-Bayi baru lahir hari pertama
-kepus pungsed
-12 hari
-dedinan/35 hari
-bajang colong/mecolongan/42 hari
-3 bulanan/nyambutin
-Otonan pertama
-Bayi baru lahir hari pertama
1. Ketika Anak Baru Lahir
Ucapkan Mantram Gayatri sebanyak mungkin, minimum tiga kali. Kalau
bisa sambil membawa Japamala (ganitri). Maha Mantra Gayatri disebut juga
sebagai Mantra Savitri atau Mantra Savita, sebagai ibu dari Veda yang
memberikan pencerahan kepada kecerdasan dalam menapak kehidupan menuju
kesempurnaan. Bisikkan Maha Mantra Gayatri tiga kali masing-masing di
telinga kanan (dharma) dan kemudian di telinga kiri (sakti).
2. Waktu Dikasi Ari-Ari
Ketika sudah diberikan ari-ari dari pihak rumah sakit, bidan dll.
Bungkus dengan kain putih sukla, sebaiknya sudah disiapkan payuk tanah
yang cukup besar, dengan tutupnya, lalu ari-ari itu dimasukkan ke dalam
payuk setelah itu di bawa pulang
3. Mencuci Ari-Ari
Setelah sampai di rumah maka oleh ayah si anak ari – ari diletakan di
dalam baskom/ember baru yang setelah itu alat tersebut tidak boleh
dipakai lagi. Lalu ari – ari tersebut di cuci dengan air. Sang ayah
harus membersihkan ari – ari dengan bersih dengan menggunakan kedua
tangan, tanpa perasaan jijik dan dilakukan dengan perasaan penuh syukur
dan kasih sayang, setelah bersih lalu di bilas dengan air kumkuman (air
bunga).
4. Tahapan Dalam Menanam Ari-Ari
Siapkan sebuah kelapa ukuran besar yang masih lengkap dengan
kulitnya, lalu dipotong dan dikeluarkan airnya. Pada bagian atas kelapa
(bagian tutupnya) ditulis aksara Ah yang melambangkan Akasa dan pada
bagian bawahnya ditulis aksara Ang yang melambangkan Pertiwi.
Lalu ari -ari dimasukan kedalam kelapa tersebut, diisi dengan 1 buah
kwangen yang berisi 11 kepeng uang bolong yang diletakan di atas ari –
ari, 1 potong lontar / ental yang ditulis aksara Ongkara, 1 ikat duri –
durian (3macam duri), Rempah – rempah (anget – angetan), wewangian dan
boleh juga di isi pesan – pesan lain dari sang ayah dalam hal ini
mengacu kepada Desa Kala Patra.
Sesudah lengkap lalu kelapa tersebut dibungkus dengan ijuk lalu
dibungkus kain putih dan selanjutnya di tanam. Untuk bayi laki – laki
maka ari – ari di tanam di pekarangan dengan posisi di sebelah timur
pintu masuk kamar si bayi (misalnya lokasi bayi di bale daja) sedangkan
bayi perempuan di tanam di sebelah barat pintu.
Masukan ari – ari
tersebut ke dalam lubang lalu ucapkan mantram :
“
Om Sang Hyang Ibu Pertiwi
rumaga bayu
rumaga amrtha sanjiwani
ang amertham sarwa tumuwuh (nama si bayi)
mangda dirghayusa nutugang tuwuh “
Setelah itu barulah ari – ari di timbun dan diatasnya diletakkan batu
bulitan sebagai tanda dan ditanam pandan berduri. Hal ini secara sekala
bertujuan menjaga ari – ari agar tidak diganggu hewan dan secara
niskala bertujuan untuk menghindari gangguan jahat. Dan sanggah cucuk
diisi lilin, usahakan tetap menyala selama 42 hari. Kemudian ditutup
dengan kurungan ayam.
5. Banten Untuk Menanam Ari-Ari
Banten yang digunakan yaitu : banyuawang, dapetan, nasi kepel 3,
pengulapan, pengambean, daksina. Daksina ditaruh di sanggah cucuk yang
ditancapkan di atas tanah menanam ari-ari. Lalu buatkan segehan lima
warna yaitu warna hitam di sebelah utara, putih sebelah timur, merah
sebelah selatan, kuning sebelah barat dan manca warna di tengah.
Pura Bhur Bwah Swah yang berada di Desa Seraya Tengah, Karanagsem- Bali
https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=7064956473689545303#editor/target=post;postID=198552802566298180;onPublishedMenu=allposts;onClosedMenu=allposts;postNum=33;src=postname
-kepus pungsed
dapetan
-12 hari
dapetan
-dedinan/35 hari
dapetan
-bajang colong/mecolongan/42 hari
dapetan
colong dari pahpah nyuh : bokor daksina mealed putih kuning, peras tulung, pahpah digambar wajah, tipat nasi 2 n 1 blayag, .......
-3 bulanan/nyambutin
Upacara Tiga Bulanan dilaksanakan pada
saat bayi berusia 105 hari atau tiga bulan menurut perhitungan Kalender
Bali, yaitu 3 x 35 hari = 105 hari. Tujuannya adalah:
- Berterima kasih kepada “nyama bajang” atas bantuannya menjaga
si-bayi sewaktu masih di dalam kandungan dan karena tugasnya sudah
selesai, memohon nyama bajang kembali ke tempatnya masing-masing.
- Menguatkan kedudukan Atman yang “numitis” di tubuh si-bayi.
- Mensucikan si-bayi.
- Meresmikan nama yang diberikan orang tua kepada si-bayi.
Menurut Lontar Tutur Panus Karma, Nyama
Bajang adalah kelompok kekuatan Ida Sanghyang Widhi Wasa yang bertugas
membantu “Kanda Pat” dalam menjaga si-bayi dalam kandungan.
Nyama Bajang terdiri dari 108 mahluk
halus, antara lain bernama: bajang colong, bajang dedari, bajang dodot,
bajang lembu, bajang yeh, bajang tukad, bajang ambengan, bajang papah,
bajang lengis, bajang bukal, bajang kunir, bajang simbuh, bajang deleg,
bajang bejulit, bajang yuyu, bajang sapi, bajang kebo, bajang helang,
bajang kurkuta, bajang lelawah, bajang kalong, bajang kamumu, bajang
haa, dan lain-lain.
Kanda Pat adalah: ari-ari, lamas, getih,
dan yeh nyom. Bila nyama bajang tugasnya selesai segera setelah bayi
lahir, maka Kanda Pat terus menemani bayi sampai besar – tua bahkan
sampai meninggal dunia dengan perubahan nama sebagai berikut:
Segera setelah si-Ibu tidak menstruasi,
Kanda Pat terbentuk dengan nama Karen (calon ari-ari), Bra (calon
lamas), Angdian (calon getih), dan Lembana (calon yeh nyom); embrio
bernama Lengprana.
Ketika kandungan berusia 20 hari Kanda
Pat bernama Anta (calon ari-ari), Prata (calon lamas), Kala (calon
getih), Dengen (calon yeh nyom); si-jabang bayi bernama Lilacita.
Kandungan berusia 40 minggu/ bayi lahir, Kanda Pat bernama Ari-ari, Lamas, Getih, dan Yeh nyom; bayi bernama I Pung.
Setelah tali pusar mengering dan putus,
Kanda Pat bernama I Mekair (ex ari-ari), I Salabir (ex lamas), I Mokair
(ex getih), dan I Selair (ex yeh-nyom); si bayi bernama I Tutur Menget.
Setelah bayi belajar berkata-kata, Kanda
Pat bernama Sang Anggapati (ex ari-ari), Sang Prajapati (ex lamas),
Sang Banaspati (ex getih), dan Sang Banaspati Raja (ex yeh nyom); si
bayi bernama I Jiwa.
Anak remaja berusia 14 tahun atau gadis
yang telah menstruasi pertama, Kanda Pat bernama Sang Sida Sakti (ex
ari-ari), Sang Sida Rasa (ex lamas), Sang Maskuina (ex getih), dan Sang
Aji Putra Petak (ex yeh nyom); anak bernama I Lisah.
Manusia sudah tua/ bercucu, Kanda Pat
bernama Sang Podgala (ex ari-ari), Sang Kroda (ex lamas), Sang Sari (ex
getih), dan Sang Yasren (ex yeh nyom); manusia bernama Sang
Ramaranurasi.
Upakara kecil: 3 bulanan panglepasan, penyambutan, jejanganan, banten kumara dan tataban.
Upakara besar: panglepasan, penyambutan, jejanganan, banten kumara,
tataban, pula gembal, banten panglukatan, banten turun tanah.
Tata Cara :
1. Pandita / Pinandita memohon tirtha panglukatan.
2. Pandita / Pinandita melakukan pemujaan, memerciki tirtha pada sajen dan pada si bayi.
3.
Bila si bayi akan memakai perhiasan-perhiasan seperti gelang, kalung
dan lain-lain, terlebih dahulu benda tersebut diparisudha dengan
diperciki tirtha.
4. Doa dan persembahyangan untuk si bayi, dilakukan oleh ibu bapaknya diantar oleh Pandita / Pinandita.
5. Si bayi diberikan tirtha pengening (tirtha amertha) kernudian ngayab jejanganan.
6. Terakhir si bayi diberi natab sajen ayaban, yang berarti memohon keselamatan.
http://manggala upacara.blogspot.com/2012/09/manggala-upacara-2.html
ayah dan ibu bayi mebeakala dengan tujuan menghilangkan cuntaka karena melahirkan.
Nyama bajang dan kandapat "diundang" untuk dihaturi sesajen sebagai ucapan terima kasih
Bayi natab banten bajang colong artinya menerima lungsuran (prasadam) dari "kakaknya" yaitu kandapat
Bayi "mepetik" (potong rambut, terus digundul, menghilangkan rambut "kotor" yang dibawa sejak lahir).
Bayi "mapag rare" (disambut kelahirannya) di Sanggah pamerajan, memberi
nama, dan menginjakkan kaki pertama kali di tanah didepan Kemulan.
Bayi menerima lungsuran (prasadam) Hyang Kumara yaitu manifestasi Hyang Widhi yang menjaga bayi.
Bayi "mejaya-jaya" dari pemangku/sulinggih
atau
Upacara Tiga Bulanan
Sang pinandita tetap mengawali dengan pembersihan diri, ngarga tirtha, kemudian puja-puja seperti:
- Nuwur tirtha pengelukatan
- Ngajum Bayakawon
- Ngajum Durmanggala
- Ngajum Prayascita
- Ngajum Pengulapan
- Ngastawa Surya
- Ngastawa Sang Hyang Tiga Guru
Upacara Macolongan “1 Bulan 7 Hari (42 hari)” Bayi Baru Lahir
Pada saat umur bayi satu bulan tujuh hari (42 hari), maka akan di buatkan suatu upacara
yang di sebut “ upacara Macolongan “. Seperti yang di uraikan dalam
Buku Kanda Empat Rare. Bahwa bayi dalam pertumbuhannya di dalam
kandungan, sangat di bantu oleh empat unsur berdasarkan fungsinya masing
– masing. Keempat unsur itu kemudian di sebut “Catur Sanak” yang
berarti empat saudara yang meliputi Yeh nyom, Getih, Lamad/puser, dan
ari – ari.
Dalam ajaran
Kanda Empat Rare nama saudara empat ini, akan berganti – ganti sesuai
dengan pertumbuhan si bayi, sehingga akan terdapat banyak nama untuk
mereka. Disini, di dalam upacara macolongan ini Sang Catur Sanak di
panggil dengan sebutan “Nyama Bajang”.
Yang di maksud “nyama
bajang” adalah semua kekuatan – kekuatan yang membantu Sang Catur Sanakd
di dalam kandungan. Menurut beberapa sulinggih “nyama bajang” ada
sebanyak 108, dan salah satu di antaranya bernama “bajang colong”. Nama
Bajang Colong inilah yang mungkin kemudian di jadikan nama upacara
tersebut, sehingga disebut “Upacara Macolongan”.
Setelah bayi
berumur 42 hari (Satu bulan tujuh hari sejak kelahirannya), maka sudah
waktunya untuk mengembalikan si “nyama bajang” itu ketempat asalnya,
karena di anggap tidak memiliki tugas lagi, bahkan kadang – kadang
sering mengganggu si bayi. Dan sebagai pengganti nyama bajang tersebut
adalah dua ekor ayam, satu jantan dan satu betina. Ayam ini pada umumnya
di sebut “pitik”. Dan pitik ini biasanya tidak boleh di sembelih,
karena di anggap sebagai pengasuh si bayi.
Banten Pecolongan
Banten pecolongan ini pada dasarnya di persembahkan kepada “nyama
bajang”. Nyama bajang adalah kekuatan yang di anggap membantu Sang Catur
Sanak dalam mewujudkan pertumbuhan si bayi di dalam kandungan. Atas
semua jasanya itu,agar tidak ngerubeda (merusak), maka perlu di berikan
abaan / lelabaan berupa banten pecolongan. Sedangkansebagai simbol
bentuk perwujudan Nyama Bajang adalah:
1.Sebuah buki ( periuk tanak yang bagian bawahnya bolong) diberikan kalung tapis. Disebut sebagai bajang
Sebuah pusuh biu (jantung pisang) diisi pis bolong (uang kepeng) sebanyak 3 kepeng. Disebut Bajang Pusuh
2.Papah Nyuh (pelepak kelapa) yang berlubang diisi secarik kain (putih –
kuning) dan ditandai tapak dara dengan kapur sirih. Disebut Bajang
Papah
3.Dilengkapi sebuah genjer yang dibuat dari pelepah jaka,
dihiasi bunga berwarna merah / bunga kembang sepatu (Pucuk Bang) disebut
Bajang Raregek.
4.“Pitik” yaitu dua anak ayam laki – perempuan yang disebut dengan Bajang Colong
Dan masih banyak bajang-bajang yang lainnya. Tujuan upacara ini adalah
untuk mengucapkan terima kasih kepada bajang-bajang tersebut, karena
telah membantu merawat si bayi selama didalam kandungan, sampai kemudian
lahir dan berumur 42 hari. Dan sekarang tugas mereka telah selesai,
maka setelah diberikan lelabaan (upacara pecolongan), mereka
dipersilahkan kembali ke asal masing-masing.
Melukat di Brahma
Upacara mecolongan ini biasanya tidak berdiri sendiri,
dia merupakan rangkaian upacara yang bertujuan untuk membersihankan si
bayi dan ibunya dan juga bapaknya, dari segala leteh sebel
kendal/cuntaka papa petaka yang diakibatkan oleh adanya kelahiran si
bayi.
Menurut Kanda Empat Rare setelah bayi berumur 42 hari, maka
disebut utug Akambuh. Maka sudah saatnya untuk mengadakan pembersihan
lahir dan batin bagi si Ibu dan anaknya, juga bapaknya. Agar terbebas
dari sebel – Kendel, cuntaka papa – petaka. Prosisi ini pada umumnya
dilakukan di dapur, dengan istilah “Melukat di Brahma”. Kalau tidak di
dapur maka boleh di halaman rumah menghadap ke selatan. Upakaranya,
tentu menurut desa kala patra yang ada.
Diawali dari upacara
mebakala, prayascita, natab, mebakti, metirta, yang mengandung makna
pembersihan secara sekala – niskala, dan mohon keselamatan agar si bayi
dan orang tuanya terhindar dari berbagai gangguan sekala – niskala.
Disisi lain, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang numadi, khusunya
Ida Sanghyang Widi Wasa , agar senantiasa memberikan keselamatan kepada
umatnya.
Dan sebagai symbol para “nyama bajang” ini tidak lagi
menunggui si bayi, maka sehabis upacara mecolongan ini, sanggah cucuk,
kelangsah dan segala atribut yang ada di tempat menanam ari-ari boleh
dibongkar, boleh dibersihkan.
sumber : Buku Kanda Empat Rare
Banten 3 bulanan:
jejanganan : ebeg , aled raka, daksina, aled raka, tumpeng 1, kojong umah, ceper tipat nasi, suci, .......... nasi bangkalan, jajan jejanganan,
pengakulan
ebeg : aled besar, daksina, 11 ituk-ituk nasi raka, sesenden
sesenden : pada pengakulan pasepan besar berisi beras, pisang, peselan n gantusan, tebu, 11 lekesan (kojong seperti kuangen mini diisi base n mako), taluh siap matah, payuk pere misi kakul mati/kulitnya/rumahnya,
-Otonan pertama