ada 2 jenis upacara nyekah/ngrorasin menurut besar kecilnya upakara/banten:
1.nyekah kecil/ngangseng
2.nyekah besar/kurung
Klo klg hanya nyekah kecil blm bisa lakukan upacara mecaru rsi gana, mlaspas, ngeteg linggih dan nuntun ida batara hyang guru di rmh pokok soroh klg bersangkutan. Jadi wajib nyekah besar dulu.
Pertanyaan tyang apa benar spt itu?
Klo benar ada sastra sbg acuannya?
Mohon pencerahan....!
Nyekah kecil .... ngangseng
Nyekah besar ... kurung
Lalu ngelinggihang
Sumber sastra jelas Yama purana tatwa dan Siwa tatwa bedanya di ayaban Catur Mukti sesuai jumlah puspa yg lainnya sama (ngangsen cukup pakai bale dangin ditambah meja lagi yg tinggi seAsta musti+sanggar Surya pemyosan pemuput dan penjor damar kurung//nyekah kurung pake petak dilaksanakan di rumah juga+sanggar Surya+pemyosan pemuput+Penjor damar kurung cuman Banten Catur Mukti yg nambah depan Puspa sesuai Puspa+dan Surya dan pemuput masalah penilapatian wajar wajar saja jika nyekah kurung diluar rumah baru tidak bisa (misalnya karang anyar) NGASTI namanya