Selasa, 04 Agustus 2015

YADNYA

YADNYA DALAM HINDU
Ada 4 pertanyaan yg harus dicari tahu jawabannya agar dapat memahami YADNYA dalam gambaran yg lebih sistematis.
1. Apa itu yadnya?
2. Untuk apa yadnya dilakukan?
3. Kemana yadnya ditujukan?
4. Manfaat apa diperoleh dari yadnya?.
APA ITU YADNYA (pertanyaan 1).
Pengertian yadnya Dalam wujud Fisik/(yang tampak nyata),
yadnya adalah PERSEMBAHAN berupa serangkaian sajian yg tertata sesuai tradisi, seni dan budaya dimana yadnya itu di lakukan.
Dalam wujud non fisik/ MENTAL, yadnya adalah KETULUSAN dan keiklasan dalam menciptakan harmonisasi berkehidupan semesta sesama mahluk ciptaan Tuhan yg dalam hindu terangkum dalam TRI KAYA PARI SUDA (berfikir, berkata dan berprilaku yg benar), TATWAM ASI (aku adalah kamu, kamu adalah aku) WASUDEWA KUTUMBAKAM (Semua mahluk adalah saudara).
Dalam wujud spiritual, yadnya adalah PENGETAHUAN tentang hubungan yg saling terkait sesama mahluk ciptaan tuhan, saling menjaga, saling melindungi, saling memberi dalam siklus putaran 3 dunia/TRILOKA dan 7 lapisan samsara/SAPTA LOKA.
UNTUK APA YADNYA DILAKUKAN (pertanyaan 2).
Secara FISIK yadnya dilakukan sebagai BUKTI, BAKTI dan HORMAT sesama mahluk dalam ikatan hirarkhi horisontal dan fertikal.
Dalam wujud mental yadnya dilakukan untuk menciptakan rasa damai, nyaman, aman, tentram kerta raharja. Gemah ripah loh jinawi.
Dan Dalam wujud Spiritual yadnya dilakukan sebagai serangkaian pengabdian dalam upaya memperoleh pencerahan, dan sinar terang dalam hubungan dimensi masyarakat semesta TRILOKA DAN SAPTA LOKA.
KEMANA YADNYA DITUJUKAN (pertanyaan 3)
PERLU DI KETAHUI...SESsungguhnya persembahan YADNYA, bukan persembahan yang ditujukan kepada Tuhan,..meskipun secara tidak langsung saksi utamanya adalah TUHAN..
Secara FISIK Yadnya ditujukan kepada 5 aspek utama sebagai bagian dari hirarkhi penghuni semesta TRILOKA dan SAPTALOKA. Yang dikenal dengan PANCA YADNYA ( yaitu : Dewa yadnya, Rsi yadnya, Pitra yadnya, Manusia Yadnya dan Butha yadnya).
Dewa yadnya, adalah yadnya yg ditujukan kepada para dewa penghuni sorga dan planet planet bercahaya/DIV/bersinar/bercahaya.
Rsi yadnya adalah yadnya yg ditujukan kepada para guru/rsi yg telah mengajarkan dan meneruskan pengetahuan WEDA.
Pitra yadnya adalah yadnya yg ditujukan kepada para orang tua yg sudah meninggal, Leluhur/ nenek moyang manusia.
Manusia yadnya, adalah yadnya yang di lakukan untuk manusia dari sebelum lahir hingga meninggal
Butha yadnya adalah yadnya yg ditujukan kepada semua mahluk penghuni bhur loka dan planet planet kegelapan.
Secara mental
Yadnya dalam hubungan mental ditujukan untuk pencerdasan manusia secara kwalitas.
Mendirikan asram asram utk mendidik genererasi muda dalam bidang spiritual, ini adalah yadnya.
Mendirikan sekolah semacam gurukul, bertujuan untuk melatih dan memberikan ketrampilan, pengetahuan duniawi, TEKNOLOGI dsb yg berbasis weda dalam upaya keseimbangan jasmani dan spiritual juga adalah yadnya.
Membangun organisasi dalam upaya untuk mewadahi sosial masyarakat , membantu masyarakat tidak mampu/miskin, anak anak putus sekolah dan yg kehilangan orang tua, pantai asuhan, pantai jompo dll adalah yadnya.
Membangun pusat kesehatan masyarakat ayur weda dan rumah sakit umum adalah yadnya.
Semua tindakan positif sekecil apapun itu... semua itu adalah yadnya
Secara spiritual
Secara spiritual, yadnya ditujukan untukmemperoleh cahaya jalan sinar terang memahami kebesaran BRAHMAN/HYANG WIDHI/TUHAN sebagai SANG PENCIPTA SEMESTA DAN PENGHUNINYA, dan keberadaannya sebagai YANG ESA yang terlepas dari DUALITAS.yg bersemayam di Alam tanpa keterikatan, alam kedamain abadi( ALAM MOKSA)
MANFAAT APA YG DIPEROLEH DARI YADNYA(pertanyaan ke 4)
Manfaat yg diperoleh dAri yadnya adalah “kebahagian , kebijaksanaan JAGADHITA. Sebagai pintu tangga pertama menuju tingkat pencerahan menuju jalan kepada BRAHMAN/TUHAN YANG ESA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar