sah Paramasiwa Aditya ya namah swaha
30. NGASTAWA SANG HYANGTIGA GURU :
OM Dewa-dewi Tri Dewanam, Tri murti tri lingganam
Tri Purusa murti dewam, Sarwa jagat pawitranam
OM Guru rupam guru dewam, Guru purwam Guru madyam
Guru pantaram dewam, Guru-dewa suddha-atmakam
OM Brahma Wisnu Iswara Dewam, Tri murti tri linggatmakam
Sarwa jagat pratisthanam, Sarwa rogha winasaya
Sarwa wighna winasa nam.
OM Ang Ung Mang Paduka Guru bhyo namah swaha.
31. NGASTAWA BHATARA KAWITAN
( Pangastawan Ratu Pasek )
OM Siwa Rsi maha tirtham, Panca Rsi panca tirtham
Sapta Rsi catur yogam, Lingga Rsi mahalinggam
OM Ang Gong Gnijaya namah swaha
OM Ang Gnijaya jagat patya namah
OM Ung Manik Jayas ca, Sumerus ca, sa Ghanas ca,
De Kuturan Baradah ca ya namu namah swaha.
OM OM Panca Rsi Sapta Rsi paduka Guru bhyo namah swaha.
32 NGASTAWA SANG HYANG TIGA WISESA
OM Ang, Sang Hyang Jagat Wisesa, metu ta sira maring bayu
Halungguh ta sira maring bhungkahing adnyana sandhi
OM OM Sri Jagat Guru paduka ya namah.
OM Ung, Sang Hyang Antara Wisesa, metu ta sira maring sabdha, Halungguh ta sira maring tengahing adnyana sandhi
OM OM Sri Jagat Guru paduka ya namah.
OM Mang Sang Hyang Adnyana Wisesa, metu ta sira maring idhep, Halungguh ta sira maring tungtunging adnyana sandhi
OM OM Sri Jagat Guru paduka ya namah.
33 NGASTAWAN SANG HYANG KUMARA
OM Namah Kumara sad-anana ya, Siki dwa jaya prati mayaloke
Sad-kreti kanandakara ya nityam, Namo”stu tasme dwajawara pujitam
OM Rudra-atma kaya prati mayaloke, Bramanya dewaya siki dwaja ya
Senapratewa dahita ya nityam dewyam, Namo”stu koncadala darana ya
OM Namah sada-agni ya wiyaka ya, Namo”stu kajrambha kaya jaya nityam
Sasti-praya ya mala santriyatre, Namah sadakurkuta namo hana ya
OM Ya namo”stu hanganila ya nityam, Namo”stu widya warada ya loke
Namo”stu rohika wapiya, Huwah prakase warado namo”stu te.
OM, Kumara dewa ya namah swaha.
34 ATUR PIUNING SAHA SEHA
OM Pukulun Bhatara Sang Hyang Tiga Guru Wisesa, Sang Hyang Pramesthi Guru,Sang Hyang Kawiswara, Sang Hyang Guru Rekatenaya,Sang Hyang PangemitTuwuh, Sang Hyang Panunggun Urip, Sang Hyang Kumara-Kumari, Pakulun Bhatara Kawitan, Hyang Guru Kamimitan, Hyang Ibu Kamimitan, Hyang bhatara-bhatari, Hyang Deweta-Dewati. Ledang paduka bhatara tumudun pada malingga-malinggih ring rwaning kukus arum, kairing antuk Dampati sanak putunnya, widyadara-widyadari, anglurahan agung-alit mwang kala sedahannya makabehan. Sira sang apiturun sang adi dumadi ri sira si Bajang Bayi, manusan nira handa sih waranugrahan pukulun. Manusan nira handa anembah angadakaken yadnya nigang sasihan si bajang bayi, ri jeng paduka bhatara sinamian, pahenaka hyun paduka bhatara pada malingga ring rwaning kukus arum.
OM Prenamya bhaskara dewam, Sarwa klesa winasanam
Prenamya aditya-siwartham, Bhukti-mukti wara pradam.
35 NGATURAN TOYA LAN PESUCIAN:
a. NGATURAN TOYA :
( Nganggen tirtha sane ring sangkune ).
Wangsuh cokor/pada : OM Pang padya argha ya namah
Wangsuh tangan : OM Ang Argha dwaya namah
Toya kumur : OM Jeng Jihwa suci nirmala ya namah
Toya araup : OM Cang Camani ya namah
Asirat : OM Ghrim ksama sampurna ya namah
b. NGATURAN PASUCIAN :
OM Hyastu dewa maha punyam, Hyastu dewan ca
Hyastu sarwa to dewa-dewanam,
Hyastu dewa maha punyam ya namah swaha.
c. NGATURAN PUSPA/SEKAR :
OM Puspantu dewa astutyam, Puspantu dewan ca
Puspantu sarwa to dewa-dewanam
Puspantu dewa maha punyam ya namah swaha
d. NGATURAN TIGASAN :
OM Tigastu dewa maha punyam, Tigastu dewan ca
Tigastu sarwa to dewa-dewanam
Tigastu dewa maha punyam ya namah swaha
e. NGATURAN TOYA :
OM OM Siwa-amretha ya namah
OM OM Sadasiwa-amretha ya namah
OM OM Paramasiwa-amretha ya namah
36 MAPEKELING SAHA SEHA
OM Pukulun Bhatara Sang Hyang Tiga Guru Wisesa, Sang Hyang Pramesthi Guru,Sang Hyang Kawiswara, Sang Hyang Guru Rekatenaya,Sang Hyang PangemitTuwuh, Sang Hyang Panunggun Urip, Sang Hyang Kumara-Kumari, Pakulun Bhatara Kawitan, Hyang GuruKamimitan, Hyang Ibu Kamimitan, Hyang bhatara-bhatari, Hyang Deweta-Dewati. Pada kenak hyun paduka bhatara pada malingga-malinggih ring rwaning kukus arum, manusan nira handa hangaturaken sarining banten nigang sasihan si bajang bayi. Ledang paduka bhatara pada amukti sari saturan manusan nira. Minawi ta kirang langkung saturan ipun den agung ampuranne manusan nira, alit kang sung hangaturaken agung pamilakunya, hamilaku kadirghayusan. Padha kenak hyun paduka bhatara anodya, hanyaksinin mwang hamukti sari saturan manusan paduka bhatara.
OM Siddhir astu tadastu astu ya namah swaha.
37 NGANTEB SESAYUT :
OM Sangkepaning pramananta, Negara sya muniwantam
Dewa samsthita yogante, Brahma Wisnu Maheswaram
OM Pujasya mantrasya, Tri-aksara maha kodratam
Brahmangga murcage yuktam, Siwangga mantra matmakam
OM Panca bhuwana tattwan ca, Asta dewa dalan bhawet
Dewa samsthita yogante, Brahma Wisnu Maheswaram
OM Atma sarira treptya paripurna ya namah.
OM Bayu premana treptya paripurna yanamah.
38 NGASTAWA SANG CATUR SANAK :
OM Pukulun Kaki Siwagotra, Nini Siwagotra, sira hangatag sanak ingsun kabeh, lwirnya: meraga dewa bhuta kala makabehan, makadi Sang Anggapati, Mrapapati, Bhanaspati, Bhanaspatiraja. Babu Abra, Babu Lembana, Babu Sugyan, Babu Kakere, mwah I Sair, I Makair, I Mokair, I Selabir. Hakona metu kabeh. mabresih, alukata, mapeningan, atepung tawar pareng lawan sanak kira den rahayu. Poma, Poma, Poma.
39 . NGASTAWA JEJANGANAN :
OM Pukulung Kaki Hamong, Nini Hamong, Babu Banglong, Babu Abra, Babu Sinang, Babu Maranak, Babu Anjuroni, Babu Anungkurat, Babu Wisesa, Babu Dadukun sabhumi, Babu Gedobyah, Babu Surastri, Babu Suparni. Ingsun handasih kreta nugrahan-nira, handa hanjangani si bajang bayi. Iki tadah sajin nira, liwet kacang satingkeb lawan jangan sangiyu. Minawi wenten kirang luput ipun, den agung ampurane manusan nira, enak ta kita pada amukti sari lawan sanak kira kabeh. Alit kang sung hangaturaken, agung kang sun haneda. Handa hangluwarana sakwehing si Bajang lara rogha, sanut sangkala, danda upadrawan ipun, balikakna wongen dena becik. Sampun sira mebengin, sampun sira hanyetut, sampun sira hanggites, balikan sira hamongan dena becik, sungana henaking amangan, enaka aturu, enaka hameng-hamengan. Katekana jejaka, warasa dirghayusa paripurna.
OM Siddhir astu ya namah swaha.
41. NGASTAWA PANGAMBIAN :
OM Pukulun Sang Hyang Sapta Patala, Sang Hyang Sapta Dewata, Sang Hyang Wesrawana, Sang Hyang Trinadi Pancakosika, Sang Hyang Premana mekadi Sang Hyang Urip, sira amagehaken ri stanan nira sowang-sowang, pakenaning hulun hangeweruhi ri sira, handa raksanan den rahayu, urip waras dirghayusa sang inambian.
OM Siddhirastu ya namah swaha.
42. NGASTAWA SAMBUTAN
OM Pukulun Kaki Sambut, Nini Sambut, tanedanan sambut agung, tanedanan sambut alit. Yan lungha mangetan, mangidul, mangulon, mangalor, bayu premana mwah atmanya si bajang bayi tinututan dening prewatek Dewata Nawa Sangha, pinayungan kala cakra, pinageran wesi, tuntun ulihakna maring awak sariran sira si bajang bayi.
OM Sang Bang Tang Ang Ing Nang Mang Sing Wang Yang
Ang Ung Mang OM.
43. NGANTEB BANTEN SOROHAN :
OM Pukulung Sang Siwa Catur Mukha Dewa bhyuha, sira ta bhagawan Ratangkup, sira ta pukulun angeseng lara rogha, makadi ipyan hala, sot satagempung muksah hilang tan pasesa, den nira Sang Hyang Siwa Catur Muka dewa bhyuha.
OM Siddhir astu ya namah swaha.
44. UPASAKSI YADNYA
OM Pukulun Sang Hyang Tiga Guru Wisesa, Sang Hyang Akasa mwang Sang Hyang Ibu Prethiwi, Sang Hyang Surya Candra Lintang Tranggana mekadi Sang Hyang Triyo dasa saksi, Sang Hyang Panca Rsi, Sang Hyang Catur Loka Phala. Kaki Bhegawan Penyarikan, Nini Bhagawan Penyarikan, Kaki Citragopta, Nini Citragopta, Kaki Samantara, Nini Samantara, Kaki Panyeneng, Nini Panyeneng.
Kajenengana den nira Sang Hyang Tiga Guru Wisesa, Kasaksinin den nira Sang Hyang Triyo Dasa Saksi, kewaranugraha den nira Sang Hyang Wesrawana. Manusan nira handa sih waranugraha pukulun. Manusan nira hangadakaken yadnya nigang sasihan sira si Bajang Bayi.
Ledang paduka bhatara pada anodya, anyaksinin mwang hamuputaken yadnyan ipun. Akedik kang sun hangaturaken, agung pamilakunya hamilaku kadirghayusan. Minawi ta kirang langkung saturan ipun den agung ampurane manusan nira. Ledang paduka bhatara wehana waranugraha dumugi tan kakenaning hila-hila mwang upadrawa den nira Hyang Sinuhun.
OM Siddhir astu ya namah swaha.
45. NGANTEB BANTEN ANTUK TRI BHUWANA STAWA :
OM Parama Siwa Twan Guhyam, Siwa tattwa paroyanah
Siwa sya pranato nityam, Candis ca ya namo”stute
OM Niwedhya Brahma Wisnus ca, Sarwa Bhoktra Maheswaram
Sarwa bhakti nala bhatyam, Sarwa karya prasiddhantam
OM Jayarti jaya ma pnuyat, Yasarti yasa ma pnoti
Siddhi sakala ma pnuyat, Parama Siwa ya labhatyam.
OM Nama Siwa ya namah swaha
46. NGEMARGIANG SESARIK :
Sesampun puput nganteb bebanten ne, raris margiang sesarik nyane ring Palinggihe sami.
MANTRAN SESARIK :
OM Purna candra purna bayu, mangkana paripurnanya
Kadi langgenganing Surya Candra, Mangkana langgenganya manih ring mrecapada.
OM OM Sri Sriyawe ya namu namah swaha.
47. NGAYAB BEBANTEN (ngayab ke luhur).
OM Bhuktyantu dewa maha punyam, Bhuktyantu dewan ca
Bhuktyantu dewas ca, Bhuktyantu sarwa to dewam
OM Bhuktyantu sarwa to dewam, Bhuktyantu Sri Loka Natha
Saganah sapari warah, Sawarga sada siddhis ca
OM Dewa bhoktya laksana ya namah
OM Dewa treptyantu laksana ya namah
OM Bhukti trepti sarwa banten ya namah swaha
48. NGAYABIN PRAS :
OM Ekawara, Dwiwara, Triwara Caturwara, Pancawara
Purwa pras prasiddha rahayu.
49. NGATURAN SEMBAH :
Munggwing dudonan ngaturan sembah, mangdane manut ring dudonan parikramaning sembah, tur taler nginutin kawentenan upakara lan upacara sane kemargiang. Sesampun puput ngaturan sembah, tumuli raris tedunan Tirtha Wangsuh Padan Ida Bhatara, picayang ring sang rare.
50. SANG RARE NATAB BANTEN/UPAKARA :
Sesampun puput ngaturan sembah, raris tatabin tur ilenin sang rare upakara ne.
. NATAB BANTEN SAMBUTAN :
MANTRA :
OM Pukulun Kaki Sambut, Nini Sambut, tanedanan sambut agung, tanedanan sambut alit. Yan lungha mangetan, mangidul, mangulon, mangalor, bayu premana mwah atmanya si bajang bayi tinututan dening prewatek Dewata Nawa Sangha, pinayungan kala cakra, pinageran wesi, tuntun ulihakna maring awak sariran sira si bajang bayi.
OM Sang Bang Tang Ang Ing Nang Mang Sing Wang Yang
Ang Ung Mang OM.
51. NGEMARGIANG SESARIK LAN TATEBUS :
Sesampune puput natab banten sambutan nyane, raris wehing sesarik saha tatebus nyane.
MANTRAN SESARIK :
OM Purna candra purna bayu, mangkana paripurnanya
Kadi langgenganing Surya Candra, Mangkana langgenganya manih ring mrecapada.
OM OM Sri Sriyawe ya nanu namah swaha.
WEHANA SESARIK :
Ring muka/rahi : OM Sri Sri yawe namah
Ring Bahu kanan : OM Anengenaken bagia phula kreti
Ring Bahu kiwa : OM Angiwakakna pancabaya lara rogha
Ring Punuk : OM Angungkurana sot papahing wong
Ring Bahong : OM Angarepaken bagya phula kreti pasesangon
Ring Tangkah : OM Anganti-nganti sabdha rahayu
Ring Tangan kalih : OM Ananggapana Sri Sedana phala-bhoga
WAHANA TATEBUS/TATEBUSIN :
MANTRAN TETEBUS :
OM Kawelasana den nira sang adi-dumadi
Kawelasana den nira Sang ngawewehan, sang apiturun
Kawelasana den nira Bhatara mwang manusa,
Saking lor saking kidul, welas asih ring ipun sang mawoton
PANGILEN NYANE : Ring Tangan, ring Siwadwara, ring Karna.
MANTRA :
OM Wehaning raga dirghayusa, langgenganing angapusi balung pila-pilu, hangapusi atma jiwatan-ipun.
OM Siddhir astu ya namah swaha.
53. NGAKSAMA :
Kaping untad dane mangku patut NGAKSAMA malih apisan, manut sekadi puja pangaksama sane menggah ring ajeng. Sesampune puput raris dane mangku ngaturin Ida Bhatara masineb.
MANTRAN PANYINEB :
OM OM Atma-tattwatma suddha mam swaha.
OM OM Ksama sampurna ya namah swaha
OM OM Sarwa dewa somya ya namah swaha
- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI |
Mantra/Doa Dalam Otonan
Mantra yang bisa digunakan dalam otonan yaitu sebagai berikut:Mabya kala /bya kaon
Om shang bhuta nampik lara sang bhuta nampik rogha,sang bhuta nampik mala,undurakna lara roga wighnanya manusanya.Om sidhirastu Yanama Swaha .
Matepung tawar.
Om purna candra purna bayu mangka purnaya manusa maring marcepada kadi langgenaning surya candra vmangklana langgenganipun manusyania
Om sidhirastu ya nama Swaha .
Mesesarik
- kening; om sri sri ya nama swaha
- bahu kanan: om anengenaken phala bhoga ya nama swaha
- bahu kiri : om angiwangaken pansa bhaya bala rogha ya nama swaha
- telapak tangan : om ananggapaken phala bhoga ya nama swaha
- tengkuk : om angilangaken sot papaning wong ya nama swaha
- dada : om anganti ati sabde rahayu
om angge busi bayu premana maring angge sarire
Natab sesayut
Dalam natab sesayut ada 2 mantra yang bisa dipergunakan untuk otonan sederhana
1. sesayus bayu rauh sai
om sanghyang jagat wisesa ,metu sira maring bayu, alungguh maring bungkahing adnyana sandi
om om sri paduka guru ya namah.
om ung sanghyang antara wisesa , metu sira maring sabda, alungguh maring madyaning adnyuana sandi
om om sri sri paduka guru ya namah .
om mang sanghyang jagat wisesa . metu sire maring idep. alungguh maring tungtungngin adnyana sandi
om om sri paduka guru ya namah
2.sesayut pangenteg bayu
om dabam jaya bayu krettan dasa atma dasa premanam sarwa angga m,a sariram
wibbbbuh bhuanam dewat makam
Sarana Upakara (Banten) Otonan
Sesuai dengan penjelasan pada bagian pendahuluan dari tulisan ini, pelaksanaan upacara dibedakan menjadi 3 macam, yaitu yang besar (Uttama), yang menengah (Madhyama) dan yang sederhana (Kanistama). Pada tulisan ini kami ketengahkan upacara Otonan yang sederhana (Kanistama) yang dilaksanakan setelah upacara Otonan yang besar baik yang dilakukan pada hari Otonan yang pertama atau yang Ketiga (Telung Oton) sebagai berikut:
1. Byakala atau Byakaon: Alasnya berupa “sidi”, tempeh berlubang untuk menyaring tepung, sebagai alat pemisah yang bersih dan yang kotor. Di atas sidi ditaruh sebuah taledan (alas dari janur), raka-raka (buah-buahan) lengkap. Di tengah-tengah taledan diisi sejumput beras, benang dan sebuah sirih tampelan. Di atasnya ditempatkan kulit peras (ukiran dari tiga pucuk daun pandan). Di atas kulit peras, diisi nasi yang dibungkus, satu slekos jajan sumping, satu slekos segi tiga jajan. Kojong (daun pisang) rangkadan. Sampiyan nagasari, sesedep berisi beras dan benang putih. Coblong (tempat air) berisi air dan sebuah padma (dari janur). Satu tanding pabresihan payasan. Satu takir isuh-isuh bersi sapu lidi, tulud, sambuk, danyuh dan satu takir benang merah.
2. Peras: Alasnya berupa taledan, diisi raka-raka (buah-buahan) lengkap, kulit peras yang dialasi beras dan di atasnya ditaruh nasi berupa 2 buah untek, sirih tampelan, benang dan kojong rangkadan. Dilengkapi dengan sampiyan peras atau pengambeyan, dapat dilengkapi dengan ayam panggang atau tutu dan canang sari.
3. Pengambeyan: Alasnya berupa taledan, raka-raka (buah-buahan) lengkap dilengkapi dengan jajan bantal pengambeyan, nasi berupa 2 tumpeng yang ditengah-tengahnya disandarkan ketipat pengambeyan, 2 buah tulung pengambeyan yang berisi nasi, kacang saur, kojong rangkadan dan ayam panggang. Sampiyan pengambeyan dan sebuah canang.
4. Ajuman atau Sodan: Alasnya berupa taledan, raka-raka (buah-buahan) lengkap. Nasinya berupa 2 kelompok kecil nasi sodan, ulam (daging) dalam ceper (rerasmen) atau dalam ituk-ituk dan canang. Sodan yang lebih lengkap dapat diisi sampiyan slangsang atau sampiyan cili dan dilengkapi dengan ayam panggang, atau tutu, dapat diisi ketupat kelanan.
5. Sayut Lara Mararadan: Alasnya berupa tamas sesayut. Raka-raka (buah-buahan) lengkap. Nasi: Di atas sebuah kulit sayut, sebagian memakai tepi (masebeh) berisi nasi maura dan kacang saur. Dilengkapi 3 tanding kojong rangkadan. Ditancapkan 3 batang linting kapas berisi celupan minyak kelapa. Waktu natab linding dinyalakan. Sampiyannya: nagasari, sasedep, wadah uyah, penyenang, lis- padma, pabresihan payasan. Dilengkapi 1 buah kelapa gading muda (dikasturi/dibuka) yang airnya digunakan untuk dicipratkan dengan memakai lis padma yang berfungsi menghanyutkan lara dan canang.
6. Dapetan: Alasnya berupa taledan, raka-raka (buah-buahan) lengkap.Nasinya berupa 1 tumpeng, kojong rangkadan. sampiyannya jeet goak, sasedep berisi benang putih. Diisi penyenang (berupa tumpeng 3 buah) dan canang.
E. Pelaksanaan Upacara
Pada hari yang merupakan hari Otonan, bayi, anak atau seseorang setelah membersihkan dari lahir dan batin, maka kegiatan upacara dilakukan di Balai tempat upcara. Dengan tata cara sebagai berikut:
Pemimpin upacara, apakah seorang pandita, pinandita, pemangku atau orang yang dituakan mengambil posisi dengan memohon Tirtha Panglukatan, menyucikan upakara yang akan digunakan dalam upacara Otonan tersebut.
Mempersembahkan upakara Byakala atau Byakaun dengan posisi di dekat pindu rumah, atau di halaman rumah atau tempat untuk upacara. Yang diupacarakan menghadapi banten Byakala atau Byakaon, setelah diucapkan doa baik berupa Sehe (doa dalam bahasa Daerah) maupun mantram-mantram, yang diupacarakan “ngayab” dengan kedua telapan tangan diarahkan ke bawah.
Pemimpin upacara selanjutnya mempersembahkan banten peras, banten pengambeyan dan ajuman (sodan) kehadapan Sang Hyang Widhi, Para Dewata dan Leluhur, mohon persaksian dan mohon wara nugrahanya dan mohon Tirtha Wangsuhpada dengan pengucapan mantram atau Sehe.
Yang akan diupacarakan Otonan dan keluarga terdekat selanjutnya dipersilahkan melaksanakan persembahyangan bersama memohon keselamatan bagi yang diupacarakan dan seluruh keluarga, semoga panjang umur dan sehat sejahtera.
Setelah acara persembahyangan dilanjutkan dengan “Ngayab” banten Sayut Lara Malaradan dan Dapetan dilaksanakan oleh pemimpin upacara dengan doa mantra atau sehe yang intinya memohon supaya bila ada penyakit dalam tubuh dan jiwa yang diupacarakan segera sembuh, tidak kena penyakit kembali serta menerima dan menghadapi kenyataan hidup dengan tegar.
Selesai me”ngayab” banten Lara Malaradan dan Dapetan dilanjutkan dengan acara Ngelebar atau Ngalungsur sesajen yang dipersembahkan kepada Hyang Widhi dan Leluhur serta menikmati banten Lara Malaradan dan banten Dapetan oleh yang diupacarakan bersama keluarga. Berakhirlah pelaksanaan upacara Otonan tersebut.
Demikian pelaksanaan Upacara Otonan tersebut yang pelaksanaannya kadang-kadang terdapat perbedaan, misalnya acara Ngayab banten sayut lara Malaradan dan Dapetan dilaksanakan sebelum acara persembahyangan (Muspa) dan matirtha.
Untuk otonan ayam yg dipakai boleh warna apa saja. Kecuali membuat banten khusus yang namanya sesayut pawetuan, maka warna ayamnya menyesuaikan dengan perhitungan warna dina.
Misal dina redite:ayam putih tulus
Soma: ayam selem
Anggara: ayam buik
Budha: ayam putih siyungan
Wrhaspati: ayam wangkas
Sukra: ayam kelawu
Saniscara: ayam biying
yan mekarya sesayut pawetuan….ulamne mejanten ayam mepanggang nganut warna.
Yan wantah mekarya pejatian lan dapetan ulam adeng kaangkat
Jika otonan bertepatan jatuh saat Purnama atau Tilem, dinamakan Otonan Nadi. Disamping ada tambahan banten berupa banten sesayut pawetuan, prayascitta, pengulapan dan durmenggala. Sebaiknya saat otonan melakukan upawasa atau brata, dan melakukan dana punia bagi orang2 yg benar membutuhkan.
Doa saat otonan adalah doa2 keselamatan dhirgahayu-dhirgayusa, juga bs dengan doa2 bala werddhi
otonan tergolong upacara Sakral dilaksanakan di Merajan. Tp melukatnya dilaksanakan di luar merajan
perhitungan kalender Hindu demikian….pergantian hari adalah saat pagi hari
Penyeneng biasanya beralaskan seikat uang kepeng bolong(satu ikat uang kepeng bolong hitam jumlahnya 200 buah) dan beras yang ditaruh pada sebuah bokor. Maknanya adalah penggambaran atau perwujudan doa menciptakan agar orang yang diupacarai itu mendapat kelanggengan urip, kenikmatan dan kesejahteraan hidup panjang dan lengkap. Tepung tawar yang terbuat dari lumatan dapdap dengan tepung beras, aslinya adalah bahan-bahan obat. Hal ini merupakan suatu perlambang/perwujudan dari doa cipta ingin membersihkan dan menyehatkan yang diupacarai. Sesarik yang bahannya dari beras diumpamakan sebagai sarana hidup. Tetebus yang berwujud benang. Mula-mula sehelai benang digelangkan pada pergelangan tangan kanan, hal ini melambangkan agar dengan usaha sendiri mendapat kecukupan doa untuk kekuatan dan keberanian. Selain itu juga agar yang melaksanakan otonan agar selau berpikiran lurus yang berasal dari kata beneng dalam bahasa Bali. Tetebusan kedua yang diletakkan di atas ubun-ubun, maksudnya adalah untuk mengingatkan betapa beratnya tugas-tugas hidup di dunia ini yang laksana menjunjung pohon ancak (pohon boddhi) dan kroya (jenis pohon beringin). Berat tetapi bernilai agung. Kedua pohon tu diangap keramat dan bertuah bagi orang Hindu dan biasa dipakai bahan pembuatan sajen-sajen serta alat-alat upacara. Demikianlah seseorang, hidupnya ini menjadi beban yang berat tetapi mengandung penuh arti yang agung dan luhur.